Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Hal Terlarang yang Tidak Boleh Dilakukan Jika Berniat Resign Kerja

by Ariesta on 22 Desember, 2015

nasib mujur - CekAja.com

Tidak cocok dengan pekerjaan, konflik dengan teman sekantor, tekanan, atau mendapatkan tawaran dengan gaji lebih baik adalah sederetan alasan yang biasanya membuat orang resign kerja. Alasan negatif biasanya membuat orang ingin cepat-cepat keluar dan akhirnya memilih jalan pintas yang merugikan diri sendiri.

Apapun alasan kamu, pastikan kalau kamu keluar secara baik-baik. Karena jika tidak, tindakan gegabah kamu bisa membuat CV-mu jadi jelek. Belum lagi kalau kamu pindah pekerjaan di industri yang sama sehingga masih bersinggungan dengan orang-orang di kantor lama. Oleh karenanya, kenali sederetan hal terlarang yang tidak boleh kamu lakukan jika berniat resign kerja.

Konfrontasi

Punya masalah dengan bos ata rekan kerja. Mungkin rasa kesal kamu sudah diubun-ubun kepala, namun bukan berarti kamu bisa lari dari masalah dengan keluar bekerja. Selesaikan dulu masalahmu sampai tuntas. Luruskan kesalahpahaman yang terjadi dengan menunjukkan itikad baik.

Tentu akan menjadi niai minus jika saat kamu melamar pekerjaan baru, kamu harus menjawab ‘konflik’ sebagai alasan keluar dari kantor lama. Selain membuat lega, imej kamu pun tetap terjaga jika nantinya bekerja di industri yang sama.

Meninggalkan pekerjaan yang belum selesai

Kalau kamu sedang terlibat di dalam sebuah proyek di mana keberhasilannya berada di tangamu, jangan keluar tanpa menyelesaikannya terlebih dahulu. Keputusan ini akan membuat riwayat profesionalmu tercoreng. Selain itu, tim yang sudah terbentuk harus memulai semuanya dari awal di mana hal ini berarti menghambat kemajuan perusahaan.

Kalaupun ada keadaan mendesak yang membuatmu harus cepat-cepat resign seperti misalnya masalah keluarga, tetap sisihkan beberapa minggu untuk mempersiapkan tim menyesuaikan diri. Akan lebih baik jika kamu undur diri secara bertahap dengan mengurangi intensitas keterlibatan di dalam proyek tersebut.

(Baca juga: 4 Hobi Ini Bisa Mendukung Karir Kamu Dalam Bekerja)

Meninggalkan utang

Resign kerja di saat kamu punya utang di perusahaan lama bisa membuat kamu terlibat dalam masalah hukum. Kalau kamu benar-benar ingin keluar dari perusahaan, maka kamu harus mencari cara agar cepat-cepat bisa melunasi utangmu.

(Baca juga: 5 Bidang Pekerjaan yang Mesti Dipilih Kalau Mau Karier Menjanjikan di Masa Depan)

Resign tanpa peringatan

Biasanya perusahaan memberlakukan one month notice untuk pegawainya yang ingin resign. Dalam rangka satu bulan inilah biasanya dilakukan evaluasi kinerja, perhitungan bonus, exit interview, dan kewajiban lain yang masih harus dilakukan pegawai sebelum benar-benar meninggalkan kantor. Dengan cara keluar baik-baik ini, kamu juga bisa mengantongi surat rekomendasi yang nantinya bermanfaat untuk karier kamu di masa depan.

Patuhi prosedur ini kecuali kamu menjadi korban kekerasan atau pelecehan seksual, disuruh melakukan perbuatan illegal, sakit keras, kondisi lingkungan kerja mengancam keamanan, atau tidak dibayar dalam kurun waktu tertentu.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami