Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Hati-hati, 8 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Gagal Kaya

by Rafly Aditia on 22 Agustus, 2016

tips atur uang _ investasi - CekAja.com

Untuk menjadi kaya raya memang butuh perjuangan ekstra meski sebenarnya bukan hal yang mustahil dicapai. Kalau memang punya rencana keuangan yang baik dan disiplin, semua orang bisa kok jadi kaya.

Namun ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang gagal kaya. Sebagian besar lantaran hal sepele seperti  kebiasaan dan pola pikir buruk. Apa saja kebiasaan tersebut? berikut 8 hal yang bisa bikin kamu gagal kaya :

Asik di zona nyaman

Zona nyaman merupakan salah satu musuh utama bagi kamu yang ingin kaya. Bahkan terlalu asyik di zona nyaman bisa membuat kondisi keuangan terancam. Kebanyakan kelas menengah susah kaya karena hanya mencari zona nyaman. Sementara mereka masyarakat kelas atas menginginkan kebebasan penuh meski untuk mendapatkan hal itu harus melalui jalan terjal yang sulit ditempuh.

(Baca juga: 10 Tanda Kamu Sudah Merdeka Secara Finansial)

Nggak total

Mengapa orang masih susah kaya? Ternyata salah satu penyebabnya adalah niat yang setengah-setengah dalam menuju kesuksesan. Misalnya dalam berinvestasi, kamu masih setengah-setengah, begitu juga saat berbisnis kamu enggan meninggalkan pekerjaan tetap meski peluang bisnis terbuka lebar.

Bergantung pada satu sumber penghasilan

Penyebab lain orang gagal kaya adalah ketergantungan dengan gaji. Banyak karyawan kantoran yang hanya bergantung pada gaji atau pendapatan bulanan tidak pernah mengalami peningkatan dalam hal kekayaan. Padahal kalau ingin sukses dan kaya, sebaiknya kamu punya dua atau lebih sumber pendapatan. Kamu bisa mendapatkannya dengan berjualan, mencari pekerjaan sampingan  atau berinvestasi.

Selalu membandingkan diri

Banyak orang yang gagal kaya karena terlalu fokus dalam membandingkan kemampuan finansial orang lain dengan dirinya. Padahal yang perlu dilakukan bukan membandingkan, tetapi menjadikan orang yang lebih kaya darimu sebagai inspirasi. Daripada hanya membandingkan tanpa melakukan kerja keras yang berarti, kamu bakal lebih kaya jika mempelajari orang kaya.

Mengikuti arus

Kalau ingin kaya kamu harus berani melawan arus. Misalnya dalam berinvestasi, jangan ikuti tren yang banyak diikuti orang. Carilah peluang-peluang lain yang justru bisa memberikan keuntungan lebih banyak. Misalnya, saat semua orang takut investasi saham di tengah gejolak perekonomian dunia, kamu justru berani berinvestasi saham setelah mempelajari peluang dan tantangannya baik-baik.

Gampang percaya

Banyak orang kaya bangkrut karena ditipu oleh orang dekat. Ini merupakan pelajaran finansial yang sangat berarti. Kamu tidak boleh mempercayai siapapun untuk urusan finansial hanya karena rasa suka dan rasa nyaman saja.

Untuk urusan finansial, kamu perlu mengetahui lebih dulu kapasitas dan kapabilitas orang sebelum berbisnis dengannya. Misalnya untuk seorang penasihat investasi, kamu perlu mengetahui dulu bagaimana rekam jejaknya.

Pilih menabung bukan investasi

Kesalahan lainnya yang membuat orang gagal kaya adalah menyimpan uang untuk menabung bukan investasi. Padahal sangat jelas, kalau kamu cuma menyimpan uang di rekening tabungan maka uang tidak akan berkembang.

Bahkan seiring waktu nilainya semakin berkurang karena inflasi. Untuk itu, mulai sekarang fokuslah berinvestasi, karena uang yang ditanam dalam instrumen investasi bisa berkembang hingga berkali-kali lipat.

(Baca juga: 7 Atlet Terkaya di Olimpiade 2016)

Senang menjadi orang konsumtif

Hal terakhir yang mungkin membuat kamu gagal kaya adalah terlalu sering menghabiskan uang untuk konsumsi. Sekarang ini mudah sekali menemukan orang-orang yang konsumtif.

Padahal sifat tersebut merupakan salah satu penyebab utama orang tidak bisa kaya. Bagaimana ingin jadi kaya kalau uangmu hanya dipakai untuk belanja dan belanja sepanjang waktu?

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami