Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Harga Tiket Pesawat Masih Mahal? Simak Tips Aman Mudik dengan Bus

by Gentur Putro Jati on 22 Mei, 2019

Tingginya harga tiket pesawat terbang menjelang musim libur Lebaran sempat menjadi perbincangan warganet di Indonesia. Banyak yang menilai, maskapai penerbangan dengan seenaknya menaikkan harga tiket akibat harga batas atas dari pemerintah yang terlalu tinggi.

mudik aman dan nyaman _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Meski pemerintah kemudian menurunkan tarif batas atas itu, mungkin sudah banyak warga masyarakat yang mengurungkan niatnya mudik dengan pesawat dan beralih ke moda transportasi lain seperti bus antar kota antar provinsi (AKAP) misalnya.

Jika kamu salah satu diantaranya, simak tips aman dan nyaman mudik dengan bus berikut ini:

  1. Beli tiket resmi

Pastikan kamu membeli tiket di pool resmi bus untuk menghindari calo. Atau, gunakan beragam aplikasi tiket di smartphone yang pastinya memudahkan urusan membeli tiket bus. Pastikan kamu sudah tahu kredibilitas dari perusahaan bus yang akan membawamu dan keluarga menuju kampung halaman sebelum membeli tiketnya.

  1. Bawa barang seperlunya

Memang tidak ada kapasitas maksimal barang bawaan ketika naik bus. Tetapi kalau berlebihan tentu sangat merepotkan. Ada baiknya batasi bawaan dua tas besar dengan satu tas kecil yang bisa dibawa ke mana-mana.

(Baca juga: Cara Identifikasi BPKB dan STNK Asli Sebelum Beli Mobil Bekas untuk Mudik)
  1. Bawa obat-obatan

Kalau kamu punya penyakit khusus, sebaiknya bawa obat-obatan pribadi dalam perjalanan. Sangat membantu diri sendiri dan tidak merepotkan orang lain.

  1. Pakaian nyaman

Gunakan pakaian dan celana berbahan adem yang membuatmu nyaman selama berjam-jam berada di dalam bus. Kesampingkan urusan penampilan, apalagi kalau pakaian trendi yang kamu kenakan malah membuatmu kegerahan.

  1. Siapkan baju hangat

Siang hari bus bisa terasa panas, tapi di malam hari kemungkinan udara menjadi dingin cukup besar. Apalagi jika bus kamu memiliki fasilitas AC. Siapkan baju hangat, seperti jaket, cardigan, atau sweater untuk menjaga tubuh tetap hangat.

  1. Bawa powebank

Gadget adalah salah satu alat untuk membunuh rasa bosan sepanjang perjalanan. Tapi bagaimana kalau baterainya habis? Untuk berjaga-jaga, sebaiknya siapkan powerbank dengan baterai penuh. Karena tak semua bus menyediakan colokan listrik.

  1. Siapkan cemilan dan makanan

Pastikan perbekalan kamu lengkap. Sebab bus pasti lewat jalan tol dan jarang berhenti, sehingga akan menyulitkanmu untuk jajan.

  1. Pisahkan barang berharga

Sebaiknya tidak menyimpan barang berharga dalam koper di bagasi. Semua barang berharga bisa kamu simpan di dalam tas kecil yang mudah dibawa kemana-mana. Tujuannya agar kamu tidak lalai meninggalkan barang berharga di dalam bus untuk buang air atau meregangkan tubuh.

  1. Ingatkan sopir jika ugal-ugalan

Sebagai penumpang, kamu berhak untuk menegur sopir yang mengemudikan bus dengan ugal-ugalan. Jika pak sopir terlihat mengantuk, ingatkan juga untuk bergantian dengan sopir cadangan yang lebih fit sehingga perjalananmu tetap aman.

(Baca juga: 8 Hal yang Harus Dilakukan ke Mobil Sebelum Ditinggal Mudik)

Untuk memberikan perlindungan lebih atas perjalanan mudik bersama keluarga dengan bus, pilih asuransi perjalanan yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan di CekAja.com.

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum