Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Hari Kemerdekaan: Mengenang Jasa Pahlawan Sambil Jalan-jalan

by Tisyrin N. T on 16 Agustus, 2019

Hari Kemerdekaan Indonesia diperingati tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Salah satu cara menyenangkan yang bisa kita lakukan untuk merayakan Hari Kemerdekaan adalah dengan cara mengenang jasa para pahlawan. Bagaimana caramu merayakan Hari Kemerdekaan?

Mengenang Pahlawan

Kalau suka jalan-jalan, kita dapat mengunjungi tempat-tempat tertentu untuk mengenang perjuangan para pahlawan. Dengan begitu, kita juga sekaligus dapat mengenali dan memahami lebih jauh bagaimana mereka berjuang. Jika tidak ada mereka, mungkin kita tidak bisa merasakan kehidupan yang damai seperti sekarang ini bukan?

Syarat Jadi Pahlawan Nasional

Sebelum jalan-jalan, pahami dulu yuk seluk beluk tentang Pahlawan Nasional. Jadi, dari banyaknya pejuang di Indonesia, ada ratusan orang yang telah mendapatkan anugerah resmi sebagai Pahlawan Nasional. Terakhir pada November 2018, Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada 6 orang, sehingga jumlahnya menjadi 179 orang.

Jika menilik Undang-undang, masyarakat juga bisa turut terlibat dalam memilih Pahlawan Nasional. Namun, terdapat berbagai persyaratan bagi seseorang agar bisa mendapatkan predikat sebagai Pahlawan Nasional.

Syarat umumnya yaitu orang tersebut merupakan WNI, memiliki integritas moral dan keteladanan, berjasa untuk negara, berperilaku baik, setia pada negara, dan  tidak terjerat pidana. Selain syarat umum tersebut, ada pula syarat-syarat khususnya yaitu:

  1. Pernah memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.
  2. Tidak pernah menyerah pada musuh dalam perjuangan.
  3. Melakukan pengabdian dan perjuangan yang berlangsung hampir sepanjang hidupnya dan melebihi tugas yang diembannya.
  4. Pernah melahirkan gagasan atau pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara.
  5. Pernah menghasilkan karya besar yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas atau meningkatkan harkat dan martabat bangsa.
  6. Memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan yang tinggi; dan/atau melakukan perjuangan yang mempunyai jangkauan luas dan berdampak nasional.
(Baca juga: Menelusuri 7 Museum Ekstrim di Dunia)
Tempat-tempat untuk Mengenang Jasa Pahlawan

Umumnya, masyarakat merayakan Agustusan lewat berbagai perlombaan. Kalau kita ingin merayakan Hari Kemerdekaan dengan cara yang gak mainstream, cobalah untuk mengenang jasa para pahlawan. Untuk mengenang jasa para pahlawan di bulan Kemerdekaan, ini beberapa rekomendasi tempat yang bisa kita kunjungi:

  • Museum Joang 45

Museum Joang 45 terletak di dalam Gedung Joang ’45 di Jalan Menteng Raya 31, Jakarta. Tempat ini akan membawa kita pada sejarah mengenai berbagai peristiwa menjelang kemerdekaan. Seperti umumnya museum, kita dapat menikmati sejarah lewat koleksi museum yang berupa lukisan diorama, foto-foto hingga patung.  Museum ini juga punya beragam fasilitas mulai dari ruangan bioskop yang menayangkan berbagai film dengan tema perjuangan, perpustakaan, hingga children room.

  • Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan Tugu Proklamasi

Seperti namanya, Museum Perumusan Naskah Proklamasi akan membawa pengunjung untuk mengenang proses perumusan naskah proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Proses perumusan naskah proklamasi melibatkan para tokoh seperti Soekarno, Moh. Hatta, dan Sayuti Melik.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi ada di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta. Untuk mengenang peristiwa proklamasi, kita juga bisa mendatangi Tugu Proklamasi di Jalan Proklamasi yang masih berada di kawasan Menteng.

  • Museum PETA

Museum PETA berlokasi di di Jalan Jenderal Sudirman No.35, Pabaton, Bogor Tengah, Kota Bogor. Museum PETA diresmikan pada tanggal 18 Desember 1995 oleh H. M. Soeharto. Museum ini didedikasikan khusus untuk para prajurit PETA. Tentara Sukarela Pembela Tanah Air (PETA) memang terlahir di Kota Bogor.

Bogor juga menjadi lokasi Jawa Boei Giyugun Kanbu Kyo Iku Tai (Pusat Pendidikan Perwira Tentara Sukarela Pembela Tanah Air di Jawa). Pada tanggal 19 Oktober 1995, Bogor ditetapkan sebagai Kota PETA melalui surat keputusan DPRD Kotamadya Tingkat II Bogor Nomor.3/kep/DPRD/1995.

  • TMPN Utama Kalibata

Meski berupa makam, Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata atau TMPN Utama Kalibata menarik untuk dikunjungi. TMPN Utama Kalibata berlokasi di Kalibata, Jakarta Selatan. Kita bisa berziarah ke sana untuk mendoakan mereka yang telah berjasa pada negara ini. 

Terdapat ribuan korban militer dan para veteran dari perang kemerdekaan yang dimakamkan di TMPN Utama Kalibata. Mantan Ibu Negara Ainun Habibie serta Ani Yudhoyono juga dikebumikan di tempat ini. 

  • Monumen Bambu Runcing

Pasti kita semua tahu, bahwa bambu runcing adalah senjata tradisional yang digunakan oleh para pejuang untuk berperang melawan penjajah. Nah, di Kota Surabaya terdapat Monumen Bambu Runcing yang di sekitarnya terdapat taman kecil. Kalau penasaran, bisa mendatanginya di Jalan Panglima Sudirman.  

  • Museum 10 November dan Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan dan Museum 10 November berada dalam satu area. Keduanya dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Kala itu, pasukan Indonesia berjuang melawan pasukan sekutu. Pengunjung bisa melihat diorama, patung, senjata, hingga foto-foto yang menggambarkan peristiwa 10 November 1945.

(Baca juga: Bambu Getah Getih Dibongkar Habis, 3 Seni Instalasi Ini Justru Makin Ramai Pengunjung)

Yuk jalan-jalan! Eits, jangan lupa ya kalau senang menjelajah ke berbagai tempat baru di Indonesia atau bahkan seluruh dunia, pastikan dirimu terlindungi oleh asuransi perjalanan terbaik. Cek pilihannya di CekAja.com!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami