Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Bayar tagihan bulanan pakai kartu kredit, boleh gak sih?

by JTO on 3 Juni, 2014

Halo Mbak Prita, saya Leni. Saya mau bertanya tentang penggunaan kartu kredit untuk tagihan bulanan. Boleh tidak kalau saya gunakan kartu kredit untuk membeli barang kebutuhan bulanan? Bahkan, saya juga memasukkan tagihan listrik, telepon, dan air, juga ke kartu kredit. Tujuannya sih untuk memudahkan saya untuk membayar dalam satu tagihan. Masalahnya, beberapa kali saya mengalami masalah dalam membayar tagihan, hingga harus membayar hanya tagihan minimum. Sebenarnya, kalau kita memiliki lebih dari 1 buah kartu kredit, bagaimana sih pengaturan penggunaannya yang tepat? 

Terimakasih

Salam,

Leni

 

Prita menjawab;

prita-pngFungsi utama kartu kredit sebenarnya adalah kemudahan pembayaran yang dapat dicicil tanpa harus mengajukan proses pinjaman yang berbelit. Namun, sayangnya, masih banyak pengguna kartu kredit yang kurang bijak sehingga menimbulkan fenomena utang kartu kredit berlipat ganda dan membuat keuangan menjadi tidak sehat.

Oleh sebab itu, sebagai perencana keuangan, saya sangat menyarankan penggunaan kartu kredit hanyalah sebagai alat pengganti pembayaran uang tunai yang dapat ditunda. Saat tagihan kartu kredit jatuh tempo, maka pengguna bisa membayar lunas dengan penghasilan yang diperoleh.

Salah satu fitur yang bermanfaat dari kartu kredit adalah konsolidasi tagihan bulanan seperti tagihan listrik, tagihan telepon, dan lainnya. Seharusnya, Anda telah membuat anggaran bulanan dan telah mengalokasikan penghasilan untuk pos pengeluaran tersebut.

Misalnya, gaji Anda setiap bulan adalah Rp. 10 juta. Alokasi untuk pos tagihan rutin adalah Rp 3 juta. Maka, setiap tagihan kartu kredit yang digunakan untuk konsolidasi tagihan jatuh tempo, Anda harus langsung membayar lunas dengan uang gaji. Jangan hanya membayar tagihan minimum saja!

Kartu kredit yang digunakan untuk konsolidasi tagihan sebaiknya tidak disatukan dengan kartu kredit untuk keperluan darurat atau pun keperluan mencicil. Saya bahkan menyarankan, gaji Anda yang ditujukan untuk pos listrik, pos telepon dan lainnya langsung disisihkan untuk pembayaran ke rekening kartu kredit. Dengan demikian, kejadian Anda hanya membayar tagihan minimum saja kemungkinan tidak berulang.

Alih-alih membayar beban bunga kartu kredit, Anda bisa mendapatkan poin hadiah dari kartu kredit yang dapat ditukarkan dengan berbagai fasilitas menarik. Untuk mengetahui kartu kredit yang memiliki fitur ini, Anda bisa lakukan perbandingan di cekaja.com. Jadi, punya kartu kredit untuk konsolidasi tagihan bisa mendatangkan keuntungan. Selain tagihan tidak terlambat bayar, Anda juga bisa mendapat hadiah dari pengumpulan poin. Seru kan?

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.