Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Hari Ini Registrasi Akun LTMPT Ditutup, Begini Cara Pilih Kampus dalam SNMPTN

by Miftahul Khoer on 7 January, 2020

Kuliah di perguruan tinggi negeri adalah impian hampir seluruh siswa-siswi kelas 12 atau SMA dan yang sederajat. Namun, sebelum bisa berkuliah di universitas negeri, ada tahap seleksi yang harus dilalui yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Nah, sebelum mengikuti ujian dan bersaing dengan ratusan ribu calon mahasiswa lainnya, kamu perlu membuat akun di portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang dibuka sejak 2 Desember 2019 lalu, dan akan ditutup hari ini, 7 Januari 2020.

Ketua LTMPT, Mohammad Nasih mengatakan, hingga Senin (6/1) siang, masih banyak sekolah dan siswa yang belum menyimpan data secara permanen. Konsekuensinya, bagi sekolah dan siswa yang tidak mempermanenkan data tidak bisa melakukan pendaftaran Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sebagai tahap berikutnya setelah siswa registrasi akun LTMPT.

Hingga kemarin, jumlah sekolah yang sudah mendaftar akun ada 20.694 sekolah. Jumlah akun sekolah aktif tercatat ada 19.750, dan jumlah sekolah yang sudah permanenkan data sebanyak 10.332 sekolah.

Sementara jumlah siswa yang sudah mendaftar akun LTMPT sebanyak 1.157.868 siswa. Jumlah akun siswa aktif ada 1.100.226 siswa, dan yang sudah permanenkan data ada 873.269 siswa.

Secara lengkap berikut adalah tahapan pelaksanaan SNMPTN 2020:

  1. Peluncuran Sistem PMB 2020: 15 November 2019
  2. Registrasi Akun LTMPT: 2 Desember 2019 – 07 Januari 2020
  3. Pengisian PDSS: 13 Januari – 06 Februari 2020
  4. Pemeringkatan Siswa oleh Sekolah: 13 Januari – 06 Februari 2020
  5. Pengumuman Siswa Eligible daftar SNMPTN: 13 Januari – 06 Februari 2020
  6. Pendaftaran SNMPTN: 11 – 25 Februari 2020
  7. Pengumuman Hasil SNMPTN: 04 April 2020 pukul 15.00 WIB
  8. Pendaftaran Ulang Peserta yang lulus SNMPTN: Sesuai masing-masing PTN

Untuk bisa lolos setiap tahapan seleksi ini, tentu membutuhkan usaha dan strategi yang tepat agar cita-cita kamu melanjutkan pendidikan di kampus negeri bisa tercapai.

(Baca juga: Pekerjaan Jurusan Ilmu Politik dengan Gaji Fantastis!)

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui seluk beluk dan strategi tepat dalam mengarungi tahap SNMPTN. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  • Pahami aturan dalam SNMPTN

Sebelum kamu memutuskan untuk ikut peruntungan dalam SNMPTN, kamu perlu tahu aturan yang ada dalam seleksi nasional tersebut. 

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah dalam SNMPTN, setiap peserta bisa memilih maksimal dua perguruan tinggi negeri (PTN) yang dituju untuk melanjutkan pendidikan. Salah satu dari PTN yang dituju harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asal peserta.

Kemudian setiap peserta bisa memilih maksimal hingga tiga program studi dalam SNMPTN dengan ketentuan satu PTN maksimal dua program studi dan satu program studi lagi di PTN tujuan lainnya.

  • Kuatkan pendirian dalam mengambil program studi tujuan

Sebelum lulus dari SMA, sudah saatnya kamu mulai menentukan tujuan hidup ke depannya dan apa target serta sasaran yang ingin dicapai. Karena target hidup ini yang bisa menentukan pilihan program studi di perguruna tinggi sebagai langkah awal menapaki masa depan idaman.

Apabila ada dua pilihan program studi yang membuat ragu, ada baiknya untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangan berkuliah di program studi tersebut. Buat daftar masing-masing kelebihan dan kekurangannya untuk mencari tahu mana yang lebih sesuai dengan tujuan hidup ke depannya.

Program studi prioritas tempatkan sebagai pilihan pertama, dan program studi lainnya bisa menjadi pilihan alternatif saat mendaftar.

Hal yang perlu dipahami adalah jangan memilih program studi hanya berdasarkan popularitasnya seperti misalnya program studi IT saat ini menjadi primadona lantas kamu ikut-ikutan mengambilnya meskipun tidak sesuai dengan minatmu. 

Dalam beberapa tahun ke depan biasanya akan muncul tren baru yang menggeser popularitas dari suatu program studi tersebut.

Pilihlah program studi berdasarkan keinginan ataupun bidang yang paling dikuasai sehingga pada saat kuliah nanti, kuliah akan terasa menyenangkan dan tidak merasa terjebak atau salah masuk jurusan. 

  • Pilih kampus tujuan setelah menentukan program studinya

Biasanya banyak peserta SNMPTN yang asal menentukan program studi, yang penting bisa kuliah di suatu kampus negeri favorit. Mungkin siswa-siswi SMA sering mendengar teman ataupun senior yang mengatakan hal tersebut, atau mungkin kamu salah satunya.

Seandainya kamu kuliah di program studi yang tidak kamu minati meskipun ada di kampus favorit, kuliah yang dijalani akan terasa membosankan dan juga bisa jadi tidak akan membantu banyak karir dan masa depan nanti.

Oleh karena itu, pertama-tama pilih program studi dulu, baru tentukan kampusnya. Ilmu dan keberhasilan bisa didapatkan di mana saja selama belajar maksimal dan sungguh-sungguh.

(Baca juga: Serba- serbi Cara Cek Nomor Induk Siswa Nasional via Online)

Sebelum menentukan kampus tujuan, kamu perlu menggali banyak informasi tentang kampus tersebut karena bisa berpengaruh pada besar kecilnya peluang masuk ke kampus tersebut.

Cari tahu daya tampung program studinya, daftar program studi apa saja yang tersedia, jumlah pendaftar dan jumlah yang diterima. Selain itu, perlu juga untuk mencari tahu lingkungan sekitar kampus tujuan untuk mempelajari budaya dan lingkungannya agar tidak terjadi culture shock setelah dinyatakan lulus untuk berkuliah nantinya.

  • Konsultasikan dengan orang tua atau guru 

Alangkah lebih baiknya dalam menentukan program studi dan kampus untuk melibatkan pendapat orang tua dan juga guru yang lebih berpengalaman. Saran-saran dari mereka akan bermanfaat dan juga edukatif untuk membantu kamu menjatuhkan pilihan.

Saran dari orang-orang terdekat dan berpengalaman juga bisa menguatkan pilihan yang akan kamu ambil nantinya.

  • Jangan lupa berdoa dan tetap optimis

Setelah kamu melakukan berbagai ikhtiar tersebut, selanjutnya adalah tumbuhkan rasa optimisme dan juga libatkan Tuhan dalam setiap gerak langkah hidup. Jangan lupa untuk berdoa dan beribadah agar diberikan kekuatan sehingga segala daya upaya yang dilakukan bisa membuahkan hasil positif.

Tidak semua orang bisa memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Apabila kamu memiliki kesempatan tersebut, manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menggapai masa depan yang gemilang.

Jangan khawatir soal biaya kuliah, karena kamu bisa meminta orang tua kamu untuk mencari pinjaman berupa Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang nominalnya disesuaikan dengan kemampuan. Kunjungi CekAja.com, dan pilih KTA yang sesuai dengan kebutuhan. Semangat!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.