Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Inilah Jumlah Jam Tidur Orang-orang Sukses Dunia

by Ariesta on 14 Maret, 2016

tidur mendengkur_asuransi kesehatan - CekAja.com

Tidur merupakan istirahat yang paling baik. Setiap orang membutuhkan waktu tidur berkualitas 6-8 jam sehari agar tubuh bisa berfungsi maksimal keesokan harinya. Kurang tidur dapat menyebabkan menurunnya daya konsentrasi hingga memicu munculnya beragam penyakit.

Namun tidak semua orang punya waktu cukup untuk bisa tidur 6-8 jam sehari. Orang sukses yang super sibuk acapkali hanya bisa tidur beberapa jam saja dalam sehari.  Meski hanya tidur sebentar, mereka bisa fokus dalam bekerja. Menurut penelitian, populasi mereka (orang yang bisa tetap fokus meski hanya tidur sebentar) jumlahnya hanya 1-3% di dunia.

Siapa saja orang suskses yang tidurnya sebentar?

Marissa Mayer, CEO Yahoo

marissa-mayer-yahoo-ceo

Marissa Mayer terbiasa bekerja  130 jam dalam seminggu alias 18 jam sehari (jika satu minggu dihitung tujuh hari bekerja). Berdasarkan laporan The Guardian, dia hanya tidur empat sampai enam jam sehari. Agar tidak jenuh, dia selalu mengambil liburan panjang setiap empat bulan sekali.

Donald Trump

donald-trump-chairman-of-the-trump-organization

Bagaimana seseorang yang tidur 12 sampai 14 jam sehari dapat bersaing dengan orang yang hanya tidur tiga sampai empat jam? Berdasarkan laporan The Daily News, inilah cara agar Donald Dtrump tetap beberapa langkah lebih maju dari para pesaingnya. Trump mengklaim, sedikit tidur (bermimpi) dan lebih banyak beraksi nyata untuk mewujudkannya merupakan salah satu kunci suksesnya sebagai pebisnis.

Steve Reinemund, mantan CEO PepsiCo

steve-reinemund-former-pepsico-ceo

Mantan CEO Pepsi, Steven Reinemund punya kebiasaan bangun tidur setiap pukul lima pagi lalu lari sejauh empat mil. Berdasarkan CNN Money, Reinemund rutin pergi tidur setiap pukul 11 malam dan sama sekali tidak memerlukan alarm untuk bangun. Setelah selesai masa jabatan di Pepsi, sekarang ia menjabat sebagai dekan fakultas bisnis di Wake Forest University.

Barack Obama, presiden Amerika

barack-obama-president-of-the-united-states

Presiden yang sudah dua periode menjabat ini selalu tidur pukul satu pagi dan bangun pada pukul tujuh pagi. Meski demikian, Obama tidak selalu sempat tidur selama enam jam karena padatnya jadwal. Namun menganggu tidur seorang presiden tetap tidak boleh sembarangan. Sang sekretaris gedung putih harus benar-benar mempertimbangkan secara matang apakah suatu kejadian tergolong krisis atau tidak.

Eiichiro Oda, pengarang One Piece

Oda

Sejak pertama kalinya One Piece rilis pada 1997, Eiichiro Oda sang pengarang tidak pernah libur. Setiap malam dia sibuk menggambar komik One Piece.dan hanya tidur dua sampai empat jam sehari demi mengejar deadline. Siklus hidupnya hanya seputar kamar tidur, meja menggambar, dan minimarket.

Saat ini One Piece merupakan komik paling populer di Jepang.  Awalnya Oda berencana mengakhirinya dalam lima tahun. Namun setelah lima belas tahun, dia berpikir untuk tetap melanjutkannya karena berpikir dia tidak akan sanggup lagi menjadi komikus jika seri One Piece tamat.

Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Presiden RI

sby

Kantung mata yang bergelayut di wajah Presiden SBY membuat banyak orang menduga-duga kalau SBY kurang tidur. Bahkan, sewaktu masih menjabat sebagai Presiden RI,  ada sebuah grup di Facebook yang menamakannya dirinya Gerakan Dukung Bapak SBY untuk Menambah Jam Tidur. Lantas berapa jam SBY tidur dalam sehari? Beliau bisa tidak tidur dan hanya tidur dua jam karena harus membagi waktu dengan tugas pemerintahan, partai, hingga keluarga.

Jokowi, Presiden RI

jokowi

“Yah tidur bisa satu jam, bisa 7 jam, bisa 2 jam. Tapi banyakan, rata-rata 2 jam,” kata Jokowi seperti dikutip dari pemebritaan di Tempo, 8 September 2013. Senada dengan SBY, kesibukan beliau sebagai gubernur DKI pada waktu itu membuatnya tidak bisa tidur cukup dalam sehari. Untungnya, beliau termasuk yang mudah tidur alias tidak perlu lama terlelap setelah memejamkan mata.

Kebiasaan para orang sukses di atas tentu bertentangan dengan hasil panel ilmuwan yang tergabung dalam National Sleep Foundation (NSF). Para ahli membagi kebiasaan tidur sesuai kelompok umur. “Rekomendasi tentang durasi tidur ini merupakan yang pertama dikeluarkan oleh lembaga profesional,” kata Kepala NSF Charles A. Czeisler, profesor bidang kesehatan tidur dari Harvard Medical School, seperti dikutip The Huffington Post, 7 Februari 2015.

Para ilmuwan melakukan sejumlah koreksi. Durasi tidur untuk bayi yang baru lahir (0–3 bulan), misalnya, berkisar 14–17 jam per hari. Kisarannya dipersempit dari sebelumnya 12–18 jam. Durasi untuk balita berumur 1–2 tahun berada pada kisaran 11–14 jam diperlebar dari sebelumnya 12–14 jam per hari. Adapun kategori dewasa, usia 26–64 tahun, tidak mengalami perubahan di angka 7–9 jam per hari.

Bekerja keras boleh saja. Tapi jika kamu tegolong orang yang mudah mengantuk, sulit berkonsentrasi, dan rentan memiliki mata panda, sebaiknya jangan nekat mengikuti gaya hidup orang-orang sukses seperti yang telah disebutkan di atas. Sukses harus, namun kesehatan harus tetap menjadi nomor satu.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami