Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Habis MRT, Terbitlah LRT! Yuk Ikutan Uji Coba Publiknya!

by Tisyrin N. T on 13 Juni, 2019

Apakah kamu sudah mencoba transportasi publik baru Mass Rapid Transit alias Moda Raya Terpadu (MRT)? Nah, setelah euforia MRT, kini masyarakat Jakarta juga bisa menjajal Light Rail Transit alias Lintas Raya Terpadu (LRT).

Sebelum beroperasi secara komersil, seperti halnya MRT, masyarakat juga dapat mengikuti uji coba publik LRT Jakarta Koridor Kelapa Gading-Velodrome. Uji coba publik LRT Jakarta dimulai pada tanggal 11 Juni 2019 hingga 21 Juni 2019.

Selama uji coba publik, LRT Jakarta beroperasi pada pukul 05.30 – 23.00 WIB. Rute yang dilayani yaitu terdapat 5 stasiun, mulai dari Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Velodrome. Bagaimana cara mendaftarnya?

Cara Daftar Uji Coba Publik LRT Jakarta

Sebelum menjajal LRT Jakarta secara gratis, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ya. Jadi, jangan langsung mendatangi stasiun. Simak cara pendaftarannya berikut ini:

  1. Buka website lrtjakarta.co.id, carilah bagian pendaftaran Uji Coba Publik LRT Jakarta..
  2. Isilah formulir yang tersedia di website tersebut, pastikan alamat email yang kamu cantumkan sudah benar dan sesuai.
  3. Pilih jadwal Uji Coba.
  4. Submit form yang sudah diisi dan jangan lupa verifikasi email yang telah kamu daftarkan dengan mengklik tautan pada email.
  5. Setelah verifikasi email berhasil, cek email dan download e-ticket mu.
  6. Jika sudah mendapatkan e-ticket, kamu bisa ikut Uji Publik LRT Jakarta sesuai dengan jadwal dengan menunjukan e-ticket pada petugas ticketing di loket stasiun untuk ditukarkan tiket SJT (Single Journey Trip) LRTJ.
(Baca juga: Menilik Perbedaan KRL, LRT, dan MRT)
Fakta-fakta LRT Jakarta Koridor Kelapa Gading – Velodrome

Sebelum mencoba naik LRT Jakarta, yuk ketahui dulu beberapa fakta-fakta penting tentang LRT Jakarta berikut ini:

  • Panjang lintasan 5,8 km

LRT Jakarta Koridor Kelapa Gading – Velodrome memiliki panjang lintasan 5,8 km struktur layang. LRT koridor ini terdiri dari 6 stasiun layang (Stasiun Pegangsaan Dua, Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian dan Velodrome).

Selain itu, terdapat Fasilitas Depo perawatan sarana LRT di Jalan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Depo ini dilengkapi dengan Fasilitas Pusat Kontrol Operasional/Operation Control Center (OCC) dan gedung kantor administrasi PT LRT Jakarta. Selama uji coba publik, Stasiun Pegangsaan Dua yang menjadi depo LRT Jakarta tidak aktif.

  • Tarif Rp5.000

Tarif LRT Jakarta Koridor Kelapa Gading-Velodrome telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/ Light Rail Transit. Berdasarkan aturan tersebut, tarifnya flat yakni sebesar Rp5.000.

(Baca juga: Beda Tarif MRT, LRT, KRL hingga Transjakarta, Mana Paling Murah?)
  • Dapat mengangkut 270 penumpang

Dari segi kapasitas, satu rangkaian kereta LRT bisa mengangkut hingga 270 penumpang. Sebanyak 40 penumpang bisa merasakan tempat duduk, sementara 230 lainnya dalam posisi berdiri.

Sementara untuk waktu tempuh hanya 1 hingga 1,5 menit antar stasiun. Dari stasiun awal ke stasiun akhir jika naik LRT Jakarta Koridor Kelapa Gading-Velodrome, hanya membutuhkan waktu tempuh selama 13 menit.

  • Telan dana Rp1,1 triliun per km

Pada fase pertama, proyek LRT Jakarta menelan dana Rp1,1 triliun per km dengan total rute sepanjang 5,8 km. Sehingga total investasi fase pertama rute Velodrome – Kelapa Gading sekitar Rp5,8 triliun. Selanjutnya, tahap kedua LRT akan tersambung hingga ke Tanah Abang.

  • Fasilitas lengkap

Fasilitas umum yang ditawarkan stasiun LRT terbilang lengkap. Hal ini tentunya akan memberikan kenyamanan pada para penumpang. Fasilitas di stasiun LRT mulai dari lift, eskalator, musola, toilet umum, toilet disabilitas, retail, Passenger Information Display (PID), nursery room, pos kesehatan hingga CCTV 24 jam.

Bagaimana? Siap naik LRT Jakarta Koridor Kelapa Gading-Velodrome?

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.