Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Hadapi MEA, Kamu Harus Jadi Konsumen Cerdas Lewat 5 Tips Berikut

by Rafly Aditia on 25 April, 2016

Sejak awal tahun 2016 agenda integrasi ekonomi negara di kawasan ASEAN, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah diberlakukan. Lewat MEA ini persaingan ekonomi antar negara ASEAN tidak lagi dibatasi oleh lintas kawasan. Menariknya bukan cuma dari sisi produsen saja yang perlu beradaptasi dengan MEA, tetapi konsumen juga perlu menyesuaikan diri.

Bagaimana caranya? Simpel kok, kamu hanya perlu menuntut diri untuk menjadi konsumen cerdas. Berikut ini ada 5 tips sederhana jadi konsumen cerdas beserta alasannya;

 

Jika tidak mau rugi, teliti sebelum membeli

Sebagai seorang konsumen, tentu tagline atau kata-kata yang sering keluar pada iklan suatu produk menjadi daya tarik. Misalnya seperti “Garansi kulit bersih dan putih dalam 1 minggu”, karena terbuai kamu langsung saja membelinya tanpa mengetahui lebih lanjut apa saja sih kandungan yang ada dalam produk tersebut. Karena sudah terlanjur beli dan menggunakan produk itu, kamu malah kena iritasi kulit sehingga harus bolak-balik ke dokter. Uang ratusan ribu hingga jutaan rupiah pun bisa melayang karena hal sepele.

Padahal, kalau kamu teliti sebelum membeli risiko tersebut bisa dihindari. Misalnya, perhatikan kandungan yang ada pada produk kecantikan pilihanmu. Beberapa barang dari luar negeri memiliki kandungan dengan kadar yang tidak sesuai dengan kondisi di Indonesia. Apakah ada kandungan yang bisa membuat kulit alergi atau tidak? Semuanya harus kamu perhatikan dengan teliti.

 

Pastikan ada garansi, sebab banyak risiko yang tidak diketahui

Mengingat banyaknya produk asing yang akan masuk ke dalam negeri. Maka kalau kamu membeli barang sifatnya untuk digunakan dalam jangka panjang, pastikan bahwa ada kartu garansi. Kenapa? Karena kartu garansi berfungsi sebagai perlindungan ketika produk pilihan rusak tiba-tiba, atau kurang memuaskan. Sehingga, wajib kamu pastikan bahwa ada garansi yang diberikan dalam pembelian produk tersebut.

Bukan cuma itu, kamu juga perlu memastikan segala syarat dan ketentuan seputar klaim garansi sedetil mungkin. Jangan sampai karena kurang memperhatikan syarat dan ketentuan, klaim untuk mengajukan garansi gagal diterima. Sementara kalau produk asing pilihanmu tidak ada garansi resmi, mending gak usah beli deh.

(Baca juga: Ini Keuntungan Finansial yang Bisa Diperoleh Dari MEA)

 

Perhatikan tanggal kadaluarsa, jangan sampai jatuh sakit

Khusus untuk makanan dan minuman, kamu harus memperhatikan tanggal kadaluarsa dengan seksama. Jangan sampai iming-iming diskon besar produk asing yang belum kamu ketahui betul reputasinya, membuat kamu terjebak. Sebaiknya jangan membeli makanan yang tanggal kadaluarsanya tinggal satu atau dua hari lagi. Kalau lupa, kamu bisa saja mengonsumsi setelah lewat tanggal kadaluarsa.

Maka dari itu, perhatikan tanggal kadalurasa dari setiap makanan dan minuman yang kamu beli. Terutama kalau makanan dan minuman tersebut untuk si kecil. Jangan sampai si kecil jatuh sakit, hanya karena kamu tidak memperhatikan tanggal kadaluarsa makanan dan minuman tersebut.

 

Adukan kalau merasa dirugikan, kamu punya hak untuk itu

Sebagai seorang konsumen, kamu memiliki hak dan kewajiban. Kalau-kalau dalam suatu transaksi pembelian barang kamu merasa dicurangi dan dirugikan, adukan saja ke pihak yang berwajib. Pasalnya, saat ini pemerintah telah menyediakan lembaga hukum yang menangani hal tersebut.

Jangan merasa takut atau berpikir bahwa kerugian yang dialami tidak senilai dengan usaha pengaduan karena berbagai alasan. Jadikan hal ini sebagai tanggung jawab moral, adukan penjual yang curang dan merugikan agar konsumen lain tidak juga mengalami kerugian yang kamu alami. Dengan ini, kamu sama saja berkontribusi besar dalam pembentukan iklim perdagangan yang lebih sehat dan berkualitas di Indonesia.

 

Lihat kualitas, banyak produk lokal yang lebih bagus

Dengan masuknya brand luar negeri ke Indonesia tanpa hambatan, tentu kamu akan lebih mudah mendapatkan barang impor tersebut. Tetapi jangan sampai kamu terkecoh cuma gara-gara status “Barang Impor”. Yup, perhatikan kualitas daripada barang-barang brand luar negeri tersebut dengan seksama.

Sekarang banyak sekali produk lokal yang memiliki kualitas tingkat tinggi. Dibandingkan beli produk impor yang mahal tapi kualitas abal-abal, mending beli produk lokal dengan harga dan kualitas yang affordable. Perlu juga kamu ketahui, dengan membeli produk lokal berarti kamu berkontribusi dalam mengembangkan industri bisnis dalam negeri. So, tetap bangga dengan produk lokal!

 

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.