Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih KTA

by hanna on 6 Agustus, 2014

Asisten Keuangan Pribadi_IPOTPAY_CEKAJA

Anda membutuhkan dana untuk modal usaha, pendidikan, pernikahan, merenovasi rumah, atau berlibur? Kebutuhan ini dapat terpenuhi dengan memanfaatkan layanan kredit tanpa agunan (KTA) yang kini banyak ditawarkan berbagai lembaga keuangan, termasuk bank.

Dalam pengajuannya, setiap bank memiliki penilaian rasio kredit yang bisa diberikan kepada Anda. Namun, sebelum memilih KTA yang sesuai dengan kebutuhan, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Reputasi bank

Jika Anda berencana mengambil kredit tanpa agunan di bank, sebaiknya perhatikan asal usul bank tersebut, perhatikan pula reputasi bank dalam menangani KTA. Anda dapat memilih bank yang terpercaya serta sudah memiliki reputasi dan citra baik dalam memberikan layanan kredit tanpa agunan. Sekarang ini, beragam bank sudah memiliki layanan KTA, seperti BII, Mandiri, BCA, dan Bank Permata.

(Baca juga: Berapa Gaji Anda? Ini Rasio Kredit yang Bisa Diajukan)

  • Bunga rendah

Selain reputasi bank, Anda dapat menentukan KTA yang tepat dengan memperhatikan suku bunga yang ditawarkan. Pilihlah bank yang menawarkan suku bunga yang paling rendah. Anda dapat membandingkan suku bunga dari beberapa bankdengan perbandingan online yang kini bisa Anda lakukan. Perhatikan pula sifat suku bunga serta metode pembayarannya.

 

  • Biaya yang dibutuhkan

Tidak hanya bunga yang perlu Anda perhatikan. Biaya saat pengajuan KTA dan cicilan per bulan pun harus Anda cermati. Sebaiknya biaya yang diperlukan untuk KTA tidak lebih dari setengah penghasilan tetap per bulan, dengan tetap mempertimbangkan biaya pengeluaran rutin. Adapun biaya yang dibutuhkan untuk layanan pinjaman tanpa agunan ini, antara lain biaya pelunasan awal, biaya keterlambatan, biaya admin pelunasan, dan biaya asuransi.

(Baca juga: 6 Alasan Kredit Anda Selalu Ditolak Bank)

  • Sesuaikan dengan kebutuhan

Sebelum mengajukan kredit, Anda perlu memperhatikan tujuan pengajuan KTA: untuk konsumsi atau usaha. Kredit konsumsi ditujukan untuk kebutuhan bersifat konsumtif, seperti membeli rumah dan berlibur. Sedangkan kredit usaha ditujukan untuk membantu pengusaha yang sedang merintis dan pengusaha yang ingin mengembangkan usaha yang sudah dimiliki.

Anda perlu memiliki komitmen dalam penggunaan KTA agar manfaatnya tidak disalahgunakan untuk keperluan lain. Penyimpangan penggunaan kredit hanya akan membuat Anda kesulitan membayar cicilan.

Setelah menyiapkan hal-hal tadi, Anda bisa langsung lakukan perbandingan kredit tanpa agunan (KTA) yang sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

hanna

Social media writer, coffee lover, twenty-something.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami