Hari Kesehatan Internasional beserta Fakta Menariknya, Yuk Simak!

Tahukah kamu, kalau hari ini tepatnya 7 April 2021 merupakan Hari Kesehatan Internasional, atau yang juga dikenal dengan Hari Kesehatan Sedunia. Setiap tahunnya, Hari Kesehatan Internasional diperingati dengan tema yang berbeda.

Hari Kesehatan Internasional beserta Fakta Menariknya, Yuk Simak!

Untuk tahun ini, Hari Kesehatan Internasional mengusung tema “Building a fairer, healthier world for everyone”, atau dalam bahasa Indonesianya membangun dunia yang lebih adil dan sehat untuk semua orang.

Jadi intinya, tema yang diangkat tahun ini lebih ditujukan untuk mengajak setiap individu, agar ikut berpartisipasi dalam kampanye membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat.

Namun dibalik tema Hari Kesehatan Internasional yang diangkat tahun ini, sebenarnya ada sejumlah fakta menarik yang perlu kamu ketahui.

Daripada penasaran, langsung saja pada artikel kali ini CekAja.com ulas semua fakta menariknya, beserta informasi lainnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Seputar Hari Kesehatan Internasional

Sebelum membahas lebih jauh tentang fakta menarik Hari Kesehatan Internasional, ada baiknya kamu ketahui dahulu informasi dasar seputar Hari Kesehatan Internasional.

Jadi, Hari Kesehatan Internasional atau yang juga dikenal dengan Hari Kesehatan Sedunia, merupakan hari perayaan yang dilakukan untuk menandai pendirian organisasi kesehatan dunia, atau World Health Organization (WHO) pada 1948.

Di tahun tersebut, WHO untuk pertama kalinya mengadakan Majelis Kesehatan Dunia. Yang mana, salah satu agendanya yaitu memutuskan tujuh April sebagai Hari Kesehatan Dunia.

Sejak penetapan tanggal itu, Hari Kesehatan Internasional akhirnya pertama kali dirayakan pada tahun 1950.

Buat kamu yang belum tahu, WHO adalah badan khusus milik Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang bekerja dan memiliki tugas untuk mengatasi kesehatan masyarakat di dunia.

Untuk kantor pusatnya sendiri, WHO terletak di Jenewa, Swiss. Namun, WHO memiliki berbagai kantor semi-otonom dan 150 kantor lapangan yang tersebar di seluruh dunia.

Selama 50 tahun terakhir, WHO ternyata sudah mengangkat berbagai masalah kesehatan yang sangat penting, di antaranya yaitu mengenai kesehatan mental, perubahan iklim, hingga perawatan ibu dan anak.

(Baca Juga: Daftar Asuransi Kesehatan Terbaik)

Fakta Menarik Hari Kesehatan Internasional

Fakta Menarik - Hari Kesehatan Internasional

Berbicara tentang Hari Kesehatan Internasional, sebenarnya terdapat fakta menarik yang perlu kamu ketahui, salah satunya yaitu seputar tema yang diangkat untuk tahun ini.

Seperti yang diketahui, tema Hari Kesehatan Internasional untuk tahun ini, yaitu “Building a fairer, healthier world for everyone”.

Tema yang dalam bahasa Indonesia “Membangun dunia yang lebih adil dan sehat untuk semua orang” ini, pada dasarnya diangkat untuk mengajak setiap individu di dunia, agar turut berpartisipasi dalam kampanye membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat.

Pasalnya, menurut penuturan WHO, ada sejumlah kelompok di dunia yang berjuang untuk memenuhi kebutuhannya, walaupun hanya dengan pendapatan harian yang sedikit, kondisi pendidikan dan tempat tinggal yang jauh dari kata layak, sedikitnya peluang kerja, hingga mengalami ketidaksetaraan gender.

Belum selesai sampai disitu, sejumlah kelompok itu pun tidak memiliki akses ke lingkungan yang aman, air dan udara yang bersih, ketahanan pangan serta layanan kesehatan.

Tidak adanya akses dan kesempatan itulah, yang membuat sejumlah kelompok tersebut mengalami penderitaan, menerima penyakit yang seharusnya bisa dihindari, bahkan harus mengalami kematian dini.

Itu semua, sejatinya akan merugikan masyarakat dan perekonomian dunia, tidak terkecuali Indonesia.

Maka dari itu, diangkatnya tema Hari Kesehatan Internasional, dimanfaatkan sebagai sebuah kesempatan untuk mengajak setiap individu di dunia, ikut andil dalam kampanye membangun dunia yang lebih adil dan sehat.

Sebab, apa yang sedang terjadi pada sejumlah kelompok saat ini sangat tidak adil. Tetapi, itu semua bisa dicegah agar tidak berkelanjutan.

Cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan meminta para pemimpin agar ikut memastikan bahwa setiap individu memiliki kondisi hidup, pekerjaan dan kesehatan yang baik.

Selain itu, disaat yang bersamaan pula, WHO mendesak para pemimpin untuk segera melakukan pemantauan terhadap orang-orang yang masih tidak mendapat keadilan kesehatan.

Dengan harapan, agar nantinya orang-orang tersebut bisa mengakses layanan kesehatan terbaik dan berkualitas, kapanpun dan dimanapun mereka membutuhkannya.

Apalagi, semenjak pandemi Covid-19 hadir dan menyerang sebagian besar negara dan penduduknya, kesehatan masyarakat semakin lemah.

Tentunya, hal itu sangat mendorong banyak orang ke dalam kerawanan pangan, kemiskinan, memperburuk kondisi ketidaksetaraan gender, kesehatan dan sosial.

Adapun orang-orang yang semakin terdorong adalah mereka yang kelompok yang pada dasarnya sudah rentan, dan masuk ke komunitas “miskin”.

Mereka akan lebih berpotensi terpapar penyakit, tidak memiliki akses ke layanan kesehatan yang berkualitas, bahkan dalam kondisi terburuknya akan menerima konsekuensi yang merugikan, sebagai hasil dari tindakan yang dilakukan untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Cara Memperingati Hari Kesehatan Internasional

Setelah mengetahui informasi dasar dan fakta unik seputar Hari Kesehatan Internasional, maka selanjutnya kamu akan mengetahui cara memperingatinya.

Yang sebenarnya, ada banyak cara untuk memperingati Hari Kesehatan Internasional, beberapa di antaranya yaitu:

1. Melakukan diskusi komunitas

diskusi komunitas - Hari Kesehatan Internasional

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Kesehatan Internasional, yaitu dengan berdiskusi bersama komunitas.

WHO dalam hal ini menawarkan perangkat informasi gratis, yang bisa digunakan untuk menyelenggarakan diskusi.

Nah, kamu bersama teman atau komunitas bisa mengadakan diskusi online, maupun hanya percakapan ringan biasa melalui perangkat informasi gratis yang disediakan, untuk membahas tentang Hari Kesehatan Internasional.

2. Mengucapkan terima kasih kepada keluarga dan tetangga

keluarga - Hari Kesehatan Internasional

Selain melakukan diskusi komunitas, kamu juga bisa loh mengucapkan terima kasih kepada keluarga dan tetangga, sebagai salah satu cara merayakan Hari Kesehatan Internasional.

Ucapan terima kasih tersebut, bisa kamu berikan dalam bentuk yang lebih menarik, seperti melalui pemberian bunga, hadiah, maupun hal-hal sederhana seperti menunjukkan sikap yang baik.

3. Membaca tema Hari Kesehatan Internasional tahun-tahun sebelumnya

Membaca - Hari Kesehatan Internasional

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan membaca tema-tema Hari Kesehatan Internasional tahun-tahun sebelumnya.

Mengingat, peringatan Hari Kesehatan Internasional setiap tahunnya mengangkat suatu tema yang menarik.

Apalagi, sudah lebih dari 50 tahun hari kesehatan, tentunya ada banyak informasi menarik yang relevan dengan informasi-informasi sebelumnya.

(Baca Juga: Asuransi Kesehatan Perorangan)

Itulah beberapa informasi seputar Hari Kesehatan Internasional, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Dari sejumlah informasi yang sudah kamu ketahui, mungkin akan semakin bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki saat ini, seperti misalnya kehidupan yang layak, akses pendidikan serta kesehatan yang mudah, dan lain sebagainya.

Bisa dibilang, itu semua adalah nikmat yang patut disyukuri dengan baik, karena ternyata tidak semua orang bisa mendapatkan hal tersebut, termasuk hidup yang sehat dan layak.

Untuk itu, jika kamu saat ini berada dalam kondisi yang sehat, pastikan jaga tubuhmu dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit.

Selain itu, kamu juga sebaiknya turut melindungi diri dengan asuransi kesehatan, untuk mencegah terjadinya risiko kesehatan yang tidak terduga.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, apabila nantinya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada kesehatanmu, maka asuransi akan menanggung semua biayanya, dan kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayarkan.

Bagaimana, sangat menyenangkan bukan jika memiliki asuransi kesehatan? Untuk itu, buat kamu yang hingga saat ini belum melindungi diri dengan asuransi kesehatan, yuk segera ajukan melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga!