Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Generasi 90an, Miliki Hal ini Agar Bisa Bersaing Menghadapi MEA

by Surtan Siahaan on 7 Januari, 2016

Kompetisi di dunia kerja bakal kian sengit saja. Tahun ini, era persaingan bebas di kawasan ASEAN sudah berlaku. Konsekuensinya, banjir tenaga kerja dari sesama negara anggota Asean akan terjadi.

Jika tidak siap bersaing dengan tenaga kerja asing, bukan tidak mungkin kamu tersingkir dalam persaingan kerja. Nah, bagi kamu generasi 90an yang baru saja bergabung atau mau masuk dalam dunia kerja, sejumlah skill ini harus kamu kuasai agar tetap kompetitif. Berikut ini daftarnya:

Bahasa asing

Kemampuan bahasa asing mutlak diperlukan dalam era pasar bebas sekarang ini. Alasannya, pekerja dengan kemampuan berbahasa asing dapat lebih diandalkan dibandingkan dengan yang tidak menguasai.

Mulai dari presentasi pada klien asing hingga mempelajari referensi tertentu akan lebih mudah jika menguasai bahasa asing. Jika kalah dari segi ini, bukan tidak mungkin pekerja dari negara seperti Filipina, Malaysia dan Singapura yang lebih fasih berbahasa asing akan lebih diandalkan.

(Baca juga: Tips Interview Kerja Bagi First Jobber Agar Dapat Gaji 50 Persen Lebih Tinggi)

Presentasi

Kemampuan presentasi atau keahlian menyampaikan sebuah ide atau gagasan tertentu juga sangat diperlukan. Banyak pekerja yang tergolong cerdas namun tidak memiliki kemampuan presentasi yang baik.

Presentasi di sini tidak sekadar keahlian bicara. Agar lebih menjual, kamu juga harus melengkapi diri dengan menguasai sejumlah perangkat lunak maupun keras untuk memudahkan presentasi.

Coding

Saat ini, internet adalah keharusan dalam dunia bisnis dan profesional. Produk berupa barang maupun jasa leih mudah dijual melalui internet baik melalui website ataupun akun media sosial.

Seorangpekerja pun dituntut untuk menguasai dasar-dasar teknologi meskipun tidak bekerja di bidang IT. Agar lebih dapat bersaing di dunia kerja, keterampilan menguasai perangkat seperti komputer adalah keharusan.

Kemampuan akan coding dasar seperti CSS atau HTML akan membuat kamu lebih punya daya tawar dalam persaingan dengan pekerja asing. Sebagai anak generasi 90an yang terlahir di era internet, kamu akan lebih banyak diuntungkan karena relatif akrab dengan teknologi. Untuk itu, terus asah dan tingkatkan kemampuan kamu di bidang teknologi.

Problem solving

Dunia kerja adalah tempat yang penuh dengan tantangan. Oleh karenannya, orang yang kreatif dalam menyelesaikan masalah akan sangat dibutuhkan. Khususnya yang berkaitan dengan kemampuan memacu produktivitas dan efesiensi.

Bagi generasi 90an, asah kemampuanmu memecahkan masalah dengan mengikuti kegiatan organisasi. Magang kerja juga sangat baik untuk membiasakan dirimu dengan dunia kerja yang penuh tekanan.

Kepemimpinan

Tidak sekadar menerapkan teori manajemen, pemimpin yang baik juga dapat memacu produktivitas yang positif bagi sebuah tim. Talenta satu ini diperlukan dalam seluruh jenis pekerjaan dan profesi. Oleh karenannya, orang dengan kemampuan memimpin akan cenderung disukasi pengguna tenaga kerja.

(Baca juga: Kamu Berhak Bungkam Jika Mendapat Pertanyaan Ini dalam Wawancara Kerja)

Sertifikat kompetensi

Salah satu upaya pemerintah melindungi sekaligus meningkatkan kapasitas tenaga kerja Indonesia dalah melalui kompetensi. Dengan memiliki sertifikat kompetensi, kemampuan kamu dalam suatu bidang akan mendapatkan pengakuan. Sertifikat ini bahkan mutlak dimiliki oleh mereka yang ingin bekerja dalam suatu profesi tertentu seperti perawat dan dokter.

Networking

Networking adalah salah satu modal yang harus kamu siapkan. Namun, jaringan yang dimaksud bukan sekadar pertemanan namun jaringan yang sanggup meningkatkan karir. Jika baru akan masuk ke dunia kerja, perluas pergaulan kamu dengan para profesional. Caranya edngan mengikuti forum seperti seminar dan diskusi yang diadakan para perofesional.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami