Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Hal-Hal Tentang Harbolnas yang Perlu Anda Tahu

by Miftahul Khoer on 11 Desember, 2018

Apakah sebagian dari Anda ada yang tak sabar menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang akan dilaksanakan pada Rabu, 12 Desember 2018 besok? Wah tentu dong kapan lagi bisa belanja online dengan harga-harga miring ya kan?

belanja online - CekAja.com

Nah, sebelum Anda bersiap memborong daftar barang belanjaan yang akan dibeli besok, yuk cari tahu dulu informasi tentang Harbolnas berikut ini.

Apa itu Harbolnas?

Harbolnas merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan setiap tanggal 12 Desember. Kegiatan ini pertama kali diselenggarakan pada 2012 oleh berbagai e-commerce yang bekerja sama dengan media, perbankan, logistik hingga pelaku industri telekomunikasi.

Setiap tahunnya, jumlah peserta e-commerce yang terlibat dalam Harbolnas terus meningkat. Misalnya pada 2013 diikuti oleh 22 e-commerce, 2014 sebanyak 78 e-commerce, 2015 sebanyak 140 e-commerce, 2016 mencapai 200 e-commerce dan 2017 sebanyak 254 e-commerce. Tahun ini tercatat akan diikuti oleh 300 e-commerce dengan target transaksi mencapai Rp7 triliun.

(Baca juga: Serba-serbi Gimmick Harbolnas yang Mesti Diketahui)

Marketplace paling banyak dicari di Harbolnas 2018

Dari sekian banyak e-commerce yang ikut terlibat memeriahkan Harbolnas, ada beberapa e-commerce yang paling banyak dicari. Sebagian besar dari mereka merupakan toko online kelas kakap dengan suntikan modal yang besar.

Situs e-commerce yang paling banyak dicari tersebut antara lain Lazada yang telah menerima suntikan modal dari Alibaba sekitar Rp54 triliun pada tahun ini.

Ada juga Tokopedia, toko online milik William Tanuwijaya yang telah disuntik modalnya oleh Softbank senilai 1 miliar dolar AS.

Selain itu, ada juga Shopee yang juga telah menerima kucuran modal dari perusahaan induk senilai 575 juta dolar AS. Serta Bukalapak yang memiliki valuasi lebih dari 1 miliar dolar AS yang masuk dalam salah satu kelompok unicorn. Satu lagi e-commerce yang paling banyak dicari yaitu Zalora yang juga masuk sebagai stus online terbesar di Asia Tenggara.

Banner KTA CekAja

Trik belanja di Harbolnas

Siapa sih yang tidak tergiur melihat promo dan diskon gede-gedean di toko online. Tidak ada diskon saja terkada kita sering tidak kontrol saat belanja online, apalagi saat momen Harbolnas, wah bisa-bisa kalap deh.

Nah, buat jaga-jaga agar Anda tidak kalap saat berbelanja, baiknya terapkan beberapa trik seperti pilih barang apa saja yang benar-benar prioritas untuk Anda beli. Perhatikan juga syarat dan ketentuan dari masing-masing produk yang dijual. Paling tidak Anda baca ketentuan sampai paham. Jangan sampai lihat barang langsung klik beli.

Trik lainnya yang harus Anda coba lakukan adalah memilih waktu belanja. Upayakan Anda belanja saat jam sibuk kerja sekitar jam 09.00 hingga jam 11.00. Hindari belanja saat jam istirahat, jam pulang kantor atau jam sebelum tidur. Jangan lupa cek harga pasar. Jangan sampai harga Harbolnas justru lebih mahal dari harga pasar.

Selain itu, hindari juga produk yang dijual bukan di toko resmi. Saking banyaknya orang yang jual barang di e-commerce dengan diskon dan promo gila-gilaan, terkadang konsumen lupa cek toko yang menjual produknya. Sehingga keaslian produk diragukan.

(Baca juga: 5 Tips Hemat Belanja Bahan Pokok)

Cara hemat belanja saat Harbolnas

Meski harga-harga barang yang dijual di Harbolnas sudah miring, tetapi ada baiknya Anda juga bisa lakukan cara hemat saat berbelanja. Misalnya Anda bisa memanfaatkan kode kupon dan cashback.

Beberapa situs diskon yang memebrikan kode kupon dan cashback antara lain Shopback, Cuponation, Diskon Hunter dan Diskonaja. Pastikan juga jangka waktu dari kode kupon tersebut agar bisa dimanfaatkan saat belanja.

Ada banyak trik hemat saat berbelanja di Harbolnas lain. Misalnya Anda bisa menggunakan situs pembanding harga Pricepanda, Pricearea, atau Priceaza. Dan jangan lupa, buat daftar belanja sebelum Anda benar-benar belanja di Harbolnas. Karena barang yang sudah terdaftar akan menekan pengeluaran yang biasanya sulit terkontrol.

Nah, apakah Anda sudah siap belanja di Harbolnas?

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.