Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Gejolak Ekonomi Merambah Dunia Online

by Satrya Agung on 1 Juli, 2016

Belakang ini bisnis keuangan di ranah online semakin menjamur di Indonesia. Selain CekAja.com berbagai situs serupa pun bermunculan seperti KreditGogo dan lainnya. Dengan mengandalkan teknologi layanan finansial ini dipercaya akan mampu menjangkau hingga ke daerah terpencil di Indonesia.

Jika dahulu, masyarakat yang sedang membutuhkan pinjaman uang bisa mendatangi pusat pegadaian. Dengan menjaminkan barang berharga yang dimiliki, masyarakat bisa segera mendapatkan pinjaman uang yang dibutuhkan. Meski demikian, sistem atur duit ini dinilai masih belum memberi kemudahan bagi penggunanya. Karena calon peminjam harus memiliki barang yang ditaksir mempunyai nilai jual untuk dijadikan jaminan. Hingga akhirnya masyarakat yang tak memiliki barang berharga akan lari pada rentenir dengan resiko yang besar dimana utang mereka akan dibebani bunga yang tinggi.

Pola pinjam meminjam mengalami perubahan ketika konsep KTA atau Kredit Tanpa Agunan diperkenalkan. Setiap nasabah yang masih dalam umur produktif, yakni dari umur 21 sampai dengan 60 tahun bisa mengajukan pinjaman tanpa harus menyertakan jaminan atau agunan.

Besaran pinjaman yang diberikan bank pun beragam, pada umumnya mempunyai rentang dari 10 sampai 250 juta dengan suku bunga yang dibebani mulai kurang dari 1 persen tiap bulannya. Tapi perlu diingat bahwa untuk mengajukan pinjaman KTA ini, Anda harus mempunya minimal 1 kartu kredit dengan pemakaian lebih dari 1 tahun. Serta maksimal pengajuan adalah 4 kali dari limit kartu kredit yang Anda miliki.

Dengan adanya program peminjaman tanpa jaminan ini seakan membuka kran kesempatan bagi masyarakat. Bisa dibilang KTA menjadi solusi di saat masyarakat mengalami kesulitan finansial. Ditambah lagi dengan laju pertumbuhan teknologi yang semakin tinggi membuka peluang baru di segmen keuangan. Geliat inilah yang ditangkap para pengusaha rintisan untuk menghadirkan ecommerce finansial di Indonesia.

CekAja Sebagai Solusi Pinjaman Uang 

CekAja.com sebagai pionir dalam ecommerce Finansial ini mengedepankan user journey yang gampang, praktis, cepat, dan tepat. Tak berhenti di situ saja, CekAja.com juga memberikan layanan penuh bagi para nasabah atau calon nasabah. Dengan memasuki laman Kredit Tanpa Agunan di situs CekAja.com, calon nasabah hanya cukup memasukan jumlah nominal pinjaman dan tenor.

Selanjutanya CekAja.com akan menampilkan pihak instasi apa saja yang menyediakan program ini beserta bunga yang ditawarkan. Dan setelah calon nasabah memilih akan menggunakan bank yang mana, maka langkah selanjutnya akan dibantu tim CekAja.com untuk meneruskan pada bank yang dituju. Sehingga nasabah cukup duduk manis menunggu kabar baiknya, tak perlu repot mendatangi bank tersebut. Inilah yang menjadi keunggulan CekAja.com dibanding situs serupa lainnya.

Kemudahan yang ditawarkan tak hanya bisa dinikmati bagi para nasabah KTA, tapi juga para pengusaha baik dari kelas bisnis rumahan hingga perusahaan besar. Di salah satu lamannya, bahkan CekAja.com memfasilitasi secara khusus para penggiat usaha kecil dan menengah. Anda bisa menyimak secara lengkap di halaman KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Jika Anda memiliki usaha yang masuk dalam kategori UKM ini bisa mengajukan pinjaman yang bisa digunakan sebagai modal atau untuk pengembangan bisnis.

CekAja & Manfaatnya Bagi Masyarakat Indonesia

Langkah ini diambil oleh CekAja.com sebagai bentuk partisipasi untuk medorong dan memajukan perkembangan usaha kecil di Indonesia. Karena UKM merupakan salah satu faktor penting dalam perekonomian suatu daerah bahkan negara. Jika semakin banyak UKM yang bermunculan dan bisa berkembang dengan baik dengan suntikan dana yang mencukupi maka akan berdampak semakin banyak lapangan pekerjaan yang terbuka.

Produk yang ditawarkan pun tak sebatas hanya pinjaman online tanpa agunan dan KUR saja. Tapi mulai dari Kartu Kredit, Pinjaman dengan agunan, Asuransi, Investasi, bahkan sampai pada pelayanan TV kabel dan Internet. Hal serupa pun ditawarkan oleh KreditGogo. Untuk kedepannya CekAja.com tak menutup kemungkinan akan melebarkan sayap dalam memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat yang berkaitan dengan finansial.

Fintech atau Financial Technology meski baru di Indonesia namun perkembangannya sangat pesat. Terlihat dari tak kurang 5 startup (salah satunya selain CekAja.com adalah KreditGogo, DuitPintar, HaloMoney, AturDuit, Cermati, dan lainnya) yang bermain di domain ini. Meski ada beberapa yang akhirnya tumbang karena tak mampu bersaing, tapi respon positif dari masyarakat menjadi titik cerah.

Baca Juga : 7 Fakta Perbandingan Cekaja dan Halomoney

CekAja & Pembangunan Ekonomi di Indonesia

Di samping itu semua masih banyak pekerjaan rumah yang harus dibenahi agar lahan ini bisa menjadi lebih stabil. Jika dibandingkan dengan perkembangan FinTech di negeri Paman Sam jelas Indonesia masih tertinggal jauh.

Di sana trennya bisnis teknologi finansial ini hampir memasuki satu dasawarsa. Meski terbilang baru, tapi perkembangannya di Indonesia sangat positif. Senada dengan Founder dan CEO CekAja.com juga menyuarakan hal yang serupa, “Perkembangan fintech di sini memang sangat positif”.

Dengan semakin berkembangannya ragam perekonomian di Indonesia dan banyaknya kemudahan yang disajikan pada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan finansial, diharapkan dapat menjadi salah satu bahan bakar kemajuan perekonomian rakyat nantinya. Tinggal kebijakan masyarakat yang dibutuhkan saat memilih akan menggunakan Fintech yang mana. Dan salah satu ciri ecommerce finansial yang aman dan terpercaya adalah yang mempunyai asosiasi rekanan dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sekarang pilihan terletak di tangan Anda.

Tentang Penulis

Satrya Agung

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami