8 Gerakan Olahraga Sebelum Tidur Ini Wajib Dicoba

Setelah lelah seharian, ternyata saat malam kita juga tak bisa langsung tidur. Apakah pernah merasakannya? Dan ternyata melakukan gerakan olahraga sebelum tidur bisa menjadi satu solusi.

Ada banyak cara untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak serta berkualitas. Salah satunya adalah dengan berolahraga.

Tapi bagi kita yang memiliki aktivitas padat seharian pasti bingung bagaimana caranya kita bisa tetap berolahraga dengan baik.

Olahraga teratur memiliki banyak manfaat, termasuk tidur yang lebih nyenyak. Ini dapat meningkatkan relaksasi, mengurangi kecemasan, dan menormalkan jam internal kita.

Olahraga juga meningkatkan suhu tubuh inti kita. Saat mulai turun, kita merasa mengantuk. Banyak yang menganggap bahwa melakukan gerakan olahraga sebelum tidur bisa mempersulit istirahat malam yang nyenyak.

Namun, menurut penelitian terbaru, hal ini belum tentu benar. Penelitian telah menemukan bahwa sangat mungkin untuk menikmati gerakan olahraga sebelum tidur, tanpa mengganggu tidur kita.

Kuncinya adalah memperhatikan waktu yang tepat, dan fokus pada jenis olahraga yang tidak akan mempengaruhi kemampuan kita untuk mengantuk dan tetap tertidur. Jadi apa saja gerakan olahraga sebelum tidur yang bisa dilakukan?

Yuk simak terus tulisan ini sampai akhir ya!

(Baca Juga: Olahraga Aman di Masa Pandemi)

Gerakan Olahraga Sebelum Tidur

Tidak semua gerakan olahraga sebelum tidur sama dalam hal pengaruhnya terhadap tidur kita. Itu sebabnya, jika kita ingin berolahraga di malam hari, penting untuk memilih aktivitas dengan bijak.

Pertimbangkan juga waktu yang tepat untuk berolahraga. Secara umum, jika kita akan berolahraga di malam hari, sebaiknya lakukan aktivitas dengan intensitas ringan hingga sedang.

Tingkat aktivitas ini bisa membuat kita tertidur lebih cepat dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Penting juga untuk menyelesaikan latihan kita setidaknya 1 jam sebelum waktu tidur.

Jika memungkinkan, usahakan untuk menyelesaikan setidaknya 90 menit sebelum kita pergi tidur. Ini akan memberi tubuh cukup waktu untuk beristirahat.

Beberapa gerakan olahraga sebelum tidur yang bisa dilakukan antara lain:

1. Bear Hug

Ini adalah gerakan olahraga sebelum tidur yang simple tapi memiliki efek yang lumayan untuk merilekskan tubuh bagian atas. Caranya berdirilah tegap lalu tarik nafas dengan membuka lengan lebar-lebar.

Buang napas saat menyilangkan lengan, letakkan lengan kanan di atas kiri dan tangan kiri di atas kanan untuk memeluk diri sendiri. Tarik napas dalam-dalam saat kita menggunakan tangan untuk menarik bahu ke depan.

Tahan regangan ini selama 30 detik. Saat melepaskan tangan, tarik nafas lalu buka kembali lengan lebar-lebar. Buang napas dan ulangi dengan lengan kiri di atas.

2. Neck Stretches

Gerakan olahraga sebelum tidur ini akan membantu meredakan ketegangan di kepala, leher, dan bahu kita. Cobalah untuk fokus mempertahankan postur tubuh yang baik saat melakukan ini.

Untuk melakukan peregangan ini duduklah di kursi yang nyaman. Arahkan tangan kanan ke atas kepala atau ke telinga kiri.

Dengan lembut dekatkan telinga kanan ke bahu kanan, tahan posisi ini selama 5 tarikan napas. Ulangi di sisi yang berlawanan.

Kemudian putar kepala ke arah bahu kanan, dengan menjaga bagian tubuh lainnya menghadap ke depan. Tahan posisi ini selama 5 tarikan napas. Ulangi di sisi yang berlawanan.

3. Legs Up The Wall Pose

Ini adalah pose restoratif yang membantu mengurangi ketegangan di punggung, bahu, dan leher kita sekaligus meningkatkan relaksasi. Untuk melakukan peregangan ini duduklah dengan sisi kanan tubuh menghadap ke dinding.

Berbaring telentang saat kita mengayunkan kaki ke dinding. Pinggul kita bisa menempel ke dinding atau beberapa inci jauhnya.

Pilih jarak yang dirasa paling nyaman. Kita juga bisa meletakkan bantal di bawah pinggul untuk mendapat dukungan dan sedikit peninggian. letakkan lengan dalam posisi yang nyaman.

Tetap dalam pose ini hingga 10 menit. Gerakan olahraga sebelum tidur ini akan sangat nyaman dilakukan terutama untuk wanita yang sedang mengalami haid.

4. Elbow Plank

Gerakan olahraga sebelum tidur selanjutnya adalah posisi elbow plank. Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya olahraga plank.

Ini adalah posisi dimana kita tengkurap dengan lengan bawah dan jari-jari kaki sebagai tumpuannya. Gerakan ini juga bisa mengecilkan perut karena otot perut bekerja lebih keras di posisi elbow plank ini.

5. Child’s Pose

Gerakan olahraga sebelum tidur ini sempurna untuk mengatur napas, merilekskan tubuh, dan mengurangi stres. Ini juga membantu mengurangi rasa sakit dan ketegangan di punggung, bahu, dan leher kita.

Untuk melakukan ini pertama berlutut lalu duduklah di atas tumit. Arahkan tubuh ke depan dan letakkan dahi di lantai.

Rentangkan lengan di depan untuk menopang leher atau bawah lengan ke samping tubuh kita. Kita bisa menggunakan bantal atau bantalan di bawah paha atau dahi sebagai penyangga ekstra.

Tarik napas dalam-dalam sambil menahan pose. Tahan pose ini hingga 5 menit. 

6. Push Up

Gerakan selanjutnya adalah kita bisa melakukan push up. Tapi perlu diingat bahwa melakukan push up ini tidak boleh terlalu banyak sampai kita kelelahan.

Gerakan push up berfungsi untuk memperkuat otot lengan serta membuat tubuh lebih rileks.

7. Low Lunge

Gerakan ini seperti kita akan menerjang dengan meregangkan pinggul, paha, dan selangkangan. Membuka dada membantu meredakan ketegangan dan nyeri di area ini serta punggung dan bahu kita.

Pastikan tubuh tetap rileks saat melakukan pose ini, dan tidak usah memaksakan diri terlalu keras. Lakukan pose ini dengan kaki kanan di bawah lutut kanan dan kaki kiri terentang ke belakang, dengan menjaga lutut tetap di lantai.

Dekatkan tangan ke lantai di bawah bahu atau di atas lutut. Tarik napas dalam-dalam, dengan fokus pada pemanjangan tulang belakang dan membuka dada.

Rasakan tarikan energi yang keluar melalui ubun-ubun kepala. Tahan pose ini selama 5 tarikan napas.

8. Meditasi

Gerakan olahraga sebelum tidur yang terakhir adalah dengan bermeditasi. Dengan melakukan meditasi kita belajar untuk mengatur napas dengan benar.

Ini akan merelaksasi semua bagian tubuh kita.

(Baca juga: Tips Aman Olahraga Malam Hari)

Nah itu dia beberapa gerakan olahraga sebelum tidur yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Dengan tidur yang nyenyak, kita juga akan selalu merasa sehat.

Badan atau tubuh yang sehat adalah satu faktor yang bisa membuat kita menikmati hidup. Namun ternyata tak selamanya tubuh kita selalu sehat.

Adakalanya kita sakit dan memerlukan pengobatan yang tak sedikit. Oleh karena itu, untuk membuat kondisi keuangan tetap sehat di kala tubuh kamu sakit. Memiliki asuransi adalah cara yang tepat untuk dilakukan.

Ada beberapa asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih saat ini melalui CekAja.com