Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Hari Santri Nasional: Ini Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan Pesantren

by Miftahul Khoer on 22 Oktober, 2018

Pemerintah telah menetapkan Hari Santri Nasional jatuh pada tanggal 22 Oktober. Penetapan ini dilakukan sejak 2015 lalu. Artinya perayaan Hari Santri Nasional sudah menginjak tahun keempat pada tahun ini. Saat ini, semakin banyak anak muda yang melanjutkan pendidikan di pesantren. Simak beberapa pekerjaan yang cocok untuk lulusan pesantren!

Santri sendiri adalah seseorang yang mendalami ilmu agama Islam. Biasanya seorang santri identik dengan belajar ilmu di sebuah pesantren. Ia bisa mulai belajar sejak duduk di bangku SD hingga SMA. Bahkan bisa terus menimba ilmu meski sudah lulus SMA.

Namun, banyak yang meragukan bahwa lulusan pesantren bisa bersaing dengan sekolah umum. Latar belakang ilmu-ilmu yang diajarkan di pesantren tidak bermanfaat bagi dunia kerja dibanding sekolah umum.

Eits, jangan salah. Lulusan pesantren juga tidak kalah dengan para lulusan sekolah umum. Para santri ini juga banyak yang berbakat di banyak bidang. Penasaran apa saja pekerjaan yang cocok untuk lulusan pesantren!? Yuk cek!

(Baca juga: Wow! Jumlah Pelamar CPNS 2018 Terbanyak Sepanjang Sejarah!)
Ahli agama

Tak bisa dipungkiri seorang santri lulusan pesantren sudah pasti banyak ilmunya. Apalagi kalau nyantri bertahun-tahun di pesantren. Kalau sudah banyak ilmu, jangan khawatir soal pekerjaan. Di luaran sana sudah pasti banyak orang yang membutuhkan.

Anda bisa menjadi seorang ahli agama, dai, ustad hingga kyai jika ilmu yang diperoleh selama di pesantren sudah mumpuni. Bayangkan saja, bermacam kitab Anda sudah pelajari. Artinya ilmu-ilmu yang Anda dapatkan bisa diajarkan kembali kepada masyarakat.

Bukan tidak mungkin Anda juga akan dipercaya untuk mengelola sebuah pesantren baru atau bahkan meneruskan untuk mengurus pesantren yang sebelumnya. Belum lagi bakal banyak orang yang mengundang Anda untuk mengisi ceramah-ceramah.

Namun, jangan sampai profesi ini Anda gunakan hanya semata untuk mencari materi. Karena seorang ahli agama sebaiknya mengajarkan kebaikan dan mentransfer ilmu kepada masyarakat, bukan untuk mencari uang atas ilmu yang dimiliknya.

Guru profesional

Sudah menjadi hal umum jika para santri terutama lulusan para pesantren banyak menjadi guru. Bidang yang diampu tak lain tentu saja guru agama. Biasanya para lulusan pesantren ini dibutuhkan untuk guru ngaji di mesjid, sekolah atau di pesantren itu sendiri.

Menjadi guru, selain sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, juga punya peluang menjadi seorang pegawai negeri sipil (PNS). Maka, jangan menyerah untuk terus menjadi guru yang bermanfaat bagi masyarakat.

(Baca juga: Kuliah Jurusan IT? Ini 5 Pekerjaan yang Bisa Didapat)
Pengajar private

Apakah santri lulusan pesantren bisa menjadi guru private? Tentu sangat bisa. Saat ini banyak keluarga yang membutuhkan bukan hanya guru ilmu pengetahuan umum, tetapi juga sangat membutuhkan pengajar-pengajar ilmu agama.

Di kota-kota besar, cukup banyak masyarakat yang sibuk dengan urusan kerjanya, sehingga mereka  membutuhkan pengajar agama yang didatangkan ke rumah ketimbang mereka sendiri yang datang ke pengajian.

Ini menjadi peluang cukup bagus bagi para santri lulusan pesantren yang ingin mengabdi kepada masyarakat sekaligus juga mencari penghasilan. Tetapi sebaiknya, seperti dikatakan di atas, mengabdi kepada masyarakat harus lebih diprioritaskan ketimbang hanya mencari uang.

(Baca juga: Mengenal Coworking Space Lebih Dekat)
Seniman

Masa iya santri lulusan pesantren bisa jadi seniman? Ya, selain belajar tentang ilmu-ilmu agama, para santri juga biasanya belajar tentang seni, kaligrafi hingga sastra.

Para santri tentu tak asing dengan sholawat-sholawat yang setiap harinya dilantunkan. Bahkan saat ini pamor sholawat sedang populer seiring banyak aransemen lagu yang menyasar lirik-lirik sholawat.

Salah satu santri yang tengah naik daun saat ini adalah Gus Azmi Askandar, seorang santri yang sering diundang ke mana-mana untuk melantunkan sholawat.

Selain itu, ada juga santri yang menjadi seniman seperti Acep Zamzam Noor yang sering diundang ke luar negeri untuk membacakan karya-karya puisinya. Selain Acep, ada juga santri sekaligus pemilik pondok pesantren yang juga seorang penyair, yakni Gus Mus.

Jadi, bagi Anda yang sedang nyantri di pesantren, jangan khawatir soal karir ke depan. Karena masih banyak peluang karir yang bisa Anda raih dari seorang lulusan pesantren.

Ingat, tak sedikit juga para miliarder atau pejabat yang dulunya adalah santri. Bahkan saat ini banyak santri lulusan pesantren yang menjadi pucuk-pucuk pimpinan partai politik atau anggota legislatif. Semoga saja mereka bisa lebih amanah. Selamat Hari Santri Nasional 2018.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.