Berapa Harga Mobil Xpander Serta Kelebihan dan Kekurangannya? Cek, Ulasannya di Sini!

4 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Banyak orang yang mencari harga, kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Xpander di internet. Ini bukan tanpa alasan, mengingat produk tersebut berhasil meraih penghargaan bergengsi sebagai 1st Winner Favorite Passenger Car di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017. Banyak yang terkagum akan desain nya yang futuristik. Selain mencari harga, kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Xpander, banyak juga yang mengininkan pembelian secara cepat.

Harga Mobil Xpander Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Mitsubishi Xpander merupakan salah satu mobil di segmen small multi-purpose vehicle (MPV) yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, sepanjang 2018 lalu, produk besutan Mitsubishi Motors Corporation ini berhasil merajai pasar small MPV sebesar 44,1 persen untuk kelas 1.500 cc.

Dengan fitur-fitur canggih yang dimiliki ditambah desain interiornya memukau, tak heran bila banyak konsumen yang akhirnya penasaran akan harga mobil Xpander serta kelebihan dan kekurangannya. Ini juga bisa jadi acuan untuk kamu, yang mungkin saja tertarik untuk membeli mobil small MPV bergaya SUV tersebut.

Xpander Cross vs Xpander, Mana yang Lebih Baik?

Sebagai salah satu perusahaan otomotif terbesar yang berhasil menjual produknya di Indonesia, Mitsubishi Motors Corporation secara resmi memperkenalkan Xpander Cross pada akhir November 2019 lalu.

Mobil ini adalah seri lanjutan dari Xpander keluaran 2017 yang telah lebih dulu melejit hingga berhasil mencetak penjualan lebih dari 140 ribu unit. Dengan mengusung tagline, “Don’t Stop Xpand Your Adventure”, harga mobil Xpander serta kelebihan dan kekurangannya untuk seri yang satu ini juga cukup signifikan, di mana membuatnya tampak sangat berbeda dari versi terdahulunya.

Berikut perbedaan antara Xpander biasa dan Xpander Cross:

Xpander Xpander Cross
Memiliki 8 tipe mulai dari Xpander GLX M/T hingga Xpander Ultimate A/T Hanya tersedia 3 tipe saja, Xpander Cross M/T, Xpander Cross A/T, dan Xpander Cross AT Premium Package
Masih menggunakan lampu hologen sebagai headlamp Headlamp menggunakan lampu LED
Masih menggunakan bumper biasa dengan gril berwarna silver Menggunakan skid palate untuk rear bumper agar terlihat gagah
Belum menggunakan roof rail Adanya roof rail untuk menambah muatan mobil
Pelek yang digunakan hanya berukuran 16 inci Menggunakan pelek berukuran 17 inci dengan desain aluminium palang 5
Ground clearance standar hanya 205 mm Ground clearance lebih tinggi sekitar 225 mm

(Baca Juga: Cari Mobil Bekas? Ikuti Langkahnya Disini!)

Kelebihan Mobil Xpander Dibandingkan MPV Lainnya

Xpander menjadi satu diantara banyaknya mobil MPV paling direkomendasikan, karena kelebihannya yang begitu menarik minat masyarakat Indonesia.

Bagaimana tidak? Lewat desain eksteriornya yang begitu ciamik yakni hasil perpaduan MPV dan SUV, mobil Xpander hadir dengan tampilan konsep Dynamic Shield.

Dynamic Shield ini memang sangat khas dengan mobil-mobil hasil produksi Mitsubishi. Sebut saja, All New Pajero Sport yang pertama kali menggunakan konsep tersebut. Kemudian disusul Xpander dengan penambahan aksesoris pada bagian depan mobil, yaitu headlamp LED DRL untuk membuat tampilannya begitu mempesona.

Selain eksterior, kelebihan mobil Xpander juga tampak dari interior yang dihadirkan, baik untuk varian Xpander biasa maupun Xpander Cross. Keduanya memiliki interior yang terkesan mewah dengan kabin luas, sehingga dapat diisi 4 hingga 7 orang dalam satu mobil.

Ditambah lagi dengan fitur-fitur canggih yang terdapat pada bagian dalam Xpander, seperti  high contrast meter cluster untuk membaca MID, power outlet, keyless operating system, tilt and telescopic steering, instrument panel side pocket, instrument panel tray, instrument panel lower, front console box, cruise control (khusus Xpander Cross), dan start/stop button and KOS (kunci remote khusus Xpander Cross).

Beralih dari interiornya, rata-rata mobil Xpander dilengkapi teknologi DOHC 16 VALVE dengan mesin MIVEC 1.5 L dan katup peredam guncangan yang canggih. Sehingga, mobil ini mampu melaju pada kecepatan maksimal 120Ps per putaran dengan torsi yang menembus angka 145Nm.

Sementara itu, untuk fitur keselamatannya sendiri, baik Xpander biasa maupun Xpander Cross sama-sama menggunakan Anti-Lock Braking System atau disingkat ABS yang fungsinya membantu pengendara mengatur laju kendaraan dan menghindari rem terkunci saat melintasi jalanan yang licin.

(Baca Juga: Usaha Rental Mobil Bisa Dengan Modal Minim Lho, Simak Tipsnya!)

Kekurangan Mobil Xpander

Disamping kelebihannya yang tadi sudah dijelaskan, Mitsubishi Xpander tetaplah sebuah mobil small MPV yang juga memiliki kekurangan. Ini terlihat dari harga sparepart nya yang mahal karena masih sulit ditemukan. Padahal, rata-rata harga mobil Xpander yang dilepas di pasar nasional masih sangat terjangkau, hanya sekitar Rp200 juta saja.

Kekurangan lainnya juga ditemukan pada sisi transmisi dan bengkel rekanan yang masih terbatas. Di mana umumnya, transmisi otomatis yang disematkan hanya berlaku untuk varian Xpander tertinggi, dengan tingkat percepatan hanya menyentuh angka 4 dari banyaknya mobil MPV yang saat ini menggunakan percepatan 6 untuk transmisi otomatis.

Lebih lanjut dalam banyaknya review mengenai Xpander di internet, bengkel rekanan untuk mobil tersebut masih sangat terbatas dan tidak merata dalam penyebarannya di Indonesia. Sehingga ini menjadi kendala utama bagi konsumen yang ingin melakukan servis rutin untuk mobil Xpander yang dimiliki.

Harga Mobil Xpander Terbaru 2020 Beserta Jenisnya

Setelah membandingkan kelebihan dan kekurangan mobil Xpander, penting pula bagi kamu untuk mengetahui harga terbaru dari masing-masing jenisnya, terlebih pada edisi 2020. Karena sebagai konsumen yang cerdas, spesifikasi dan harga dari suatu mobil adalah kunci utama saat kamu tengah melakukan perbandingan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli mobil yang sesuai keinginan.

Berikut harga mobil Xpander terbaru 2020 yang dikutip dari situs Mitsubishi Motors:

Harga Mobil Mitsubishi Xpander - Berapa Harga Mobil Xpander Serta Kelebihan dan Kekurangannya
  1. Xpander GLX M/T: Mulai dari Rp 215.300.000
  2. Xpander GLS M/T: Mulai dari Rp 231.800.000
  3. Xpander Exceed M/T: Mulai dari Rp 238.800.000
  4. Xpander GLS A/T: Mulai dari Rp 242.800.000
  5. Xpander Exceed A/T: Mulai dari Rp 249.200.000
  6. Xpander Sport M/T: Mulai dari Rp 251.400.000
  7. Xpander Sport A/T: Mulai dari Rp 261.400.000
  8. Xpander Ultimate A/T: Mulai dari Rp 270.100.000
Harga Mobil Mitsubishi Xpander Cross - Berapa Harga Mobil Xpander Serta Kelebihan dan Kekurangannya
  1. Xpander Cross M/T: Mulai dari Rp 270.700.000
  2. Xpander Cross A/T: Mulai dari Rp 280.700.000
  3. Xpander Cross Premium Package A/T: Mulai dari Rp 289.700.000

Itulah harga mobil Xpander serta kelebihan dan kekurangannya yang perlu kamu ketahui. Ingat, selalu lindungi diri dan mobil kesayangan mu dengan menggunakan produk asuransi terbaik dari CekAja.com.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri