Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Hari Diabetes Sedunia, Ini Minuman Kekinian Yang Punya Kadar Gula Sangat Tinggi!

by Gito on 14 November, 2019

Minuman “boba” dan juga es kopi susu kekinian sedang menjamur di Indonesia. Beragam merek kopi dan juga variasi boba ditawarkan oleh pemilik toko untuk memanjakan lidah konsumennya. Tetapi ternyata, ada segudang bahaya yang bisa ditimbulkan jika kamu terlalu sering mengonsumsinya, salah satunya adalah risiko diabetes.

Bisnis Minuman Es Kopi Susu

Sudah beberapa tahun kebelakang, negeri ini kebanjiran makanan dan minuman impor. Mulai dari cheese tea, bubble tea, thai tea, boba dan ragam jenis minuman manis lainnya.

Cita rasanya yang nikmat ditambah harganya yang ekonomis, membuat banyak masyarakat muda mengidolakannya.

Namun ternyata rasa nikmat yang ditawarkan oleh minuman-minuman tersebut memilki efek yang tidak baik bagi tubuh. Beberapa diantaranya adalah risiko obesitas dan diabetes.

Nah berikut merupakan beberapa minuman kekinian yang ternyata memilki kandungan gula sangat tinggi. Simak yuk biar hidupmu tambah sehat!

1. Boba

Salah satu jenis minuman kekinian itu menjadi primadona bagi kalangan milenial. Boba sendiri merupakan minuman impor yang berasal dari Taiwan.

Di negeri asalnya, Boba sudah dikenal sejak 20 tahun silam. Menurut Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), boba dibuat dari terigu yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi.

Untuk menikmati boba, biasanya bola-bola kenyal tersebut dicampur dengan minuman manis seperti kopi susu atau teh susu.

Satu gelas minuman yang memiliki boba bisa memilki kalori sebanyak 300 hingga 400. Karena dalam minuman tersebut ada rasa manis dari gula aren dan juga gula pasir. Belum lagi jika kamu menambahkan toping pudding ataupun jelly, maka kandungan gulanya juga akan bertambah lagi.

Bahkan menurut seorang ahli, kandungan dalam satu gelas minuman boba setara dengan 20 setengah sendok gula pasir. Padahal untuk orang sehat saja, maksimal hanya boleh mengonsumsi sebanyak 4 sendok gula pasir per hari.

Jika kamu mengonsumsi minuman tersebut rutin setiap hari, maka metabolisme tubuh juga akan terganggu. Karena kalorinya yang tinggi, dikhawatirkan kamub bisa terkena obesitas dan berujung pada diabetes.

(Baca juga: Hari Diabetes, Ini 5 Makanan Penurun Gula Darah!)
2. Jus Buah Kemasan

Selaian keranjingan boba, masyarakat milenial juga saat ini juga menggeluti gaya hidup sehat. Hal itu terlihat dari banyakna komunitas lari dan juga bermunculannya penjual minuman kesehatan seperti jus buah dan sayur.

Meminum segelas jus buah ataupun sayur memang sangat bagus untuk tubuh. Sepanjang kamu bisa memastikan bahwa buah dan juga sayuran tersebut masuk dalam kategori segar dan juga tidak menggunakan gula yang tinggi.

Selain itu, jika memang kamu ingin meminum jus buah, lebih baik membuatnya sendiri. Kurangi mengonsumsi jus buah kemasan. Karena kandungan gula yang ada dalam jus buah kemasan memiliki gula yang sangat tinggi.

Ditambah sebenarnya kandungan gula alami yang dimiliki buah-buahan sudah cukup tinggi. JIka ditambahkan gula lagi berpotensi meningkatkan kadar gula dalam darah nantinya

Jadi jika ingin sehat, konsumsi buah secara rutin dan mandiri. Jangan mengandalkan jus buah dalam kemasan. Kamu juga bisa lihat secara langsung di luar kemasa minuman tersebut, berapa kalori yang ada dari minuman tersebut.

3. Milkshake

Jenis minuman ini merupakan gabungan antara es krim dan juga sirup buah yang memilki kadar gula tinggi. Milkshake biasanya disajikan dengan beberapa blok es batu saat mengonsumsinya.

Perpaduan antara es krim yang sarat lemak dan juga sirup buah bakal menghasilkan kalori yang tinggi. Jika kamu konsumsi setiap hari, maka kamu juga bisa terancam mengalami obesitas.

Jadi bukannya melarang, kalau bisa dibuat interval waktu yang panjang untuk mengonsumsinya, seperti 1 minggu sekali atau 1 bukan sekali.

Kamu bisa memilih membuat smoothies ketimban milkshake. Karena dalam smoothies terdapat buah segar yang dipadukan dengan yogurt. Pilih juga yogurt yang plain alias tanpa gula. Jadi kamu bisa merasakan segarnya minum buah.

4. Kopi

Setiap pagi rasanya sangat nikmat menyeruput kopi hangat ditemani roti bakar. Namun ternyata kandungan yang ada dalam segelas kopi seperti frapuccino, cappuccino dan juga mocha memiliki kalori yang cukup tinggi.

Setiap gelasnya memiliki 500 hingga 650 kalori. Jumlah kalori yang lebih besar bisa ditemukan dalam kopi sachet.

(Baca juga: Bukan hanya Susu Kental Manis, Hal-hal ini bisa Jadi Pemicu Diabetes)
5. Minuman bersoda

Jenis minuman ini sudah banyak terbukti memicu terjadinya diabetes pada anak dan juga remaja. Bahkan jika kamu mengonsumsinya setiap hari selama 6 bulan, dapat meningkatkan lemak hati hingga 140%.

Selain itu lemak pada tulang juga bisa meningkat diatas 200% dan di tia organ tubuh bisa terjadi penabahan lemak hingga 30%.

Terpenting, minuman ini juga bisa meningkatkan kadar trigliserida kamu atau kadar lemak dalam darah.

Jadi hati-hati dalam memilih minuman yang enak dan sehat untuk tubuh. Karena rasa hanya sampai di mulut, tetapi sehat bisa dirasakan oleh seluruh organ tubuh.

Bertepatan dengan hari diabetes dunia yang jatuh pada tanggal 14 November ini, mulalilah merubah gaya hidup dan jaga pola makan kamu.

Supaya kamu bisa hidup lebih lama dan bisa menikmati keindahan dunia. Lengkapi dirimu dengan asuransi kesehatan supaya semua bisa berjalan dengan baik. Bingung beli produk yang mana? Akses CekAja.com

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit