Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Hari Televisi Sedunia: Mengenal 5 CEO Stasiun Televisi di Indonesia

by Miftahul Khoer on 21 November, 2018

Sudah tidak heran lagi jika para pemilik televisi di Indonesia berasal dari para konglomerat yang memiliki banyak usaha. Yang menarik adalah siapa sosok yang berhasil menjadikan televisi tersebut banyak ditonton orang. Nah, mumpung hari ini adalah Hari Televisi Sedunia, CekAja akan mengulas tentang para CEO televisi idaman di Indonesia. Yuk cek!

Wishnutama Kusubandio, NET Mediatama

Mungkin hampir setiap para penonton televisi di Indonesia mengenal nama Wishnutama yang tak lain adalah CEO Net TV. Televisi yang diluncurkan pada Mei 2013 ini memiliki program-program yang dikemas untuk kalangan anak muda.

Beberapa program favorit Net TV antara lain Initalkshow, Indonesia Morning Show, Waktu Indonesi Bercanda dan banyak lagi. Televisi ini banyak disukai masyarakat karena setiap tayangannya dikemas secara beda dan segar.

Selain itu, televisi ini juga memberikan tayangan dengan channel High Definition (HD) di mana penonton bisa menikmati kualitas gambar yang lebih bagus.

Di tangan Wishnutama, hal apapun bisa menjadi menarik. Sebelum gabung di Net, Wishnutama berhasil membesarkan Trans TV dengan program-program favorit seperti Extravaganza, Dunia Lain, Opera Van Java dan banyak program lainnya.

Maka tidak heran jika Wishnutama banyak meraih penghargaan sebagai CEO terbaik baik untuk bidang penyiaran maupun untuk bidang lain.

(Baca juga: Setelah Lulus Kuliah, Sebaiknya Jadi Karyawan Kantoran atau Pebisnis?)

Atiek Nur Wahyuni, Trans Media

Salah satu CEO perempuan yang terbilang sukses adalah Atiek Nur Wahyuni. Dia adalah CEO Trans Media, sebuah televisi milik taipan Chairul Tanjung. Atiek memulai karir di duia pertelevisian sejak tahun 1989.

Pada 2017, Atiek mendapat penghargaan sebagai Top 5 Most Admired CEO in Television Sector yang diselenggarakan oleh salah satu media di Indonesia. Ia terpilih sebagai CEO idaman karena dinilai profesional, bekerja keras hingga mampu membawa perusahaan bersaing di pasar global.

Beberapa program favorit dari Trans Media antara lain My Trip My Adventure, On The Spot, Laptop Si Unyil dan banyak lagi. Di bawah kemepimpinan Atiek juga Trans Media dinilai mampu menunjukkan kualitas dan citra perusahaan sebagai tempat kerja idaman di mata para karyawannya.

Banner KTA CekAja

Erick Thohir, ANTV

Konglomerat media dan entertainmen satu ini memang tidak usah diragukan lagi. Hampir setiap produk yang digarapnya pasti berhasil menjadi perbincangan di tengah masyarakat. Dia adalag Erick Thohir, bos banyak media, salah satunya ANTV.

Beberapa program unggulan ANTV antara lain Karma Show, Jodoh Wasiat Bapak hingga Pesbuker yang sempat menjadi tayangan teratas di televisi-televisi Tanah Air. ANTV saat ini menjelma televisi yang didominasi oleh program-program hiburan.

Untuk urusan media, Erick Thohir memang jagonya. Ia juga merupakan bos Mahaka Grup yang menaungi beberapa media seperti JakTV, Harian Republika, Jak FV, Gen FM dan banyak lagi.

(Baca juga: 7 Hal yang Sering Dilakukan Pebisnis Sukses Saat Pagi Hari)

Suryopratomo, Metro TV

Orang mengenal Metro TV adalah milik Surya Paloh, pengusaha sekaligus politikus salah satu partai. Namun, dibalik Metro TV sebetulnya ada Suryopratomo yang berhasil membawa televisi tersebut dikenal dengan ciri khas tayangan-tayangan pemberitaan.

Memang, Suryopratomo baru menginjakan kaki di Metro TV sejak 2017. Ia sebelumnya bergabung dengan Kompas Grup. Tommy, sapaan akrabnya, juga merupakan Ketua Forum Pemred.

Tommy juga sempat menyabet penghargaan sebagai salah satu CEO idaman pada 2017. Dia dinilai mampu mengelola Metro TV sebagai perusahaan stasiun televisi yang bisa diterima oleh masyarakat. Ciri khasnya adalah program-program pemberitaan yang juga banyak dipadukan dengan unsur hiburan dan kesenian.

(Baca juga: Ini Tandanya Kalau Pebisnis Harus Putuskan Menutup Usaha)

Rikard Bagun, Kompas TV

Rikard Bagun mungkin paling senior dibanding CEO televisi-televisi di atas. Rikard memulai karirnya untuk harian Kompas. Ia cukup lama menjabat sebagai pemimpin redaksi. Namun, ia saat ini ditunjuk sebagai punggawa Kompas TV.

Beberapa tayangan favorit televisi yang mulai beroperasi pada 2011 ini antara lain Jejak Kasus, Rosi, Aiman dan banyak program lainnya. Kompas TV juga merupakan televisi yang fokus pada pemberitaan dibanding hiburan.

Sebagai pentolan Kompas TV, Rikard Bagun juga pernah menyabet penghargaan sebagai CEO idaman pada 2017. Asal tahu saja, Grup Kompas merupakan salah satu konglomerasi usaha di bidang media terbesar yang ada di Indonesia. Nah, siapa CEO televisi yang paling keren menurut Anda?

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami