Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Hai Diabetesi, Jika Kamu Akan Travelling Baca Ini Dulu!

by Tisyrin N. T on 16 November, 2016

Menjadi seorang pengidap diabetes atau diabetesi memang kudu berhati-hati. Jika untuk sehari-hari saja harus full kontrol, apalagi jika akan travelling?

Berikut tips bepergian jika kamu seorang diabetesi agar bisa melakukan perjalanan dengan lancar.

Pastikan semua perlengkapan berada di dekatmu

Packing perlengkapan seperti glukometer, insulin, atau obat-obatan dan lainnya di tas yang mudah kamu buka dan letakan sedekat mungkin denganmu. Jika kamu naik pesawat, jangan simpan insulin dan glukometer di bagasi karena suhu ekstrim bisa merusaknya.

Jika kamu memakai perangkat untuk menjaga insulin tetap dingin, pastikan itu berupa cold pack bukan freezer pack. Pembekuan insulin justru akan menghancurkan kemanjurannya. (Baca juga: Lima Tanda Kalau Kamu Harus Beli Rumah Sekarang Juga)

Gunakan gelang penanda

Gunakan gelang medis yang menandakan kamu diabetesi. Sampaikan juga pada orang di sebelah kamu atau awak kabin pesawat bahwa kamu mengidap diabetes. Langkah ini bertujuan untuk mengantisipasi keadaan darurat. Jangan lupa juga untuk membawa catatan dari dokter bahwa kamu mengidap diabetes dan membutuhkan obat setiap saat.

Selidiki makanan

Lakukan riset tentang makanan lokal daerah tujuan lewat internet. Carilah informasi tentang nutrisi makanan. Setelah sampai di lokasi berlibur, tes gula darahmu sebelum dan sesudah makan untuk melihat bagaimana makanan baru tersebut memberikan pengaruh kepadamu. Ingat, perjalanan dapat mencipatakan segala macam efek bagi diabetesi. Karena kamu mengalami perubahan dalam jadwalmu, sangat penting menguji gula darahmu.

Bawa persediaan lebih

Mungkin kamu akan pergi ke Hawaii dalam waktu seminggu, tetapi alangkah bijaksananya jika kamu membawa persediaan obat atau keperluan lainnya dalam jumlah dua kali lebih banyak. Ini untuk mengantisipasi jika obat atau keperluan lain yang sudah kamu bawa hilang atau rusak. (Baca juga: Lima Hobi yang Bisa Mengacaukan Karier Kamu)

Pertimbangkan perubahan zona waktu

Jika kamu memakai pompa insulin dan akan bepergian di lokasi dengan zona waktu berbeda, pastikan mengatur jam pompa insulin untuk menyesuaikan perubahan. Jika kamu bingung, tanyakan pada dokter tentang hal ini.

Butuh asuransi kesehatan yang berikan pertanggungan biaya kesehatan penyakit berbahaya? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.