Hari Hak Konsumen Sedunia, Berikan Pemahaman Untuk Jadi Konsumen Cerdas

Sebagai penggerak laju perekonomian yang sebenarnya, keberadaan konsumen memang patut untuk diapresiasi. Oleh karena itu, ditetapkanlah hari hak konsumen sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Maret.

Kesadaran dunia akan peran konsumen memang saat ini cukup tinggi. Karena tanpa konsumen, jelas laju ekonomi dan bisnis akan berhenti.

Tak hanya itu, hampir setiap produk pun memiliki layanan konsumen sendiri yang akan membantu konsumen untuk mengatasi masalah, keluhan, dan beragam hal terkait produk tersebut.

Ya, sejak tahun 1983, setiap tanggal 15 Maret kita merayakan hari hak konsumen sedunia. Mungkin masih ada yang belum tahu apa itu hari hak konsumen dunia.

Ini adalah hari dimana masyarakat dunia sebagai konsumen membangun kesadaran akan hak dan kewajibannya. Ini juga merupakan hari untuk menuntut agar hak konsumen dihormati dan dilindungi.

Jika kita membeli barang dan jasa untuk penggunaan pribadi, kita disebut dengan konsumen. Ada kemungkinan besar bahwa sebagai konsumen, kita mungkin pernah mengalami pengalaman buruk.

Mungkin kita membeli produk baru yang rusak dalam beberapa bulan setelah membelinya. Atau, mungkin kita mempekerjakan seseorang untuk melakukan suatu layanan tetapi mereka gagal memenuhi kebutuhan kita.

Nah kali ini kita akan berikan informasi mengenai hari hak konsumen sedunia agar lebih banyak masyarakat yang tahu akan hari hak konsumen dunia ini. Jadi jangan sampai dilewatkan ya!

(Baca Juga: Ketahui Hak Konsumen Cerdas)

Hari Hak Konsumen Dunia

Presiden John F Kennedy menginspirasi Hari Hak Konsumen Sedunia ketika ia mengirimkan pesan khusus kepada Kongres pada tanggal 15 Maret 1962. Pesan tersebut berkaitan dengan masalah hak konsumen.

Bertahun-tahun kemudian, pada tahun 1983, gerakan konsumen menandai tanggal tersebut sebagai Hari Hak Konsumen Sedunia.

Presiden kala itu beranggapan bahwa meskipun konsumen adalah komunitas yang paling banyak dan bisa mempengaruhi atau dipengaruhi kondisi ekonomi masyarakat, pendapat konsumen paling banyak diabaikan.

Maka dari itu presiden John F Kennedy untuk pertama kalinya ia merumuskan empat hak dasar konsumen:

  • Hak atas keselamatan
  • Hak untuk diinformasikan
  • Hak untuk memilih
  • Hak untuk didengarkan

Hari Hak Konsumen Sedunia diselenggarakan oleh Consumer International, sebuah federasi global organisasi konsumen yang didirikan pada tahun 1960 yang berfungsi sebagai suara independen dan berpengaruh bagi konsumen.

Sebagai konsumen pasti kita mengalami banyak pengalaman yang kurang menyenangkan. Namun, sebagian besar perusahaan mencoba menghindari pengalaman konsumen yang negatif, karena hal itu berdampak buruk pada bisnis mereka.

Mereka tahu bahwa mereka juga akan kehilangan pelanggan sebagai akibatnya. Di sebagian besar negara, ada undang-undang yang membantu melindungi hak konsumen.

Perusahaan ini harus mematuhi undang-undang ini termasuk di Indonesia. Hari hak konsumen dunia ini juga sebagai momentum bagaimana konsumen bisa lebih sadar apa hak-hak yang harus didapatkan dari produsen.

Di Indonesia hari hak konsumen dunia dirayakan dengan cara konsumen harus tau apa hak-haknya terutama untuk produk finansial. Mengapa begitu? Karena produk finansial adalah yang paling populer dan krusial.

Produk finansial itu sendiri ada banyak macamnya seperti asuransi, kartu kredit, produk investasi dan lainnya. Di Indonesia sudah banyak kasus yang merugikan konsumen karena salah paham akan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jadi dengan adanya hari hak konsumen dunia ini diharapkan kasus seperti ini bisa berkurang. 

Hak Konsumen Produk Finansial

Ada hak-hak konsumen yang harus didapatkan untuk produk-produk finansial yang semuanya diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan. Hak-hak itu antara lain:

1. Hak Untuk Mendapatkan Informasi Dengan Benar dan Jelas

Berperan sebagai konsumen, kita mesti mempunyai hak agar bisa mendapatkan informasi dengan benar dan sejelas-jelasnya mengenai produk keuangan itu. Dan untuk pelaku usaha jasa keuangan ini juga wajib memberikan semua informasi yang dibutuhkan kepada konsumennya agar tidak menyesatkan.

Kita selalu dianjurkan untuk membaca ketentuan dan syarat dengan benar dan jelas serta memahaminya sebelum memutuskan memilih salah satu produk keuangan tersebut. 

2. Hak Untuk Mendapat Perlakuan Adil

Setiap konsumen harus mendapatkan perlakuan yang adil dalam mengakses produk keuangan. Akses itu juga harus sesuai dengan klasifikasi yang ditentukan oleh penyedia produk keuangannya.

Misalnya saja kita sebagai konsumen akan membuat kartu kredit yang limitnya akan disesuaikan dengan penghasilan kita. 

3. Hak Mendapatkan Keamanan Data Pribadi

Salah satu topik yang memanas belakangan ini dalam produk keuangan adalah masalah keamanan data. Di hari hak konsumen dunia ini kita harus tahu bahwa keamanan data adalah hak kita sebagai konsumen.

Meskipun kita siap berbagi data dengan penyedia produk tapi seharusnya data pribadi kita tidak boleh keluar dari perusahaan penyedia produk dan membagikannya ke pihak ketiga.

4. Hak Pengajuan Aduan Ketika Ada Masalah

Bagi konsumen kadang tidak mendapatkan layanan atau produk yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk itulah kita berhak untuk mengajukan pengaduan kepada penyedia produk keuangan tersebut.

Perusahaan yang baik tentu akan mendengarkan keluhan kita atas produk yang tidak sesuai. Jika itu merupakan kesalahan dari perusahaan maka akan diselesaikan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Nah itu dia hak-hak yang perlu diketahui untuk konsumen di hari hak konsumen dunia sekarang ini mengenai produk keuangan. Setiap tahun, satu topik disorot dalam hari ini.

Tema Hari Hak Konsumen Sedunia 2021 adalah ‘mengatasi polusi plastik’. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang konsumsi dan praktik berkelanjutan yang berfokus pada produksi dan konsumsi plastik, yang menimbulkan masalah utama dalam pencemaran lingkungan.

Nah kita sebagai konsumen juga bisa merayakannya dengan lebih bijak lagi dalam menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Dan sebagai konsumen yang bijak, akan lebih baik jika kita memiliki asuransi.

Karena dengan asuransi, jaminan atas produk yang dimiliki akan lebih pasti. Dan kita juga akan menghindari kekecewaan jika belum lama produk rusak atau hilang.

(Baca Juga: Jurus Jitu Lepas Dari Jerat Utang Kartu Kredit)

Misalnya saja asuransi untuk properti, barang elektronik, atau kendaraan. Semua kini ada asuransi nya, dan kita bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaik, kamu bisa mengakses laman CekAja.com. Dan disana kamu bisa juga membandingkan asuransi mana yang cocok untukmu dan sesuai dengan kebutuhan.

Menariknya lagi, melalui CekAja.com kita bisa langsung apply asuransi tersebut, tanpa perlu bertemu dengan agen asuransi. Lebih mudah dan cepat kan?

Jadi tunggu apalagi? Yuk lakukan pendaftaran asuransi secara online melalui CekAja.com.