Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Hari Orangutan Sedunia: Mengenal Lebih Jauh si Kera Besar di Habitatnya

by Tisyrin N. T on 20 Agustus, 2019

Tahukah kamu Hari Orangutan Sedunia diperingati setiap tanggal 19 Agustus? Peringatan tersebut bertujuan untuk menjaga kelestarian orangutan mengingat satwa ini terancam punah. Nah, untuk mengenal lebih jauh orangutan, kamu bisa mengunjungi habitat mereka langsung dan mengamati kehidupannya!

orangutan

Orangutan memang sangat menarik, salah satu alasannya karena orangutan adalah spesies kera besar yang disebut-sebut paling mirip dengan manusia. Terbukti, sebanyak 97 persen DNA orangutan serupa dengan manusia.

Jenis-jenis Orangutan di Indonesia

Mengutip situs WWF Indonesia, terdapat dua jenis spesies orangutan di Indonesia yaitu Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) dan Orangutan Sumatera (Pongo abelii). Orangutan Kalimantan memiliki tiga subspesies, yakni Pongo pygmaeus pygmaeus, Pongo pygmaeus wrumbii, dan Pongo pygmaeus morio.

Orangutan Kalimantan dan Sumatera punya beberapa perbedaan, salah satunya dari bentuk wajah orangutan jantan dewasa. Orangutan Kalimantan punya bantalan pipi berbentuk melebar, sedangkan orangutan Sumatera bantalan pipinya menggelambir ke bawah. Dagu orangutan Sumatera juga terlihat lebih panjang.

Untuk ukuran tubuhnya, orangutan Sumatera jantan memiliki bobot maksimal 90 kg. Sedangkan Orangutan Kalimantan jantan punya bobot maksimal 150 kg. Warna bulunya pun berbeda, karena orangutan Sumatera berwarna cokelat oranye, sedangkan orangutan Kalimantan cokelat gelap. Bulu orangutan Sumatera lebih tebal dari orangutan Kalimantan.

Belakangan terdapat penemuan spesies baru orangutan yaitu orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis). Spesies ini kabarnya hanya dapat ditemukan di bentang alam Batang Toru Sumatera Utara di Tapanuli. Spesies ini bulunya keriting serta punya kumis dan jumlahnya sangat sedikit yaitu sekitar 800 saja.

(Baca juga: Menikmati Hutan Wisata Tersembunyi di Batam!)
Populasi Orangutan di Indonesia

Orangutan adalah satwa yang dilindungi berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya serta Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Hasil kajian Population and Habitat Viability Assessment (PHVA) tahun 2016 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memperkirakan terdapat 71.820 orangutan di Pulau Sumatera dan Borneo. Dari jumlah tersebut, sebanyak 57.350 orangutan di Kalimantan, sementara orangutan di Sumatra hanya berjumlah 14.470 ekor.

Demi keberlanjutan ekosistem, sudah selayaknya untuk menjaga kelestarian orangutan. Peran penting orangutan di alam antara lain membantu penyebaran biji-bijian di hutan. Cara untuk melestarikan keberadaan orangutan salah satunya dengan menyelamatkan habitatnya. Karena, tak sedikit orangutan yang kehidupannya terancam karena deforestasi hutan menjadi perkebunan sawit.

(Baca juga: Menikmati Wisata Pantai, Hutan, Sampai Gurun Pasir di Bintan)
Berinteraksi dengan Orangutan di Habitatnya

Nah, kalau kamu tertarik melihat langsung orangutan di habitatnya, terdapat beberapa tempat terbaik yang bisa kamu kunjungi di Indonesia. Tempat pertama yang paling populer adalah Taman Nasional Tanjung Putting.  Selain Taman Nasional Tanjung Puting, masih ada beberapa tempat lain yang bisa kamu datangi jika ingin melihat orangutan secara langsung.

Di Taman Nasional Tanjung Puting, terdapat konservasi orangutan terbesar di dunia. Jadi, dapat dikatakan, Taman Nasional Tanjung Puting yang berlokasi di Kalimantan Tengah adalah tempat terbaik untuk melihat orangutan. Kamu dapat melihat para petugas memberi makan orangutan pada jam-jam tertentu.

Untuk menuju Taman Nasional Tanjung Puting, kamu bisa terbang ke Pangkalan Bun. Kemudian lanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Kumai. Perjalanan dapat dilanjutkan dengan naik klotok, perahu tradisional Kalimantan. Perahu klotok juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti tempat tidur karena sekaligus akan jadi tempat menginap. Seru ya!

Selanjutnya, ada Taman Nasional Betung Kerihun yang berlokasi di Kalimantan Barat. Jika ingin melihat orangutan liar di tempat ini, biasanya akan dipandu oleh penduduk setempat. Masih di Kalimantan, tempat lainnya untuk melihat orang utan adalah Taman Nasional Kutai. Taman Nasional Kutai belum punya area khusus untuk konservasi. Jadi, orangutan dibiarkan hidup di alam bebas.

Tempat lain yang tak kalah menarik adalah Taman Nasional Gunung Leuser. Jika ketiga tempat sebelumnya berada di Kalimantan, Taman Nasional Gunung Leuser ada di Pulau Sumatera, tepatnya di dua wilayah yaitu Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Salah satu lokasi konservasi orangutan di Taman Nasional Gunung Leuser yaitu Bukit Lawang.

Nah, kalau kamu tertarik untuk menjelajah ke tempat-tempat unik di seluruh dunia termasuk habitat orangutan, jangan lupakan asuransi perjalanan ya! Cek pilihannya di CekAja.com!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami