Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Hal Buruk Bisa Menimpa Kamu Jika Melakukan 4 Hal Ini Saat Berolahraga

by Rafly Aditia on 29 Januari, 2016

Berolahraga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Penelitian pun mengungkapkan bahwa olahraga memberikan manfaat yang baik bagi mental dan pikiran manusia.

Tetapi, olahraga juga bisa menjadi bumerang karena memberikan dampak buruk bagi kesehatan jika dilakukan secara sembarangan.  Lantas, hal-hal apa saja yang sebenarnya dilarang saat berolahraga. Berikut ini jawabannya:

1. Tidak pemanasan

Salah satu hal yang bisa memberikan dampak buruk saat berolahraga adalah tidak melakukan pemanasan. Seperti yang kamu ketahui, pemanasan berfungsi untuk membuat otot-otot beradaptasi saat melakukan gerakan-gerakan olahraga.

Jadi, apabila kamu tidak melakukan pemanasan terlebih dahulu, maka otot-otot akan sangat berisiko mengalami kejang. Malah sangat mungkin bagi kamu mengalami cedera karena otot belum menyesuaikan diri terhadap latihan berat.

(Baca juga: Ini Alasannya Kenapa Kamu Harus Berolahraga di Pagi Hari)

2. Melakukan gerakan ekstrim 

Untuk beberapa orang, melakukan gerakan ekstrim saat berolaharaga memang menantang. Bahkan, hal ini bisa menjadi salah satu motivasi untuk berolaharga. Tetapi, sebaiknya jangan coba-coba deh melakukan gerakan ekstrim apabila kamu belum memiliki kemampuan dasar yang kuat.

Jika kamu memaksa, sebaiknya ditemani oleh ahli saat melakukan olahraga ekstrim tersebut. Apalagi kamu baru pertama kali melakukannya. Sebab, gerakan-gerakan yang kamu lakukan bisa membahayakan tubuh atau bahkan mengancam nyawa kamu.

3. Overtraining

Latihan secara berlebihan atau yang biasa disebut dengan overtraining merupakan salah satu hal yang wajib dihindari saat berolahraga. Sudah banyak kasus dimana orang-orang merasakan dampak buruk dari overtraining ini.

Ketika kamu melakukan latihan secara berlebihan, kamu bisa saja mengalami penurunan gula darah secara drastis bahkan pingsan secara tiba-tiba karena dehidrasi dan penurunan kadar gula darah.

4. Melupakan Cooling Down

Bukan hanya pemanasan yang tidak boleh dilupakan, orang yang berolahraga juga tidak boleh melupakan pendingan atau cooling down. Pendinginan sama pentingnya dengan pemanasan, kamu akan berisiko terkena cedera apabila tidak melakukan pendinginan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.