Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Hal-hal Tak Terduga Saat Mudik dan Cara Mengantisipasinya

by Tisyrin N. T on 12 Juni, 2018

Meski kerap membutuhkan ongkos perjalanan tak sedikit, masyarakat tetap berbondong-bondong melakukan mudik. Namun di luar ongkos perjalanan, Anda bisa saja menjumpai hal-hal tak terduga selama Lebaran yang bisa menguras kantong.

transportasi mudik

Ya, hal-hal tak terduga yang terjadi bisa membuat Anda mengeluarkan uang ekstra. Hal semacam itu berpotensi membuat Anda bangkrut pasca Lebaran padahal hari-hari selanjutnya masih panjang sebelum berjumpa dengan gajian berikutnya.

Hal-hal Tak Terduga 

Sejatinya, persiapan yang matang sebelum mudik bisa meminimalisir terjadinya berbagai hal tak terduga. Nah, inilah hal-hal terduga yang bisa terjadi selama mudik dan kiat mengantisipasinya.

Sakit

Jatuh sakit saat mudik tentu akan sangat mengganggu Anda. Selain akan merasa tidak nyaman, sakit juga bisa merusak semua agenda yang sudah Anda susun. Apalagi jika harus berobat, tentunya membutuhkan biaya ekstra.

Bagaimana pun, tidak ada yang tahu kan kapan akan jatuh sakit? Selama musim mudik, Anda rentan mengalami sakit dari yang ringan karena kelelahan hingga yang terbilang parah.

Banyak hal yang menyebabkan serangan penyakit datang mulai dari pola makan serta gaya hidup. Anda yang kurang memperhatikan pola makan akan mudah terserang diare atau maag. Sementara penyakit karena gaya hidup antara lain penyakit yang menyerang para perokok.

(Baca juga: Mudik ke Luar Jawa? Cek Tempat Liburan Baru Ini Yuk!)

Kecelakaan

Hal tak terduga lainnya adalah kecelakaan. Jika mengintip faktanya, data Posko Pusat Operasi Ramadniya Korlantas Polri memperlihatkan 2.441 kasus kecelakaan pada musim mudik Idul Fitri 2017. Sedangkan pada 2016, jumlah kecelakaan lalu lintas musim mudik 2016 mencapai 1.947.

Itu artinya, risiko kecelakaan memang mengintai para pemudik termasuk Anda. Risiko tersebut tetap membayangi baik saat Anda mudik via jalur darat, udara, maupun laut. Dan, seperti halnya sakit, kecelakaan adalah hal tak terduga.

Jalan-jalan mendadak

Sesampainya di kampung halaman, Anda seringkali  ingin mengajak keluarga Anda untuk jalan-jalan. Tak mengapa jika acara jalan-jalan sudah Anda rencanakan sehingga Anda juga sudah menyiapkan bujetnya.

Masalahnya adalah, jika Anda melakukan jalan-jalan dadakan tanpa persiapan, pengeluaran Anda pun berpotensi membengkak. Awalnya mungkin Anda berpikir agenda dadakan tersebut tak akan memakan biaya banyak, ternyata Anda malah mencetak angka pengeluaran yang lumayan.

Pesawat delay

Terdapat beragam pilihan transportasi untuk mudik, salah satunya adalah pesawat. Menggunakan pesawat tentu banyak untungnya, salah satunya adalah dapat menempuh perjalanan jauh dalam waktu singkat.

Namun, setiap jenis moda transportasi pasti memiliki risiko. Pesawat delay adalah risiko yang mengintai para pemudik yang menggunakan pesawat. Pesawat delay artinya jadwal penerbangannya mengalami penundaan. Bayangkan jika hal tersebut menimpa Anda? Selain merasa kesal, Anda juga bisa mengalami kerugian dari segi waktu hingga finansial.

(Baca juga: 5 Kamera Mirrorless untuk Bekal Mudik dan Libur Lebaran)

Transportasi di kampung halaman

Tak semua daerah di Indonesia telah didukung sarana transportasi yang memadai. Bahkan, banyak daerah yang tak tersentuh angkutan umum resmi. Atau, jika ada, jumlahnya terbatas sehingga Anda tidak bisa leluasa kesana kemari kapan saja.

Terutama jika Anda punya agenda jalan-jalan dadakan, maka Anda akan mengeluarkan biaya untuk membayar ojeg atau menyewa mobil jika tak ada kendaraan pribadi yang bisa Anda gunakan. Apakah Anda sudah memperhitungkan biaya tersebut?

Kiat Hadapi Hal-hal Tak Terduga Saat Mudik
Jaga kondisi tubuh

Dengan kondisi tubuh yang terjaga dengan baik, maka Anda juga akan mudah terhindar dari sakit. Cara menjaga kebugaran tubuh yaitu dengan menerapkan pola makan yang baik dan gaya hidup sehat. Jika Anda terbiasa menerapkan keduanya, Anda pun akan mendapatkan tubuh yang sehat serta tidak rentan terserang penyakit.

Selain itu, kondisi tubuh yang bugar akan membuat Anda merasa nyaman selama menikmati masa-masa mudik. Kegiatan Anda di kampung halaman pun akan lancar.

Rencanakan kegiatan selama mudik

Apabila kegiatan selama di kampung halaman sudah terencana dengan baik, maka Anda juga bisa menyiapkan anggarannya. Rencanakan kegiatan apa saja yang Anda pilih untuk mengisi waktu libur Lebaran.

Jika berniat berwisata bersama keluarga, tentukan kemana akan pergi. Berapa biaya tiket masuk ke tempat tersebut? Bagaimana dengan akses transportasinya?

Bekali diri dengan dana darurat dan asuransi

Dana darurat adalah dana yang tersimpan untuk menghadapi kebutuhan tak terduga. Dana darurat besarnya bisa mencapai 6 – 15 kali rata-rata pengeluaran bulanan.  Dana darurat akan sangat berguna ketika Anda berjumpa dengan hal-hal tak terduga termasuk selama mudik Lebaran.

Anda yang masih lajang, idealnya memiliki dana darurat 6 kali rata-rata pengeluaran bulanan. Sedangkan jika sudah menikah dan belum punya anak, sebaiknya jumlahnya mencapai 6-9 kali rata-rata pengeluaran bulanan keluarga.

Dan jika telah memiliki satu anak, dana darurat sebaiknya berjumlah 9-12 kali pengeluaran bulanan keluarga. Sementara untuk keluarga dengan dua anak, sebaiknya berjumlah 12-15 kali rata-rata pengeluaran bulanan keluarga.

Sedangkan asuransi akan melindungi diri Anda dari berbagai risiko seperti pesawat delay, sakit, kecelakaan, dan sebagainya. Dengan memiliki asuransi, tentu akan menekan beban finansial yang harus Anda tanggung jika mengalami hal-hal buruk di luar dugaan.

(Baca juga: Cek Promo Kartu Kredit Menarik untuk Bekal Mudik!)

Anda sedang mencari berbagai pilihan asuransi terbaik? CekAja.com siap membantu Anda membandingkan berbagai jenis asuransi dari lembaga keuangan terpercaya. CekAja.com adalah toko finansial online nomor satu di Indonesia.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami