Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua Jelang Hari Pertama Anak Masuk Sekolah

by Teti Purwanti on 21 Juni, 2019

Hari pertama si kecil sekolah menjadi drama yang tidak kunjung usai. Bukan hanya sang ibu, kini para ayah juga dilibatkan dalam mendorong lancarnya hari pertama sekolah anak-anak.

Drama ini bukan hanya terjadi bagi orang tua yang memasukannya pada jenjang kelompok bermain, Taman Kanak-Kanak (TK), namun juga Sekolah Dasar (SD). Pasalnya, anak-anak sering merasa tidak aman apalagi dengan lingkungan baru. Meski begitu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi drama tersebut. Beberapa hal ini bisa dicoba!

  1. Jelaskan tentang sekolah dan kegiatannya

Untuk kelas kelompok bermain, mungkin ini menjadi langkah pertamanya masuk ke sekolah. Karena itu penting bagi orang tua untuk menjelaskan kenapa si kecil harus sekolah dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan si kecil di sana. Meski begitu, jangan lupa untuk menjelaskan semua itu dengan cara dan bahasa yang paling mudah.

Bagi anak yang pertama kali masuk TK dan SD, karena sudah memiliki pengalaman bersekolah, akan lebih mudah menjelaskan. Oleh karena itu, penting menjelaskan apa keunggulan sekolah baru ini dan apa saja yang akan menjadi kegiatannya.

(Baca juga: Jangan Salah Pilih, Begini Tips Mencari Sekolah Terbaik Untuk Anak)

Buat keyakinan pada si kecil, bahwa meski sekolahnya baru akan banyak petualangan dan pelajaran baru yang juga seseru sekolahnya yang lama. Ditambah lagi, si kecil juga akan menemukan teman-teman baru.

Penting pula bagi orang tua untuk mengusir ketakutan dan keraguan anak dengan meyakinkan mereka jika sekolah bukanlah tempat yang mengerikan. Ceritakan hal yang seru terkait kegiatan sekolah atau karakter teman yang akan mereka temui saat berada di sekolah. Ungkapkan keseruan lainnya yang bisa membuat bayangan anak mengenai sekolah berubah menjadi tempat belajar yang menyenangkan.

  1. Mempersiapkan perlengkapan dan juga bekal sekolah sesuai keinginannya

Ajak si kecil membeli perlengakapan sekolah dan biarkan dia memilih barang-barang kesukannya. Hal itu juga akan membuat dia lebih percaya diri karena ditemani hal-hal yang dia suka. Termasuk juga tas dan sepatu yang ternyaman untuk digunakan sehari-hari. Adapun untuk menjaga kesehatan dan kesenangannya, tanyakan padanya, bekal apa yang dia inginkan untuk hari pertamanya di sekolah.

Kamu juga bisa menyiapkan menu favoritnya dengan tampilan yang menarik seperti bento-bento Jepang dengan bentuk-bentuk yang menarik. Hal itu, tentu akan membuatnya bangga karena orang tuanya juga mendukung dengan bekal terenak dan tampilan yang cantik.

  1. Ajari anak bersosialisasi

Sangat penting untuk si kecil memiliki teman di sekolah. Buat si kecil paham kalau manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan butuh bantuan dari orang lain. Meski begitu, dalam berteman dan bersosialisasi juga dibutuhkan etika yang baik, baik kepada kawan sebaya, apalagi yang lebih tua.

Stimulasi anak dengan membiasakan mengucapkan kata-kata yang sopan agar mereka mampu berkomunikasi dengan baik. Selain itu, tingkatkan kepercayaan dirinya agar bisa bersosialisasi dengan lebih mudah.

(Baca juga: 5 Bisnis Anti Rugi Seputar Dunia Pendidikan, Mau Coba?)

Biasakan si kecil bertemu orang banyak tanpa selalu bergantung orang tuanya. Misalnya saat berada di supermarket, orang tua bisa menyuruh anak bertanya pada karyawan mengenai letak produk yang ingin dibeli. Atau acara playdate yang sedang ramai di kalangan ibu-ibu muda.

Rasa percaya diri yang terbentuk akan berpengaruh pada kemampuan sosialisasi yang dimiliki sang anak. Keberanian anak pun akan meningkat dengan sendirinya.

  1. Antarkan si kecil di hari pertama sekolah

Setelah libur panjang orang dewasa saja butuh waktu untuk kembali ke pekerjaan. Apalagi anak-anak dengan sekolah barunya. Karena itu, usahakan mengantarnya pada hari pertama sekolah yang tentu saja akan menjadi dukungan yang sangat penting dan menambah rasa percaya diri si kecil.

Jangan lupa memeluk atau mencium anak untuk meyakinkan jika sekolah akan membuatnya tenang dan nyaman. Ucapkan kalimat-kalimat penyemangat agar dia bisa bersekolah tanpa ragu-ragu.

Jika perlu, antarkan anak sampai ke ruang kelasnya dan tunggu anak sampai ia mendapatkan tempat duduk. Semangati diri mereka agar mampu berkenalan dengan teman barunya.

Semoga bermanfaat yah, kalau kira-kira tidak bisa izin, jangan lupa urus cuti dari sekarang agar bisa mengantarkan si kecil di pertama harinya sekolah.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami