Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Hal yang Harus Dipersiapkan saat Isolasi Diri di Rumah

by Kyla Damasha on 29 Maret, 2020

Masih mewabahnya virus Corona hingga saat ini, khususnya di Kota Jakarta, membuat banyak orang sudah mulai harus mengetahui hal yang harus dipersiapkan ketika tengah isolasi diri di rumah.

Memang sebagai langkah pencegahan agar penularan virus tidak semakin menular dan diri kita pun juga turut terhindar dari penularan virus, melakukan isolasi diri merupakan salah satu hal yang sangat disarankan.

Hanya saja, tidak keluar rumah selama berhari-hari mungkin membutuhkan persiapan yang cukup matang, terutama dalam hal melengkapi kebutuhan.

Tanpa perlu panjang lebar, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan ketika tengah isolasi diri di rumah. Yuk kita simak bersama-sama.

(Baca Juga: 6 Event Olahraga Dunia Terdampak Corona)
Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Ketika Isolasi Diri?
1. Persediaan Makanan yang Cukup

Persediaan Makanan yang Cukup - Hal yang Harus Dipersiapkan saat Isolasi Diri di Rumah

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa makanan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dalam kondisi apapun, apalagi ketika isolasi diri.

Saat ini, kamu sudah tidak perlu lagi keluar rumah untuk pergi ke pasar swalayan maupun ke pasar tradisional untuk membeli berbagai kebutuhan pangan.

Karena hanya dengan bermodalkan akses internet dan gadget, kamu sudah bisa membeli bahan makanan melalui pesan antar, bahkan sampai tiba di depan pintu rumah.

Ketika ingin membeli bahan makanan, maka utamakanlah bahan-bahan makanan untuk persediaan selama 2 minggu kedepan.

Ada beberapa jenis makanan yang setidaknya diwajibkan untuk kamu siapkan, terutama untuk bisa menjaga imunitas tubuh, yaitu diantaranya adalah:

·   Buah-buahan

Pisang, apel, anggur, dan jeruk merupakan beberapa jenis buah yang dikenal mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Kamu tidak perlu bingung, karena buah-buahan ini bisa tahan cukup lama apabila disimpan di lemari es.

Selain itu, kamu juga tidak perlu mengkonsumsinya secara utuh terus-menerus, melainkan juga bisa dibuat sebagai olahan lainnya, seperti menjadi smoothies, jus, dan masih banyak lagi.

·   Sayur-sayuran

Sayur-sayuran seperti bayam, kangkung, dan wortel bisa menjadi beberapa jenis sayuran yang kamu miliki ketika tengah isolasi diri di rumah. Hal tersebut dikarenakan jenis-jenis sayur tersebut dikenal mampu memberikan nutrisi yang cukup terhadap tubuh. Selain itu, sayuran kaleng juga bisa dijadikan sebagai pilihan.

·   Protein

Rasanya tidak lengkap apabila persediaan makananmu di rumah tidak memiliki kandungan protein di dalamnya. Perlu diketahui bahwa protein memiliki peran yang cukup penting dalam melengkapi nutrisi sekaligus meningkatkan imunitas tubuh.

Beberapa makanan protein yang perlu kamu miliki diantaranya adalah beragam kacang-kacangan, telur, keju, susu, daging, dan ikan.

·   Karbohidrat

Nah, yang jenis makanan terakhir yang perlu kamu siapkan ketika isolasi di rumah adalah makanan karbohidrat. Roti, pasta, dan nasi bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk menemani beragam lauk pauk yang nantinya kamu siapkan untuk keluarga. Jika tidak, kehadiran kentang juga bisa dijadikan sebagai alternatif lainnya.

2. Obat-obatan dan Vitamin

Obat-obatan dan Vitamin - Hal yang Harus Dipersiapkan saat Isolasi Diri di Rumah

Hal-hal yang harus dipersiapkan saat isolasi di rumah selanjutnya adalah obatan-obatan dan vitamin. Ketika virus dan penyakit tengah mewabah, maka beragam obat dan vitamin menjadi hal yang sangat perlu untuk dimiliki.

Tidak hanya melakukan social distancing, menjaga imunitas tubuh dan melakukan antisipasi lainnya juga tak boleh ketinggalan. Siapkanlah beberapa obat bebas, seperti obat demam, obat flu, obat diare, dan obat batuk yang setidaknya bisa dijadikan sebagai persediaan untuk 1 bulan kedepan.

(Baca Juga: Cara Membuat Disinfektan Sendiri di Ruman yang Aman dan Murah)

Selain itu, jangan pernah membeli obat anti-inflamasi tanpa resep dokter, karena obat seperti itu dikhawatirkan justru dapat memperburuk virus Corona.

Menteri Kesehatan asal Prancis, Olivier Veran mengungkapkan di Twitter bahwa obat yang dianjurkan adalah paracetamol. Karena obat tersebut dikenal mampu mengurangi demam tanpa menyerang balik dengan peradangan.

Sementara itu, obat anti-inflamasi diketahui sangat berisiko bagi siapapun yang memiliki penyakit menular, karena cenderung mengurangi respon sistem kekebalan tubuh.

3. Masker dan Hand Sanitizer

Masker dan Hand Sanitizer - Hal yang Harus Dipersiapkan saat Isolasi Diri di Rumah

Kedua barang yang wajib kamu miliki selama isolasi diri. Mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahui bahwa Corona merupakan salah satu virus yang sangat mudah menular, terutama dalam hal kontak fisik. Maka dari itu, masker dan hand sanitizer wajib hukumnya untuk kamu miliki.

Terutama ketika terpaksa untuk keluar rumah pada saat isolasi diri, masker sangat penting untuk kamu kenakan karena dikenal mampu mencegah droplet atau cairan pada mulut menyebar, terutama ketika kamu bersin dan batuk.

Nah, cairan yang telah terpapar oleh virus sangat berbahaya apabila terkena orang lain yang berada di dekatmu.

Walaupun kamu merasa dalam keadaan sehat dan tidak terkena virus, menggunakan masker bisa dijadikan sebagai salah satu langkah awal dalam hal pencegahan penyebaran virus.

Sementara itu, hand sanitizer dikenal mampu menghilangkan kuman yang terdapat di tangan sehingga bisa menjadi bersih kembali.

Dilansir dari Liputan6, hand sanitizer yang baik digunakan adalah hand sanitizer yang setidaknya mengandung 60 persen alkohol agar bisa efektif menghilangkan kuman dan bakteri pada tangan.

Namun seiring dengan mewabahnya virus Corona yang semakin meningkat dari waktu ke waktu, kehadiran dari hand sanitizer ini menjadi sangat langka.

4. Sabun Cuci Tangan

Sabun Cuci Tangan - Hal yang Harus Dipersiapkan saat Isolasi Diri di Rumah

Masih berhubungan dengan poin ketiga yang membahas tentang hand sanitizer, sabun cuci tangan bisa dijadikan sebagai pengganti yang efektif. Walaupun cara satu ini hanya bisa dilakukan di rumah dan tempat-tempat tertentu saja, karena kamu akan membutuhkan sumber air yang cukup.

Ingatlah bahwa setiap sehabis kembali dari bepergian ke luar rumah, segeralah mencuci tangan menggunakan sabun hingga bersih. Menurut pakar kesehatan, setidaknya kamu membutuhkan waktu 20 detik untuk mencuci tangan untuk mencegah berkembangnya bakteri, kuman, dan virus pada tangan.

Maka dari itu, cara satu ini sangat dianjurkan untuk mencegah penyebaran virus Corona dan menjadi salah satu cara yang cukup efektif.

Langkah Efektif yang Harus Dilakukan Ketika Isolasi Diri

Setelah sebelumnya kita membahas tentang hal-hal yang perlu disiapkan ketika isolasi diri, maka sekarang saatnya kita membahas tentang hal-hal apa saja yang harus dilakukan ketika melakukan isolasi diri itu sendiri, diantaranya adalah:

  • Jangan pernah meninggalkan rumah kecuali memiliki urusan sangat penting
  • Selalu menggunakan masker, baik itu di dalam rumah untuk mencegah penularan kepada anggota keluarga lain dan ketika di luar rumah.
  • Jaga jarak dengan orang lain termasuk anggota keluarga
  • Selalu mencuci tangan setelah melakukan berbagai hal, termasuk ketika setelah menyentuh binatang peliharaan
  • Ukur suhu tubuh secara kontinu sebagai bentuk antisipasi
  • Usahakan untuk melakukan isolasi diri selama 14 hari

Nah, selain melakukan hal-hal yang baru saja kita bahas, jangan lupa juga untuk mempersiapkan perlindungan lainnya yang bisa membuat kamu dan keluarga merasa aman, seperti memiliki asuransi kesehatan. Yuk, segera ajukan asuransi kesehatanmu di CekAja.com dan lindungilah orang-orang tercinta.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda