Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Hari Disabilitas Internasional: 7 Tokoh Difabel yang Sukses di Bidangnya

by Sindhi Aderianti on 4 Desember, 2019

Tanggal 3 Desember merupakan Hari Penyandang Disabilitas Internasional. Peringatan ini digagas pertama kali oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di tahun 1992.

keuntungan tabungan emas

Dibentuknya hari istimewa bagi para difabel tentu memiliki tujuan agar tak ada lagi diskrminasi antara kaum disabilitas dengan orang lain yang secara fisik dan mental lebih sempurna. Pun demi memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di semua bidang.

Indonesia, Sudah Ramah Disabilitas Belum?

Pada kenyataannya, memang tidak semua orang memahami kebutuhan para difabel. Contoh paling sepele, fasilitas guiding block di trotoar jalan yang tertutup oleh pedagang kaki lima. Guiding block adalah satu-satunya jalur sebagai pemandu difabel dengan masalah penglihatan Jelas hal ini menunjukkan bahwa pemahaman masyarakat tentang disabilitas, khususnya di Indonesia masih sangat rendah.

Belum lagi soal ketersediaan lapangan kerja. Untuk bisa mendapat kesempatan bekerja, difabel tak jarang dianggap sebelah mata. Padahal, hal ini tertuang dalam Undang-undang No. 8 Tahun 2016 yang mengatur tentang hak bekerja kaum difabel. Undang-Undang tersebut mewajibkan Pemerintah, Pemerintah Daerah, BUMN, dan BUMD mempekerjakan penyandang disabilitas 2% dari total pegawai. Sementara untuk perusahaan swasta, juga tak luput dari kewajiban merekrut penyandang disabilitas 1% dari total pegawai. UU itu pun menuliskan bahwa terdapat insentif bagi perusahaan yang mempekerjakan penyandang disabilitas.

(Baca juga: 5 Ritual Harian yang Bisa Kamu Contek dari Orang-orang Sukses, Biar Nular!)
7 Tokoh Difabel Sukses

Setiap orang pasti ingin lahir dengan sempurna. Namun, kadang nasib berkata lain bagi sudara-saudara yang menyandang disabilitas. Mereka harus terlahir dalam kekurangan entah itu fisik ataupun mentalnya. Walau demikian, para difabel justru banyak yang akhirnya bangkit dari keterpurukan dan sukses berkarir hingga menginspirasi banyak orang.

Berikut 5 tokoh difabel yang berhasil membuktikan dunia kalau mereka juga layak diperhitungkan. Siapa sajakah mereka?

1. Stevie Wonder

Stevie Wonder - Hari Disabilitas Internasional 7 Tokoh Difabel yang Sukses di Bidangnya

Lahir prematur dengan pembuluh darah di belakang mata yang belum sempurna, Stevie Wonder harus mengidap kebutaan permanen. Namun kondisi ini tak lantas membuatnya putus asa. Memiliki passion di bidang musik, ia kemudian fokus mengasah talenta bernyanyinya sekaligus menciptakan lagu. Kini, siapa yang tak kenal dengan lagu-lagu hits karya pria berkulit hitam tersebut. Mula dari I Just Call to Say I Love You, Superstition, Sir Duke, dan You Are The Sunshine of My Life. Jika dihitung-hitung, Stevie telah merilis 23 album dan 100 single lagu. Atas pencapaian tersebut, ia pun berhasil menyabet 25 Grammy Award.

2. Nick Vujicic

Nick Vujicic - Hari Disabilitas Internasional 7 Tokoh Difabel yang Sukses di Bidangnya

Pria asal Australia ini menderita Tetra-amelia Syndrom yang membuat bagian tubuh untuk bergeraknya tidak bisa tumbuh. Ya, ia hidup tanpa kaki dan tangan seperti orang pada umumnya. Bullying selalu didapatnya selama mengenyam bangku sekolah. Namun siapa sangka, Nick berhasil menyelesaikan studinya hingga sarjana. Setelah lulus, ia pun mulai banyak memberi seminar motivasi dari satu negara ke negara lain. Ada lebih dari 50 negara yang sudah ia sambangi. Selain menjadi motivator ulung, Nick diketahui juga mendirikan organisasi nirlaba yang berfokus pada pengembangan orang difabel agar tetap semangat dan bisa mandiri.

3. Tony Melendes

Tony Melendes - Hari Disabilitas Internasional 7 Tokoh Difabel yang Sukses di Bidangnya

Lahir tanpa kedua tangan, Tony Melendez justru sangat mahir memainkan gitarnya hanya dengan kaki. Adapun penyebab kecacatan pria kebangsaan Nikaragua, Amerika Latin ini adalah obat Polithemaid, pereda mual yang diminum ibunya saat mengandung. Punya aktivitas sebagai misionaris, ia diketahui pernah memainkan gitarnya di depan Paus Yonanes Paulus II di Los Angeles pada tahun 1987. Berkat kemampuan luar biasanya pula Tony sukses menyabet penghargaan Inspirational Hero Award dari NFL Alumni Association di Miami dan Branson untuk kategori Best New Artist 1999.

4. Frida Kahlo

Frida Kahlo - Hari Disabilitas Internasional 7 Tokoh Difabel yang Sukses di Bidangnya

Penikmat seni mungkin tak asing lagi dengan nama seorang Frida Kahlo. Di balik karya yang dituangkannya dalam lukisan, ternyata wanita asal Meksiko ini menderita polio sejak berusia enam tahun. Kondisi tersebut membuat kaki kanannya lebih kecil dari yang sebelah kiri. Bahkan ia juga menderita spina bifida, suatu penyakit kelainan bawaan yang dapat mempengaruhi baik tulang belakang dan perkembangan kaki. Meski begitu, Kahlo mampu menjadikan dirinya sebagai salah satu pelukis paling dikagumi di dunia.

5. Anthony Robles

Anthony Robles - Hari Disabilitas Internasional 7 Tokoh Difabel yang Sukses di Bidangnya

Atlet gulat profesional ini hanya terlahir dengan satu kaki. Bahkan, ia tidak memiliki bonggol untuk memasang kaki palsu. Tapi hal tersebut bukan menjadi halangan baginya. Meski terlahir kurang sempurna, Robles justru berhasil memenangkan banyak kompetisi gulat internasional. Seperti pada kejuaraan NCAA 2010-2011 (National Collegiate Athletic Association), dalam kelas berat 125 pon. Atas aksinya yang secara menakjubkan bisa mengalahi pegulat non-disabilias, ia pun dianugerahi penghargaan Most Courageus Athlete Award.

6. Abdurrahman Wahid

Abdurrahman Wahid - Hari Disabilitas Internasional 7 Tokoh Difabel yang Sukses di Bidangnya

Dari Indonesia, Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur adalah salah satu penakluk momok yang selama ini tertuju pada kaum disabilitas. Ia menjabat sebagai Presiden Indonesia keempat setelah menggantikan BJ Habibie. Gus Dur dikenal tidak hanya karismatik dan cerdas dalam politik dan agama, namun juga dengan caranya yang tenang dalam menyikapi permasalahan. Ia menderita glaukoma sejak lama dan membuat kedua matanya mengalami gangguan penglihatan. Kondisi ini tak membuat pamornya redup. Selain memimpin negara, Gus Dur pun  membuat terobosan kebijakan yang populis, seperti mengakui agama Khonghucu dan mengizinkan perayaan hari raya Imlek.

(Baca juga: Kata Kata Motivasi Sukses Tokcer untuk Bangkitkan Semangatmu)
7. Angkie Yudistira

Angkie Yudistira - Hari Disabilitas Internasional 7 Tokoh Difabel yang Sukses di Bidangnya

Angkie Yudistira harus kehilangan pendengarannya akibat konsumsi antibiotik saat mengidap malaria di umur 10 tahun. Sempat terpuruk, namun akhirnya ia bangkit dengan tetap mengukir prestasi lewat perusahaan penyedia SDM disabilitas bernama Thisable Enterprise. Thisable Enterprise terlahir atas pengalaman betapa sulitnya ‘dianggap’ oleh masyarakat saat ingin berkarier meski berstatus difabel. Di sana, Angkie menjabat sebagai Founder dan CEO. Ia pun turut berkolaborasi dengan stakeholder dan perusahaan swasta untuk memberi kesempatan lebih bagi para difabel sepertinya. Berkat pengaruh besarnya tersebut, Angkie juga terpilih menjadi salah satu staf khusus presiden.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.