Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Hal Penting Sebelum Mengajukan Kredit KPR BRI Syariah

by lhmdi on 25 March, 2016

beli rumah_kredit rumah kpr - CekAja.com

Memiliki tempat tinggal merupakan salah kebutuhan pokok yang paling banyak dilakukan masyarakat saat ini.

Agar semakin mudah dalam membeli rumah, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengajukan kredit KPR BRI. Selain sebagai tempat berteduh, membeli rumah dengan cara kredit juga kerap dijadikan sebagai investasi untuk masa depan.

Hal ini semakin nyata, mengingat membeli rumah di daerah perkotaan saja, harganya sudah bisa mencapai Miliaran rupiah. Sementara itu, rumah-rumah yang berada di pinggiran kota pun masih cukup mahal dan harganya pun bervariasi.

Salah satu layanan kredit KPR BRI konvensional, layanan lainnya yang bisa dipilih diantaranya adalah layanan berbasis Syariah dari BRI. Kredit pemilikan rumah BRI Syariah merupakan pembiayaan yang diberikan bank bagi perorangan untuk memenuhi kebutuhannya akan tempat tinggal atau hunian.

Karena menggunakan sistem Syariah, maka BRI menerapkan prinsip jual beli atau serta sewa menyewa  yang dikenal juga dengan sebutan Ijarah yaitu, pembayaran angsurannya telah ditetapkan di muka dan dibayar setiap bulannya sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh BRI.

Melalui layanan Syariahnya ini pula BRI menentapkan layanan kredit ini tersedia bagi masyarakat yang ingin membeli rumah baru dengan kondisi siap huni, rumah bekas atau rumah tangan kedua, apartement, rumah toko, rumah kantor atau rukan baik yang baru atau bekas, hingga pembelian kavling tanah, namun dengan syarat tertentu.

Tujuan lain dari menggunakan layanan kredit kepemilkan rumah dari BRI Syariah adalah pembelian bahan material saat akan membangun rumah atau melakukan perbaikan rumah. Selanjutnya bagi kamu yang tertarik untuk membeli rumah dengan cara over kredit, maka BRI Syariah pun juga membuka kesempatan untuk mengajukan kredit.

Keuntungan Kredit KPR BRI Syariah

Seperti halnya layanan yang dikedepankan oleh bank SYariah, maka pembelian rumah dengan pinjaman dari bank BRI pun diklaim tidak membebani nasabah dengan nilai bunganya. Oleh karena itu BRI Syariah menerapkan layanan yang memberikan beberapa keuntungan. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Menggunakan layanan jual beli atau Murabahah yang merupakan akad jual beli barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan yang disepakati oleh pihak bank serta nasabah dan besaran angsuran tetap hingga akhir periode pelunasan.
  1. BRI Syariah juga memberikan layanan yang diberi nama sewa-menyewa dengan peralihan kepemilikan serta memberikan angsuran yang diklaim semakin lama semakin ringan, sehingga tidak membebani nasabah dalam pembayaran cicilannya.
  1. Uang muka atau Down Payment/ DP Rumah yang ringan, yaitu hanya minimum 10%.
  1. Pembiayaan berada dalam jangka waktu 15 tahun. 

Persyaratan KPR di BRI Syariah

Nah! Agar proses pengajuan kredit semakin berjalan lancar, kamu wajib mengikuti persyaratan yang diberikan oleh bank BRI. Berikut beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi:

  1. Warga negara indonesia.
  2. Berstatus sebagai pegawai atau karyawan tetap dengan masa kerja minimal dua tahun.
  3. Jika nasabah berprofesi sebagai seorang wirausaha, maka usaha yang dijalankannya sudah berjalan minimal lima tahun.
  4. Bagi profesional BRI menerapkan istilah profesional terbatas, yang berlaku untuk dokter, dokter spesialis dan bidan.
  5. Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun.
  6. Memiliki hasil BI Checking yang baik serta tidak termasuk dalam daftar pembiayaan bermasalah.
  7. Memiliki rekening tabungan di BRI Syariah.

Jika kamu ingin melihat layanan kredit KPR dari bank BRI lainnya, kamu bisa menggunakan layanan situs keuangan CekAja.com untuk menentukan jenis pembiayaan yang akan kamu pilih dan tidak membebani kondisi keuangan kamu sendiri.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami