Hari Tari Sedunia: Ini 5 Tarian Indonesia yang Sudah Mancanegara

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Hari ini, tepatnya Rabu (29/4) merupakan peringatan Hari Tari Sedunia atau yang juga dikenal dengan Hari Tari Internasional. Di mana, hari ini seharusnya menjadi perayaan tari global bagi seluruh penari hingga koreografer sedunia, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, dalam rangka memperingati Hari Tari Sedunia, CekAja.com pada kesempatan kali ini akan mengulas beberapa tarian Indonesia yang sudah mancanegara.

Hari Tari Sedunia: Ini 5 Tarian Indonesia yang Sudah Mancanegara

Sejarah Hadirnya Hari Tari Sedunia

Pada pembahasan di atas kamu sudah sedikit mengetahui tentang Hari Tari Sedunia. Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang apa saja tarian Indonesia yang sudah mancanegara, ada baiknya jika kamu terlebih dahulu mengetahui sejarah hadirnya Hari Tari Sedunia.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Hari Tari Sedunia diperingati setiap tanggal 29 April. Jatuhnya tanggal tersebut ditetapkan oleh Komite tari dari International Institute (ITI), yang merupakan mitra utama untuk seni pertunjukkan UNESCO.

Tidak hanya itu, tanggal 29 April juga merupakan peringatan atas kelahiran pencipta balet modern yang bernama Jean-Georges Noverre pada 1727. Dengan adanya peringatan tersebut, maka setiap tanggal 29 April dilangsungkan perayaan atas Hari Tari Internasional.

Tujuan dari diadakannya perayaan tersebut adalah untuk mendorong partisipasi serta pendidikan dunia dalam tarian, melalui acara-acara serta festival yang memang diselenggarakan di seluruh dunia pada tanggal tersebut.

Selaku pencetus dan penyelanggara acara, ITI sudah diakui secara resmi oleh UNESCO. Oleh karena itu, setiap tahunnya ITI turut mengundang para anggotanya bersama dengan sejumlah penari, mahasiswa tari, koreografer hingga penggemarnya untuk bergabung ke dalam Perayaan Gala bersama mereka.

Kegiatan Hari Tari Sedunia

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya, kalau peringatan Hari Tari Sedunia biasanya akan dirayakan dalam bentuk Perayaan Gala oleh Institute International (ITI). Dan umumnya, lokasi Perayaan Gala akan ditentukan oleh Dewan Eksekutif Institut Teater Internasional.

Untuk kota yang terpilih oleh Dewan Eksekutif Institut Teater Internasional, maka kota tersebut sudah ditetapkan sebagai tuan rumah untuk acara Perayaan Gala. Seperti misalnya pada 2017, Shanghai, China terpilih sebagai lokasi Perayaan Gala tahun itu.

Pada saat itu, Perayaan Gala dirayakan selama tiga hari, yang tentunya dengan berbagai macam kegiatan, seperti pertunjukkan tari dengan kualitas tinggi dari seluruh dunia, kemudian pidato utama, pertunjukkan dari para siswa tari hingga pembacaan pesan untuk Perayaan Gala tahun itu.

Belum selesai sampai disitu, di akhir acara tepatnya pada malam hari akan dilangsungkan acara pertunjukkan. Di mana, acara pertunjukkan tersebut merupakan acara utama dari keseluruhan rangkaian acara Perayaan Gala.

Tidak hanya itu, pertunjukan yang digelar pun sedikit berbeda. Sebab, mengandung aspek-aspek kemanusiaan, yang sebagian besar fokusnya lebih tertuju pada perayaan prestasi para penari yang memiliki kekurangan fisik (cacat), serta mendorong mereka untuk terus menari.

Sejatinya, Perayaan Gala yang diadakan selama tiga hari di Shanghai, China pada 2017 tersebut, lebih menekankan pada pendidikan seni tari melalui lokakarya serta presentasi tari yang dipimpin oleh para profesional tari internasional.

Kemudian, di luar Perayaan Gala itu sendiri, Pusat ITI di seluruh dunia didorong untuk mengadakan pendidikan khusus, pertunjukkan tari dan festival serta dorongan kemanusiaan sebagai upaya dalam memperingati Hari Tari Sedunia.

(Baca Juga: 34 Tari Tradisional Asal Indonesia)

5 Tarian Indonesia yang Sudah Mancanegara

Melihat pembahasan di atas, tentu kamu sudah mengetahui sedikit tentang sejarah diciptakannya Hari Tari Sedunia dan apa saja kegiatan yang dilaksanakan.

Kalau berbicara seputar tari, setiap negara bahkan setiap daerah termasuk Indonesia sudah pasti memiliki tari tradisionalnya sendiri. Beberapa dari tari tradisional tersebut bahkan ada yang sudah terkenal di mancanegara.

Lantas, untuk Indonesia sendiri, apa saja tarian Indonesia yang sudah mancanegara? Oleh karena itu di bawah ini CekAja.com telah merangkum lima tarian Indonesia yang sudah mancanegara khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

1. Tari Kecak

Tari Kecak - Hari Tari Sedunia Ini 5 Tarian Indonesia yang Sudah Mancanegara

Tarian Indonesia yang sudah mancanegara yang pertama adalah Tari Kecak. Tari tradisional yang berasal dari Bali ini merupakan tarian hasil kolaborasi antara seniman Bali bernama Wayan Limbak dengan pelukis asal Jerman.

Menariknya, terciptanya tari kecak karena Wayan Limbak terinspirasi dari tradisi sang hyang serta bagian-bagian yang terdapat pada cerita Ramayana. Untuk bisa menarikan tari kecak ini, umumnya dibutuhkan sebanyak 50 hingga 150 penari pria.

Durasi untuk tari kecak sendiri yaitu berkisar 45 sampai dengan 60 menit. Sepanjang itu, para penari akan diiringi dengan lagu pengiring. Namun uniknya, lagu pengiring tersebut dominan mengeksposisi instrumen vokal dari para penarinya dengan bunyi cak cak cak.

Sembari melantunkan nada cak cak cak, para penari tersebut juga mengangkat kedua tangannya untuk mengiringi cerita Ramayana yang sedang dibawakan melalui tarian. Cerita Ramayana sendiri merupakan cerita utama dalam tarian kecak ini.

Salah satu sumber ceritanya adalah kisah penculikan Dewi Shinta yang dilakukan oleh Raja Rahwana dari negeri Alengka. Selain menceritakan kisah Ramayana, tari kecak juga menampilkan tari sang Hyang Widodari dan tari sang Hyang Jaran sebagai penutup dari rangkaian tari kecak.

Tari kecak juga kerap kali ditampilkan pada beberapa acara internasional di beberapa negara di dunia. Maka dari itu, tidak heran apabila tari kecak menjadi salah satu tarian Indonesia yang sudah mancanegara.

2. Tari Saman

Tari Saman - Hari Tari Sedunia Ini 5 Tarian Indonesia yang Sudah Mancanegara

Tarian Indonesia yang sudah mancanegara kedua adalah Tari Saman. Tari tradisional yang berasal dari daerah Nanggroe Aceh Darussalam ini memiliki koreografi yang sangat unik dan menakjubkan.

Pasalnya, tarian ini mengajak para penarinya untuk bergerak secara serentak mengikuti alunan irama yang harmonis serta gerakan yang teratur. Melalui gerakan tersebut, para penari terlihat seolah-olah hanya digerakan oleh satu tubuh yang terus menari mengikuti dendang lagu.

Gerakan dari tari saman sendiri unik, karena berbeda dari gerakan tari tradisional pada umumnya. Sebab, tari saman dominan menunjukkan gerakan tepuk tangan. Oleh karena itu, para penari saman diharuskan untuk memiliki kekuatan tangan yang baik.

Tidak hanya itu, tari saman juga memiliki gerakan lainnya, seperti gerak jinggang, kireb, dan gerakan surang saring. Kemudian irama lagu pengiring tari saman sendiri semakin lama temponya akan semakin cepat.

Tujuan dari percepatan tempo tentu saja untuk membuat tarian saman itu sendiri terlihat semakin menarik. Maka dari itu, para penari diharuskan memiliki konsentrasi yang tinggi. Karena, apabila terjadi sedikit kesalahan, penari akan kesulitan untuk menyesuaikan gerakan yang tertinggal.

3. Tari Jaipong

Tari Jaipong - Hari Tari Sedunia Ini 5 Tarian Indonesia yang Sudah Mancanegara

Tari Jaipong nyatanya masuk ke dalam tarian Indonesia yang sudah mancanegara versi CekAja.com. Pasalnya, tarian yang berasal dari tanah Sunda ini tak jarang mendapat apresiasi yang luar biasa. Sehingga tidak heran, apabila tari tradisional yang satu ini sangat populer bahkan hingga saat ini.

Tari yang populer pertama kali di kota Karawang ini, ditarikan dengan iringan lagu tradisional.  Di mana, lagu iringan tersebut merupakan hasil dari perpaduan alunan suara dari gong, gendang dan ketuk. Sehingga, nada yang dihasilkan pun terasa semakin indah.

Lahir dari hasil kreativitas seorang seniman asal bandung bernama Gugum Gumbira, tari jaipong memiliki gerakan yang lincah, atraktif, penuh keceriaan, menunjukkan semangat dan kesederhanaan serta spontanitas. Oleh karena itu, tari jaipong di mancanegara lebih dikenal dengan tari pergaulan.

4. Tari Pendet

Tari Pendet - Hari Tari Sedunia Ini 5 Tarian Indonesia yang Sudah Mancanegara

Tarian Indonesia yang sudah mancanegara selanjutnya adalah Tari Pendet. Sama seperti tari kecak, tari pendet ini berasal dari daerah Bali. Pada awal kemunculannya, tari pendet lebih banyak digunakan dan ditampilkan di Pura, tempat umat Hindu di Bali beribadah.

Tidak hanya itu, tari tradisional yang satu ini juga mulanya digunakan sebagai tarian untuk menyabut turunnya dewata kea lam dunia. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman, maka tari pendet kini lebih banyak digunakan sebagai tarian selamat datang.

(Baca Juga: 34 Pakaian Adat dari Berbagai Provinsi Terlengkap)

5. Tari Reog Ponorogo

Tari Reog Ponorogo - Hari Tari Sedunia Ini 5 Tarian Indonesia yang Sudah Mancanegara

Yang terakhir ada Tari Reog Ponorogo sebagai tarian Indonesia yang sudah mancanegara. Sesuai dengan namanya, tarian yang satu ini berasal dari kota Ponorogo, Jawa Timur.

Tarian yang satu ini sangat unik, sebab menggunakan Reog yang biasanya digunakan untuk acara-acara besar, seperti khitanan, pernikahan dan lain sebagainya.

Belum selesai sampai disitu, untuk bisa menarikan tarian ini, dibutuhkan penari sebanyak 6-8 orang penari laki-laki dan 6-8 orang penari perempuan. Pasalnya, gerakan dari tarian ini sendiri terdiri dari beberapa rangkaian, dengan orang yang berbeda-beda dan mengenakan reog.

Untuk rangkaian pertama sendiri, akan ada sejumlah penari laki-laki gagah yang menggunakan pakaian serba hitam. Tidak hanya itu, wajah dari penari laki-laki tersebut juga akan dirias menggunakan benda berwarna merah.

Penampilan penari laki-laki sengaja dibuat seperti itu untuk menggambarkan sosok seekor singa yang sangat berani. Kemudian untuk rangkaian tarian selanjutnya, akan ada sejumlah penari perempuan yang menaiki kuda.

Nah, kini kamu sudah mengetahui beberapa hal tentang Hari Tari Sedunia dan Tarian Indonesia yang sudah mancanegara. Setelah membaca artikel ini mungkin kamu ingin belajar tari tradisional atau pun berkunjung ke daerah tempat tari tradisional tersebut berasal.

Tentu dengan tujuan untuk melihat secara langsung penampilan dari para penari daerah yang sudah professional. Dengan begitu, kamu bisa langsung belajar tari tradisional di sana dan mengetahui sejarah lengkap serta filosofi dari tarian itu sendiri.

Namun, sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya kamu memastikan bahwa diri mu sudah terlindungi dengan asuransi perjalanan. Sebab, tidak ada yang bisa menjamin keselamatan mu selama perjalanan.

Jika kamu belum memiliki asuransi perjalanan, jangan khawatir. Karena, kini kamu bisa dengan mudah mengajukannya di CekAja.com. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani