Hanya Ada di Bulan Ramadhan, Tujuh Tempat Ini Tawarkan Makanan Sampai Jasa Gratis

4 min. membaca Oleh CekAja on

Bulan Ramadan memang penuh berkah. Di bulan suci ini, setiap orang disarankan berlomba-lomba dalam kebaikan. Hal ini juga dilakukan berbagai pihak, mulai dari pengurus masjid sampai pemilik barber shop. Mereka membagi-bagikan makanan dan jasa secara gratis, bagi siapapun yang berminat.

Kebiasaan berrbagi kebaikan ini bahkan sudah menjadi tradi setiap bulan Ramadan berlangsung. Tentu saja hal ini disambut baik oleh banyak orang. Karena selain ingin kecipratan berkah, dari sisi finansial bisa membuatmu lebih hemat. Apa saja makanan dan jasa yang bisa didapatkan secara gratis di bulan Ramadan?

Bubur Samin di Masjid Darussalam Solo

bubur samin

Bagi masyarakat sekitar Masjid Darussalam Jayengan Kidul, Serengan, Solo, Jawa Tengah, nama bubur samin sudah sangat lekat dengan tradisi berbuka puasa.

Dinamakan bubur samin karena diolah menggunakan minyak samin. Sedangkan racikan bumbu lainnya adalah kapulaga Arab, daun seledri, daun bawang, bawang bombai, wortel, adas, jinten, kayu manis, pala, ketumbar, jahe, kunyit, lengkuas dan kemiri. Selain itu masih ditambah susu sapi dan tulang berisi sumsum sapi sehingga citarasanya semakin sedap dan kental.

Tradisi ini muncul sekitar tahun 1950. Menariknya, menjelang Ashar a buruh bangunan, tukang becak, ibu rumah tangga, hingga bos-bos berbaur menjadi satu demi mendapatkan bubur samin secara gratis.

Kamu pun bisa mendapatkan bubur samin secara gratis. Setiap harinya juru masak takmir masjid mengolah 45 kilogram beras untuk konsumsi 1.000 orang. (Baca juga: [c88-article id=”101144″ title=”Ini Bahayanya Terlalu Sering Minum Minuman Berenergi Saat Berbuka Puasa” text=”Ini Bahayanya Terlalu Sering Minum Minuman Berenergi Saat Berbuka Puasa”])

Bubur India di Masjid Pekojan Semarang

bubur india

Berbuka puasa dengan hidangan semangkuk bubur India sudah menjadi tradisi Masjid Jami Pekojan yang berlangsung sejak 200an tahun lalu. Konon tradisi bubur India sebenarnya sudah berlangsung sejak 1878.

Saat itu ada seorang pedagang dari Gujarat (India) yang datang dan menikah di daerah Pekojan. Langkahnya diikuti oleh pedagang-pedagang Gujarat lainnya sehingga mereka akhirnya membentuk komunitas Muslim di Pekojan.

Setiap harinya pengurus Masjid Pekojan membuat 200 sampai 250 porsi. Meski terlihat simpel, tak mudah meracik bubur India. Karena untuk mencampur sejumlah bumbu harus sangat selektif. Dalam pembuatan bubur digunakan berbagai bumbu seperti jahe, salam, daun pandan, bawang bombay, campuran kayu manis, dan cengkeh.

Bubur India dibagikan secara gratis pada pukul 17.00 WIB atau menjelang berbuka puasa. Selain dibagikan gratis, pengurus Masjid Pekojan juga mempersilakan warga membawa pulang bubur ke rumah masing-masing.

Gulai kambing di Masjid Gede Kauman Yogya

gulai-kambing-masjid-jogja

Kamu yang penggemar olahan kambing dan ingin menyantap gulai kambing gratis bisa datang ke Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta. Khusus setiap hari Kamis, gulai kambing disajikan disini. Tradisi ini bermula pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII dan berlanjut hingga kini. Kala itu tujuannya adalah untuk pemberian sedekah dari raja kepada rakyatnya di bulan Ramadhan.

Tapi jika dahulu takjil gulai kambing ini disiapkan oleh pihak Kraton Yogyakarta, saat ini dana disokong oleh banyak donatur. Meski pihak Masjid Gede Kauman menyiapkan 1.200 porsi gulai kambing, tetap saja dirasa masih kurang karean tingginya minat masyarakat. Jadi, jika ingin mencicipi lezatnya gulai kambing Masjid Gede Kauman, siap-siap standby sejak selepas Ashar ya!

Air zam-zam di Masjid Tua Semarang

AIR ZAM

Tidak perlu jauh-jauh ke Mekkah jika ingin menikmati air zam-zam. Pengelola masjid Masjid Tua di Kota Semarang membagikan menu buka puasa secara gratis pada jamaah dengan air zam-zam sebagai menu utama.

Dalam sehari jamaah masjid yang mendapatkan takjil spesial itu sekitar 400 orang. Sebelumnya digelar pengajian interaktif. Saat itulah takjil spesial mulai dibagikan kepada jamaah masjid. Disusul kemudian usai shalat Tarawih ada kuliah tujuh menit atau kultum.

Selain air zamzam dan kurma, ada juga makanan berbuka yang setiap hari menunya berbeda tergantung dermawan yang memberikan bantuan.

Mengaji 1 Juz  dapat 2 liter pertamax gratis

pom

Sejumlah (SPBU) memberikan bensin gratis kepada pelanggan yang bisa membaca Al Quran satu juz. Salah satunya adalah SPBU di Jalan Raya Kalimalang, tepatnya di samping Polsek Duren Sawit, di Jakarta Timur.

Informasi mengenai promo bensin gratis dengan syarat membaca Al Quran satu juz ini terpampang pada banner yang dipasang di SPBU. Sistemnya, pembeli yang lulus membaca Al Quran satu juz akan mendapatkan voucer gratis isi bensin jenis Pertalite sebanyak dua liter.

Seperti dilansir dari Kompas, program ini tidak membatasi jumlah pelanggan. Siapa pun yang membaca Al Quran satu juz di mushala SPBU tersebut akan memperoleh Pertalite gratis sebanyak dua liter. Selain SPBU COCO Kalimalang, sejumlah SPBU lain memberlakukan program itu, yakni SPBU COCO 31.102.02 Abdul Muis, Jakarta Pusat; SPBU COCO 31.128.02 MT Haryono, Jakarta Selatan; SPBU COCO 31.129.02 Kuningan, Jakarta Selatan; dan SPBU 31.171.01 Ahmad Yani, Bekasi.

Soto di Soto Kauman Express Depok dibayar pakai Doa

SOTO

Warung soto di Soto Kauman Express menawarkan soto sebagai menu berbuka puasa dibayar dengan doa alias gratis. Pengunjung akan disuguhkan satu menu berbuka puasa, seperti soto orisinal Soto Kauman Express, buah kurma, jus belimbing, dan satu hidangan pilihan yang setiap hari berganti. Kemudian, pengunjung cukup menuliskan doa di secarik kertas yang disediakan oleh pelayan Soto Kauman Express.

Tujuan dari program ini yakni karena pemilik warung soto yakin ketika memberi makanan berbuka puasa, pahalanya sama seperti yang berpuasa dan salah satu doa yang makbul adalah ketika orang berbuka puasa.

Setiap harinya, pihak Soto Kauman Ekspress menyediakan 50 set makanan berbuka puasa yang terdiri atas empat hidangan per set. Soto Kauman Express beralamat di Jalan Muchtar Nomor 8A, Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. Program Buka Puasa Bayar Pake Doa ini berlaku saat waktu berbuka puasa, yakni pukul 18.00 – 18.30 WIB.

Baca Alquran dapat cukur rambut gratis

Barber

Raihan Barbershop di Jalan RTM, Cimanggis, Depok punya program menarik selama Ramadan. Pelanggan yang datang pada pukul 07.00-09.00 pagi gratis cukur rambut dengan syarat membaca Al-quran di tempat. (Baca juga: [c88-article id=”101155″ title=”Kebiasaan Makan Ketika Puasa yang Bikin Badanmu Tidak Melar Saat Lebaran” text=”Kebiasaan Makan Ketika Puasa yang Bikin Badanmu Tidak Melar Saat Lebaran”])

Menurut pemiliknya, program ini diadakan bukan untuk cari sensasi, melainkan alasannya sederhana saja. Konsumen sering antre sambil termenung atau main ponsel. Nah agar tidak seperti itu, mereka bisa membaca Alquran dan sebagai gantinya gratis pangkas rambut.

Tentang kami

CekAja

CekAja