Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Hari Guru Nasional, Setuju Tidak Kalau Guru di Indonesia Diperlakukan Seperti di 5 Negara Ini?

by Rafly Aditia on 25 November, 2016

Selamat Hari Guru. Di Indonesia, profesi guru dipandang sebagai profesi yang benar-benar mengabdikan hidupnya untuk negara. Sayangnya, kesejahteraaan guru di negeri ini tidak begitu baik.

Namun, saati ini ada beberapa daerah di Indonesia mulai berusaha untuk memberikan kesejahteraan yang lebih layak untuk para guru. Upaya ini wajar saja karena di beberapa negara maju profesi guru sangat menyejahterakan. Bukan cuma sejahtera, tapi kamu bisa menjadi miliarder kalau jadi guru di 5 negara ini:

Kanada

Memiliki sebutan sebagai Negara Pecahan Es, Kanada merupakan negara paling utara yang berada di wilayah Amerika Utara. Perlu kamu ketahui, warga negara Kanada sangat mementingkan pendidikan dan selalu menuntut pemerintah untuk memfasilitasi mereka dengan sekolah berkualitas nomor satu.

Hebatnya, hal tersebut direspon secara positif oleh pemeritnah negara tersebut. Sistem pendidikan Kanada terbilang baik dan menjadi contoh bagi beberapa negara lainnya untuk mengembangkan pendidikan. Kalau kamu jadi guru di Kanada, pendapatan maksimal yang bisa didapatkan lebih dari US$ 70 ribu per tahun atau hampir mencapai Rp 1 miliar loh. (Baca juga: Trik Kelola Gaji Jadi Investasi)

Jerman

Memiliki teknologi canggih serta peradaban yang maju tentu bukanlah hasil yang instan. Sebagai salah satu negara di Eropa yang stabil dan memiliki teknologi terdepan, ternyata Jerman juga begitu konsentrasi dalam bidang pendidikan.

Hal ini dapat dilihat dari besarnya gaji guru di Jerman yang bisa mencapai lebih dari US$ 75 ribu atau setara dengan Rp 1,01 miliar per tahun.

Austria

Terkenal sebagai negara yang tentram dan punya sifat toleransi tinggi antar penduduknya, Austria juga sangat peduli dengan nasib para guru.

Pemerintah setempat menganggap bahwa guru yang merupakan pion terdepan dalam membangun negara begitu penting sehingga kesejahteraannya perlu diperhatikan. Gaji guru di Austria bisa mencapai US$ 78 ribu atau setara dengan Rp 1,05 miliar per tahun.

Korea Selatan

Korea Selatan menjadi satu-satunya negara dari benua Asia yang masuk dalam daftar kali ini. Negeri yang terkenal dengan Drama Korea serta K-Popnya tersebut ternyata menjadi salah satu negara yang sagat peduli dengan pendidikannya.

Hal tersebut dapat terlihat dari keseriusan pemerintah dalam menangani kesejahteraan para guru. Seorang guru di Korea Selatan bisa mendapatkan gaji lebih dari US$ 80 ribu atau setara Rp 1,08 miliar per tahun. (Baca juga: Kalau Kamu Mau Sukses Bisnis Online, Ini 3 Jenis Barang yang Banyak Dicari Orang Ketika Belanja Online)

Luksemburg

Apabila kamu mengabdi sebagai guru di Luksemburg, maka kaya raya dan banyak harta bukan sekedar mimpi kosong belaka.

Pasalnya, di negara yang satu ini kamu bakal mendapatkan gaji rata-rata sebesar US$ 80 ribu untuk guru pemula dan apabila berpengalaman lebih dari 15 tahun serta memiliki prestasi yang baik kamu bisa mendapatkan gaji hingga US$ 138 ribu atau setara dengan Rp 1,8 miliar per tahun.

Butuh tambahan modal usaha? Kenapa tidak manfaatkan fasilitas pinjaman tanpa agunan. Ajukan sekarang di sini

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami