Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Hari TNI AU: Selain Pilot, Ini Pekerjaan Idaman Anak 90-an

by Anes Saputra on 8 April, 2020

Setiap tanggal 9 April, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) merayakan hari jadinya. TNI AU pertama kali dibentuk pada 9 April 1946 untuk memperkuat peralatan tempur Republik Indonesia yang baru saja merdeka. Belum memiliki pesawat sendiri, TNI AU hanya bermodalkan pesawat-pesawat hasil rampasan dari tentara Jepang seperti jenis Cureng, Nishikoren, serta Hayabusha. Pesawat-pesawat inilah yang merupakan cikal bakal berdirinya TNI AU.

Karena kerennya pilt-pilot penerbang terutama dari TNI AU, banyak anak angkatan 90-an yang bercita-cita menjadi pilot. Apalagi zaman itu, ongkos naik pesawat yang mahal, bisa naik pesawat rasanya tentu saja luar biasa.

Tidak seperti anak sekarang yang punya cita-cita sebagai gamer atau YouTuber, anak 90-an punya banyak cita-citanya sendiri. Mau tahu apa saja? Yuk simak daftarnya!

1. Dokter

Dokter - Hari TNI AU Selain Pilot Ini Pekerjaan Idaman Anak 90-an

Dokter adalah cita-cita sejuta anak 90-an dengan alasan yang sangat mulia bisa menyembuhkan orang yang sakit. Cita-cita jadi dokter juga kerap direflesikan dalam busana dokter yang digunakan kala Hari Kartini, atau juga pawai.

Ditambah lagi, banyak anak-anak yang sedari kecil ingin ikut ekstrakulikuler dokter kecil yang biasanya diisi oleh anak-anak dengan prestasi mumpuni di kelas. Seleksi untuk bisa jadi dokter kecil di sekolah tersebut, konon merefleksikan kuliah kedokteran yang hanya bisa dilakoni oleh anak-anak super-pintar.

Meski masih banyak anak-anak yang ingin jadi dokter, namun tentu tidak sebanyak anak-anak tahun 90-an. Kalaupun ada anak-anak zaman sekarang punya mimpi jadi dokter, mereka akan lebih spesifik memilih menjadi dokter anak hingga dokter kandungan.

2. Polisi

Polisi - Hari TNI AU Selain Pilot Ini Pekerjaan Idaman Anak 90-an

Zaman kecil anak-anak akan diajarkan soal benar dan salah, tidak heran impian jadi polisi sebagai pembela kebenaran selalu laris manis hingga kini. Apalagi zaman dahulu, belum ada berita soal polisi korupsi atau polisi yang kerap menilang tanpa surat-surat yang jelas.

Belum lagi, seragam kerap memiliki pesona sendiri bagi anak-anaka sehingga makin memikat untuk bermimpi menjadi polisi.

3. Presiden

Presiden - Hari TNI AU Selain Pilot Ini Pekerjaan Idaman Anak 90-an

Anak 90-an terinspirasi dengan sosok Presiden Soeharto yang berwibawa. Kesan seorang pemimpin negara yang disegani dan dihormati oleh pemerintahan negara lain, membuat banyak anak-anak di zaman 90-an ingin menjadi presiden.

(Baca juga: Ternyata 5 Presiden Indonesia Anak Motor Lo! Ini Buktinya)

Sementara zaman now, untuk bisa bersaing menjadi presiden ternyata harus menimbulkan konflik di masyarakat membuat generasi milenial cenderung mengesampingkan cita-cita menjadi presiden.

4. Guru

Guru - Hari TNI AU Selain Pilot Ini Pekerjaan Idaman Anak 90-an

Cita-cita anak era 90-an memang cita-cita mulia, belum banyak anak-anak yang ingin menjadi pengusaha seperti zaman ini, atau membuat perusahaan rintisan yang mendunia. Anak-anak 90-an memiliki cita-cita mulia lainnya adalah menjadi guru.

Boleh jadi menjadi guru juga dimulai karena anak-anak merasa sangat nyaman dengan gurunya yang bisa membimbing dalam menjawab setiap pertanyaan anak kecil.

Sayangnya, cukup jarang anak zaman sekarang yang ingin menjadi guru. Apalagi zaman sekarang lebih banyak cerita tentang gaji guru yang kecil dan tidak sejahtera meskipun tugas mereka sangat mulia.

5. Astronot

Astronot - Hari TNI AU Selain Pilot Ini Pekerjaan Idaman Anak 90-an

Cita-cita menjamah langit tetap ngetren hingga sekarang meski tidak begitu banyak. Namun, pada 90-an sangat banyak anak-anak ingin menjadi astronot dan bisa mengetahui ada apa di luar angkasa sana.

Dengan baju keren dan bisa berjalan tanpa menapak, tentu sangat keren bagi anak-anak pada zamannya. Sementara zaman sekarang, anak-anak yang paham bisa ikut uji coba untuk tinggal di mars, meski tidak punya pengetahuan sebagai astronot.

6. Bikin Pesawat seperti BJ Habibie

Bikin Pesawat seperti BJ Habibie - Hari TNI AU Selain Pilot Ini Pekerjaan Idaman Anak 90-an

Bahkan sebelum menjadi Presiden, nama besar Baharudin Jusuf (BJ) Habibie sudah sangat terkenal karena kemampuannya yang bisa membuat pesawat. Sejak itu, menjadi seperti Pak Habibie adalah impian banyak anak-anak. Apalagi kala itu ada lagu anak yang secara spesifik menyebutkan nama Habibie dalam lagunya.

Cita-cita menjadi Habibie ini juga mencakup menjadi insinyur apapun di dalamnya, apalagi pada tahun 90-an Indonesia tengah ramai membangun dan butuh banyak insinyur. Tidak heran cita-cita menjadi Habibie dan insinyur tidak bisa terpisahkan.

(Baca juga: Teknologi Makin Pesat, Ada 7 Profesi yang Terancam Punah)

Cita-cita anak pada tahun 90-an juga tidak lepas dari lagu-lagu anak-anak pada masa itu. Contohnya, Ria Enes dan Boneka Susan secara khusus memiliki sebuah lagu dengan judul “cita-citaku” yang merangkum cita-cita anak 90-an, seperti dokter, insinyur dan presiden. Zaman 90-an lagu anak dalam negeri sangat mempengaruhi cita-cita anak-anak.

Kalaupun ada yang agak nyeleneh untuk pilihan cita-cita kala itu adalah detektif.

7. Detektif Conan

Detektif Conan - Hari TNI AU Selain Pilot Ini Pekerjaan Idaman Anak 90-an

Masih ada hingga sekarang, nyatanya komik Detektif Conan sudah ada sejak zaman 90-an. Booming komik dan kartun Conan membuat banyak anak-anak ingin menjadi detektif dan mengerti cara memecahkan kasus dan memiliki peralatan yang mumpuni dan canggih.

Meski tidak ingin menjadi kecil terus seperti Sinichi Kudo, yang menjadi tokoh utama komik Detektif Conan, namun menjadi seorang detektif ulung sangatlah diidam-idamkan anak 90-an.

Untuk membangkitkan nostalgia dan mengetahui perkembangan cerita Detektif Conan, segera sambangi toko buku terdekat di kota kamu. Kenalkan anak-anak di rumah dengan tokoh Detektif Conan yang begitu menginspirasi kamu sewaktu kecil.

Manfaatkan kartu kredit dari BRI untuk membeli komik-komik tersebut yang pastinya akan memberikan banyak diskon dan promo menarik. Pilih, ajukan dan miliki kartu kredit BRI, lewat CekAja.com sekarang juga!

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke