Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Perhiasan untuk Hadiah Valentine

by Tisyrin N. T on 3 Februari, 2017

hadiah valentine - CekAja.com

Saat Hari Kasih Sayang tiba, kamu pasti ingin mempersembahkan sesuatu yang istimewa untuk pasangan. Perhiasan adalah salah satu pilihan hadiah yang tepat untuk wanita. Wanita mana yang tak suka jika mendapat hadiah perhiasan?

Selain bisa memakainya, pasanganmu juga sekaligus dapat menjadikannya sebagai pilihan instrumen investasi. Nah, agar tidak salah pilih, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin memberikan perhiasan sebagai kado kepada pasangan.

Kenali selera pasangan

Pertama, kamu harus paham betul seleranya. Perhatikan apa yang dia kenakan. Jika pasanganmu suka anting-anting kecil, jangan membelikan yang berukuran besar. Dan jika dia orang yang aktif, jangan membeli cincin dengan desain terlalu rumit.

hoki seru - CekAja.com

Lakukan riset dan pelajari istilah-istilah aneh

Jangan malas melakukan riset sebelum membeli perhiasan. Tujuannya agar saat berhadapan dengan penjual, kepalamu tidak kosong. Apalagi di zaman seperti sekarang ini, mudah sekali mempelajari berbagai istilah tentang emas, berlian, atau batu permata melalui internet. Usahakan kamu memahami istilah-istilah kuncinya sebelum membeli. Untuk situs luar negeri, kamu bisa membuka Jewelers of America.

Hati-hati dengan penipuan

Hati-hati dengan toko yang selalu menawarkan diskon lebih dari 50%. Kamu dapat mengeceknya dengan melihat harga eceran rata-rata di tempat lain. Belilah perhiasan dari pihak terpercaya. Mintalah rekomendasi ke teman atau orang lain yang lebih paham. Untuk berlian, kamu harus mencari berlian yang lengkap dengan sertifikat dari laboratorium terpercaya seperti the Gemological Institute of America. (Baca juga: 5 Hal yang Dilakukan Warren Buffet Saat Sedang Tidak Bekerja)

Berlian sintetis dan berlian palsu itu berbeda

Kalau kamu terlanjur tergoda membelikan pasangan berlian, tetapi uangmu tak cukup, kamu bisa mempertimbangkan membeli berlian sintetis. Karena harga berlian sintetis lebih murah dari berlian tambang, kamu bisa berhemat.

Tenang saja, berlian sintetis itu bukan berlian palsu. Berlian sintetis punya komposisi sama dengan berlian tambang, hanya saja diproduksi di laboratorium. Bagaimana dengan berlian palsu? Berlian palsu komposisinya sangat berbeda dengan berlian tambang, hanya bentuknya saja yang mirip. Untuk tahu yang mana berlian sintetis dan berlian tambang, keterangannya terdapat pada sertifikat.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami