Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Hal-hal yang Biasa Terjadi Saat Kredit Motor

by lhmdi on 22 Desember, 2016

motor matic - CekAja.com

Selain harga yang terjangkau, pembelian motor secara kredit pun hanya dengan bermodalkan Down Payment atau dikenal dengan DP.

Terdapat banyak alasan kenapa kota-kota dipenuhi oleh kehadiran kehadiran motor, dan khususnya kendaraan roda dua, kredit motor yang mudah didapatkan menjadi salah satu penyebabnya.

Sehingga tidak heran berbagai macam merek motor serta jenis motor bertebaran di jalan. Penyebab lainnya semakin banyak bermunculan motor adalah kemudahan pembelian serta pembayaran  dari berbagai bank atau lembaga keuangan seperti multi finance yang menjamin kepemilikan serta pendanaan kredit motor lebih mudah.

(Baca juga: Cari Kredit Motor Tanpa DP? Ini 5 Alternatif Penggantinya)

Proses Pembelian Motor

Berbagai cara pun bisa dilakukan untuk membeli motor-motor tersebut, bisa dimulai dari kredit dan bisa juga dengan secara tunai. Lalu, apa saja hal-hal yang terjadi saat membeli kredit motor? Berikut uraiannya

  1. Hal pertama yang bisa dilakukan oleh masyarakat saat membeli motor secara kredit adalah dengan menyertakan Down payment (DP) untuk menentukan besarnya angsuran yang akan dibayar berikutnya. Semakin besar jumlah down payment yang diserahkan saat pertama kali maka akan semakin kecil nilai angsuran yang dibayarkan per bulannya, hingga masa kredit selesai.
  1. Setelah menyepakati down payment yang akan dibayarkan, masyarakat dan pihak yang memberikan layanan kredit motor akan menyepakati dan menentukan tenor atau jangka waktu angsuran yang akan dibayarkan. Jangka waktunya pun berbeda-beda, mulai dari 10, 22, 26, hingga 34 bulan.

Salah satu trik yang bisa kamu pilih adalah memilih tenor yang lebih panjang, karena akan membuat angsuran menjadi sedikit lebih ringan. Sementara itu, jika memilih tenor yang pendek, maka angsuran yang dibayarkan akan menjadi lebih besar.

(Baca juga:  Kredit Motor Bekas Itu Menguntungkan, Ini Alasannya)

  1. Menyiapkan dokumen yang lengkap saat pengajuan juga menjadi hal penting saat akan mengajukan pembelian motor secara kredit. Pihak leasing biasanya akan membutuhkan dokumen seperti fotokopi kartu tandan penduduk, slip gaji, fotokopi kartu keluarga, serta fotokopi pajak bumi dan bangunan.
  1. Jangan kaget ketika tiba-tiba kamu didatangi oleh pihak surveyor yang akan melakukan pemeriksaan tentang alamat konsumen, memastikan tempat tinggal kehidupan yang baik secara finansial. Cara ini dilakukan agar dokumen-dokumen yang diberikan saat pengajuan memang terbukti benar dan bukanlah sebuah kebohongan.
  1. Saat mengajukan pembelian motor secara kredit, secara umum pihak leasing sudah memberikan fasilitas asuransi dari motor tersebut. Nilai asuransi ini nanti secara umum sudah termasuk dalam biaya angsuran yang akan kamu bayarkan.

Jadi jangan lupa bertanya dan pastikan apakan leasing yang memberikan penawaran kredit motor ini sudah dilengkapi asuransi atau belum.

Diskon Pembelian Motor

Selain asuransi beberapa leasing biasanya akan memberikan diskon, tergantung pada promosi dan penawaran yang diajukan. Oleh karena itu, pastikan pula untuk bertanya apakah ada diskon khusus yang diberikan saat membeli motor secara kredit.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Biasanya diskon ini adalah potongan tenor yang memberikan keuntungan kepada konsumen yaitu satu bulan gratis angsuran hingga proses cicilan selesai sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

Ada diskon berupa potongan tenor. Sehingga konsumen diberi bonus satu bulan gratis angsuran pada saat, proses cicilan akan selesai. Dan ada juga promo diskon dari besarnya uang muka.

  1. Layanan perbaikan atau servis gratis biasanya menjadi salah satu senjata ampuh para leasing atau dealer yang menawarkan motornya secara kredit. Biasanya konsumen akan diberikan perawatan kondisi motor sebanyak empat kali dan ganti oli motor sebanyak satu atau dua kali.
Layanan Servis Gratis

Namun, servis gratis ini disesuaikan dengan jumlah kilometer yang telah ditentukan. Jadi, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada penyedia motor baik leasing atau pun delaer motor apakah pembelian secara kredit ini memberikan layanan servis gratis dalam jangka waktu tertentu. batas waktu atau kilometer yang telah ditentukan. Namun fasilitas ini tidak termasuk dalam penggantian suku cadang.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.