Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

6 menit waktu bacaan

Rekomendasi Gedung Pernikahan di Jakarta Sesuai Bujet

by Kartika Ratnasari on 21 Oktober, 2017

Ketika memutuskan untuk menggelar resepsi pernikahan di gedung, artinya kita sudah siap akan biaya lebih yang harus dikeluarkan. Supaya biaya tak membengkak, pilih gedung yang harga sewanya sesuai bujet.

Dalam melakukan persiapan pernikahan, memilih venue atau tempat pernikahan adalah hal yang harus dilakukan calon pengantin dari jauh-jauh hari. Sebab, beberapa gedung pernikahan terutama yang terletak di pusat kota seperti Jakarta, sudah penuh dipesan hingga setahun ke depan oleh calon pengantin lain. Bahkan masih banyak yang harus masuk ke dalam daftar antrian untuk bisa memesan tempat.

Biasanya pihak pengelola gedung akan mendahulukan orang yang paling cepat memberi uang tanda jadi. Semakin lama kita mengambil keputusan soal tempat resepsi, maka akan semakin terbatas juga pilihan yang tersedia.

Agar bisa menemukan tempat resepsi sesuai keinginan, berikut referensi gedung pernikahan di Jakarta. Dari gedung pemerintah, hingga hotel bintang lima, mulai yang termurah hingga termahal.

Daftar gedung pernikahan dengan harga sewa di bawah Rp10 juta

Ternyata masih banyak gedung pernikahan di Jakarta yang menawarkan tarif sewa terjangkau bahkan di bawah Rp 10 juta. Berikut daftarnya.

1. Gedung Departemen Pertanian

Gedung Departemen Pertanian jadi salah satu gedung pernikahan favorit di Jakarta Selatan. Bukan hanya bisa menampung tamu undangan dalam kapasitas besar hingga 2000 orang, harga sewa Gedung Deptan juga tergolong murah yaitu hanya sekitar Rp8 juta.

Kalau tak mau didahului calon pengantin lain, sebaiknya lakukan pemesanan gedung setahun sebelum tanggal pernikahan jika mau mengadakan resepsi di sini.

2. Gedung Graha Elnusa

Gedung Graha Elnusa yang terletak di Jalan TB. Simatupang ini juga banyak diincar oleh calon pengantin. Lokasinya yang strategis akan memudahkan akses tamu undangan menuju lokasi pernikahan. Dengan harga sewa sebesar Rp9 juta, gedung ini bisa menampung hingga 800 tamu undangan.

3. Gedung Departemen Sosial

Bergeser ke pusat Jakarta, terdapat pula Gedung Departemen Sosial yang memiliki area parkir sangat luas. Kapasitas Gedung Depsos bisa menampung hingga 2000 orang. Harga sewanya pun cukup terjangkau yaitu sekitar Rp9 juta. Tapi, siap-siap bersaing dengan calon pengantin lain karena gedung ini hampir selalu fully booked setiap tahunnya.

4. Aula Sudirman Makodam Jaya

Berlokasi di Cawang UKI, gedung Makodam Jaya menjadi favorit banyak calon pengantin yang bertempat tinggal di Jakarta Timur. Selain letaknya yang strategis, harga sewanya pun tak menghabiskan tabungan. Siapkan kocek Rp9 juta jika resepsi diadakan di siang hari, dan Rp 10 juta untuk resepsi malam hari. Gedung ini bisa menampung hingga 1000 tamu undangan.

5. Azilla Villa

Bagi calon pengantin yang mendambakan konsep pernikahan semi-outdoor, gedung pernikahan yang terletak di Cipayung, Jakarta Timur ini bisa jadi pilihan. Tak hanya berbentuk aula seperti gedung kebanyakan, Azilla Villa juga memiliki kolam renang dan kebun yang cukup lebar, cocok untuk pengantin yang ingin lebih dekat dengan tamu undangan.

Gedung ini memang ditujukan untuk pernikahan yang intim. Sebab, kapasitas tamu undangan yang bisa ditampung hanya sekitar 400 orang. Harga sewa gedung pernikahan ini mulai dari Rp8 juta.

Bujet kurang dari Rp50 juta, inilah harga sewa gedung pernikahan yang dapat dipilih

Mungkin beberapa dari kita tidak begitu familiar dengan nama-nama gedung serbaguna di atas. Beberapa calon pengantin pasti ingin menggelar pernikahan di gedung yang lebih “prestisius”.

Selain karena lokasi yang strategis, hampir semua orang tahu akan keberadaan gedung tersebut sehingga tamu undangan tak akan kepusingan lagi saat mencari lokasi. Memang kocek yang diperlukan akan lebih besar. Namun jika bujet mencukupi, berikut gedung pernikahan populer yang bisa dipilih.

1. Hotel Kartika Chandra

Hotel Kartika Chandra yang terletak di Jalan Gatot Subroto ini bisa menampung hingga 1,500 orang. Untuk harga sewa gedungnya saja, hotel ini memasang harga mulai dari Rp25 juta. Sedangkan untuk harga sewa gedung sekaligus katering, harga bervariasi mulai dari Rp75 juta hingga Rp95 juta, tergantung jumlah tamu undangan.

2. Sasana Kriya

Terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, tempat ini cocok untuk resepsi pernikahan dengan jumlah tamu undangan yang banyak. Selain aula yang besar, lahan parkirnya pun sangat luas.

Sasana Kriya memiliki tiga gedung dengan kapasitas berbeda-beda, mulai dari 800 hingga 3000 orang. Khusus untuk menyewa gedung saja, Sasana Kriya mematok harga mulai dari Rp23 juta.

3. Balai Sudirman

Balai Sudirman adalah salah satu gedung yang cukup populer di Jakarta. Untuk bisa menggelar resepsi pernikahan di sini, kita harus menyiapkan bujet sebesar Rp33 juta untuk 4 jam, dengan kapasitas 1200 orang.

Memang cukup mahal dibandingkan dengan gedung-gedung bergengsi lainnya. Namun berkat interiornya yang mewah, biaya dekorasi pun bisa dipangkas nantinya.

4. Gedung Arsip Nasional RI

Sejak konsep garden party diganderungi oleh pasangan muda, gedung ini menjadi salah satu pilihan favorit calon pengantin yang mau mengadakan pernikahan outdoor.

Uniknya, selain memiliki kebun yang bisa menampung sekitar 1.500 orang, terdapat pula area indoor yang bisa menampung hingga 500 orang. Jadi, gedung ini adalah pilihan aman untuk mengantisipasi terjadinya hujan di resepsi pernikahan kita.

Sebenarnya, harga sewa gedung ini dimulai dari Rp 25 juta. Namun sayangnya kita hanya boleh menggunakan vendor rekanan gedung sehingga biaya paket yang dibayarkan sudah termasuk biaya catering. Paket yang ditawarkan mulai dari Rp 75 juta untuk 500 orang.

Kocek tak terbatas, gelar resepsi pernikahan di hotel bintang lima Jakarta

Tidak sedikit pula pasangan yang ingin mengadakan resepsi pernikahan di gedung resepsi yang mewah atau hotel berbintang. Selama bujet masih cukup, tentu tak jadi masalah. Berikut daftar gedung pernikahan “Level A” di Jakarta yang bisa dijadikan referensi

1. Hotel Shangrila

Hotel yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman ini merupakan hotel bintang lima yang namanya sudah dikenal di mancanegara. Bahkan Hotel Shangrila menjadi pilihan Barrack Obama beserta rombongannya ketika melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada tahun 2010.

Hotel Shangrila hanya menawarkan paket pernikahan yang sudah termasuk catering di dalamnya. Terdapat empat jenis paket yaitu elegance, glamour, indulgence, dan extravaganza.

Paket Elegance dibanderol Rp222 juta untuk 250 orang, Glamour mulai dari Rp325 juta untuk 500 orang, Indulgance seharga Rp339 juta untuk 500 orang, dan Extravaganza yaitu sebesar Rp658 juta untuk 800 orang.

2. Hotel Ayana Midplaza

Setelah menjadi tempat berlangsungnya pernikahan pasangan selebriti Raisa Andriana dan Hamish Daud, Hotel Ayana Midplaza menjadi salah satu pilihan favorit calon pengantin berbujet besar untuk melaksanakan resepsi.

Apalagi hotel ini menyajikan konsep unik yang memberi suasana di luar ruang meski resepsi sebenarnya diselenggarakan dalam ruang. Memiliki kapasitas hingga 1.500 orang, Ayana Midplaza menawarkan paket pernikahan mulai dari Rp148 juta hingga yang paling mewah Rp769 juta.

3. Hotel Mulia

Beberapa pasangan selebriti seperti Nia Ramadhani-Ardi Bakrie, Chelsea Olivia – Glenn Alinskie memilih untuk menikah  di hotel bintang lima ini. Bukan hanya karena popularitasnya, hotel ini memang menyediakan fasilitas kelas premium untuk pasangan yang menikah di sana.

Untuk menggelar resepsi pernikahan di Hotel Mulia, setidaknya kita harus mengeluarkan kocek sebesar Rp800 juta.

Tentang Penulis