Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Hasil Seleksi PPDB Online SMA Jakarta Diumumkan Sore Ini, Apa Proses Selanjutnya?

by Gentur Putro Jati on 26 Juni, 2019

Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dijadwalkan mengumumkan hasil seleksi Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online sekolah menengah atas (SMA) melalui situs ppdb.jakarta.go.id pada 26 Juni 2019, pukul 17.00 WIB nanti.

Buat kamu para orang tua calon siswa SMA di DKI Jakarta, tentu tidak akan melewatkan pengumuman penting bagi putra/putri tersayang tersebut bukan? Lantas, apa proses selanjutnya dari PPDB tersebut? Simak informasi dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta yang kami ringkas berikut ini:

  1. Tahap pendaftaran

Proses pendaftaran sendiri tentu sudah kamu lewati, karena Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta membuka pendaftaran PPDB secara online mulai Senin, 24 Juni 2019 sampai hari ini, Rabu, 26 Juni 2019.

(Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua Jelang Hari Pertama Anak Masuk Sekolah)

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta tahun ajaran 2019/2020 untuk jalur zonasi jenjang sekolah menengah atas (SMA) dubuka sejak Senin (24/6). Sistem pendaftaran dilakukan secara online atau daring.

Pendaftaran PPDB dimulai dari verifikasi berkas persyaratan mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB di sekolah masing-masing.

Calon siswa harus menyertakan berkas berupa SKHUN SMP/SMPLB/MTs, DNUN Paket B atau SKYBS, berusia paling tinggi 21 tahun pada 1 Juli 2019, dan memiliki Nomor Identitas Kependudukan (NIK) yang dibuktikan melalui Kartu Keluarga (KK).

  1. Memilih sekolah

Usai verifikasi berkas, calon siswa akan menerima akun yang digunakan untuk memilih sekolah tujuan secara online.

Calon siswa kemudian diminta mencetak tanda bukti pendaftaran secara online. Nantinya, proses seleksi itu akan dilakukan dalam rentang waktu tiga hari yakni dari 24 hingga 26 Juni 2019.

  1. Pengumuman hasil seleksi

Hasil seleksi PPDB online SMA kemudian akan diunggah ke situs ppdb.jakarta.go.id pada 26 Juni 2019, pukul 17.00 WIB.

Perlu diingat, bahwa PPDB tahun ini dilakukan berdasarkan sistem zonasi, alias pendaftaran calon siswa yang berdomisili di Jakarta sesuai dengan zona sekolah. Dengan sistem tersebut, calon siswa dapat memilih tiga sekolah tujuan.

Selain zonasi, hasil seleksi PPDB online SMA juga mempertimbangkan nilai rata-rata hasil UN/UNPK untuk peserta lulusan SMP/Madrasah, urutan pilihan sekolah, usia calon peserta didik baru, dan waktu mendaftar.

  1. Melapor/daftar ulang

Apabila nama putra/putri kamu tercantum dan lolos hasil seleksi yang diumumkan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, maka tahap selanjutnya adalah melapor sesuai sekolah yang dituju pada 27 hingga 28 Juni 2019. 

Pada laman pendaftaran situs ppdb.jakarta.go.id, juga dicantumkan jumlah sekolah serta daya tampung masing-masing sekolah. Tertulis ada 115 sekolah yang terdaftar dengan daya tampung sebanyak 15.317 siswa di Jakarta.

(Baca juga: Pilihan Pinjaman Berbunga Rendah untuk Keperluan Sekolah)

Semoga putra/putri kamu bisa lolos seleksi masuk SMA negeri di Jakarta ya. Jangan lupa siapkan sejumlah dana yang diperlukan untuk biaya tahun ajaran baru di sekolah tersebut.

Jika dana yang kamu kumpulkan belum mencukupi, tidak ada salahnya mengajukan pinjaman berupa Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang bisa kamu gunakan untuk keperluan pendidikan anak lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Ego in debitum, ergo sum

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami