Hai Milenial, Begini Tips Mengatur Waktu Saat Berbisnis

3 min. membaca Oleh CekAja on

Berbisnis adalah opsi yang mulai banyak diambil oleh para milenial untuk menambah pundi-pundi uang mereka. Hampir semua bisnis seperti kuliner atau fashion, kini diisi oleh tangan dingin mereka. Namun, anak muda dengan segudang kegiatannya perlu tahu bagaimana tips mengatur waktu saat berbinis yang tepat. 

Tips Mengatur Waktu Saat Berbisnis

Apa pentingnya sih manajemen waktu? Nah, pertanyaan mendasar ini wajib dicari jawabannya. Salah satu alasan mengapa perlu memahami manajemen waktu, yakni untuk memaksimalkan produktivitas kerja. Jika tak pandai mengaturnya, maka akan berpengaruh terhadap kinerja dan hasil dari bisnis itu sendiri. Oleh karenanya, yuk ketahui tips mengatur waktu saat berbisnis berikut ini:

1. Batasi pergaulan tidak penting

Jiwa muda memang perlu bergaul dengan siapa saja tapi bukan berarti bergaul tanpa batas. Hal ini seringkali yang jadi kendala besar saat milenial terjun ke dunia bisnis. Mereka tidak tahu batasan-batasan pergaulan hingga akhirnya mereka  pun membuang waktu begitu saja, dan melakukan hal-hal unfaedah.

Bagi seorang pebisnis, bergaul dengan banyak orang merupakan hal yang mesti dilakukan. Namun kamu perlu batasan yang jelas. Contohnya jika kamu seorang pebisnis di dunia pakaian, ya kamu perbanyak bergaul dengan orang-orang yang memiliki dunia yang sama. Jika kamu banyak bergaul dengan orang yang bukan satu passion justru hal tersebut menjadi pergaulan yang tidak penting. Kamu hanya akan buang-buang waktu.

2. Ubah mindset tentang waktu

Waktu tak bisa diputar kembali. Waktu adalah uang. Artinya kamu harus benar-benar bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Setiap detik semestinya uang datang dan mengisi rekening kamu. Setiap jam bisa kamu manfaatkan untuk hal-hal positif yang berkaitan dengan apa yang kamu geluti. Dari momen ke momen, ada peluang kesuksesan menunggu kamu.  Ini yang semestinya disadari oleh milenial saat ini.

Mengubah mindset tentang waktu ini penting di saat banyak milenial saat ini yang seringkali terjebak dengan kata-kata santuy atau rebahan. Harus kamu ingat bahwa kata-kata tersebut berdampak besar kepada pemikiran dan sikap. Artinya, kamu harus segera menjauh dari kesantuyan dan kebiasaan rebahan.  Sebab, kesuksesan tidak bisa diraih dengan bermalans-malasan saja. 

(Baca Juga: Bersyukur, 5 Profesi Ini Gak Bisa WFH Kayak Kamu)

3. Disiplin terhadap aturan

Agar sebuah bisnis atau usaha bisa membuahkan hasil maksimal, tentu memerlukan sistem yang baik dan menerapkan aturan. Jika kamu dan partner bisnis kamu membuat aturan, kamu seharusnya disiplin dan mentaati aturan yang kamu buat itu. Meskipun kamu sebagai owner atau founder, bukan berarti kamu berlaku seenaknya. Seseorang yang sukses pasti disiplin. 

Seperti contoh, kamu bareng partner atau tim menerapkan aturan kerja dan mengatur jobdesk masing-masing dengan mengatur waktu kerja masing-masing. Mau tidak mau kamu harus disiplin dengan apa yang telah disepakati. Sebab jika kamu disiplin aturan, berarti kamu juga menghargai waktu dan akan lebih efektif dalam memanfaatkannya. 

4. Selalu tepat waktu

Tepat waktu masuk kantor, on time menyelesaikan pekerjaan. Hal tersebut belum tentu bisa dilakukan oleh milenial. Karena banyak distraksi yang menjadi kendala, seperti bermain game, begadang, nongkrong. Godaan milenial saat ini memang besar tapi jika kamu punya prinsip kuat hal itu bisa kamu atasi. Mulailah untuk sekarang ini agar berfokus kepada pekerjaan dan impian kamu dengan selalu tepat waktu dalam melakukan sesuatu.

Jika kamu selalu tepat waktu artinya kamu bisa dengan baik memanfaatkan waktu, dan kamu memiliki banyak kesempatan untuk melakukan hal yang bermanfaat lainnya. Sebab hal ini berpengaruh kepada hasil dan produktivitas kamu sebagai pebisnis. Konsistensi ini akan mengukur seberapa cepat kamu mendapatkan hasil maksimal. Jika kamu tepat waktu, tidak ada lagi waktu terbuang dengan sia-sia.

5. Kurangi tidur 

Hampir semua orang sukses di dunia, mereka akan lebih banyak beraktivitas dan memanfaatkan waktu dengan mengurangi jatah tidur mereka. Kebanyakan dari mereka selalu bersemangat dan menjaga moodnya agar tetap produktif melakukan hal-hal positif.

Seperti halnya Donald Trump, presiden ke-45 Amerika Serikat yang sekaligus pebisnis besar ini punya jam tidur yang tidak biasa. Ternyata, ia memiliki waktu tidur selama 4-5 jam. Seperti dikutip IDNTimes, seorang dokter pribadi Donald Trump yang bernama Dr. Ronny Jackson, mengungkapkan hasil pemeriksaan fisik tahunan Presiden Donald Trump. Dirinya mengatakan bahwa Trump hanya tidur 4-5 jam semalam.

Itulah 5 tips mengatur waktu saat berbisnis yang bisa kamu terapkan khususnya bagi milenial yang sedang merintis usaha. Dapatkan juga fasilitas KTA Commonwealth untuk memenuhi kebutuhan bisnismu. Ajukan hanya melalui CekAja.com. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

(Baca Juga: Kunci Bisnis Online Sukses! Hindari 5 Penyebab Kebangkrutan Ini)

Tentang kami

CekAja

CekAja