Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Hati-hati! Ada 585 Tempat Gadai yang Tidak Resmi

by Achmad Fauzi on 28 Mei, 2018

Menggadaikan barang adalah salah cara untuk mendapatkan uang lebih, atau ketika keuangan sedang terdesak. Anda bisa langsung menggadaikan barang berharga di perusahaan pergadaian untuk mendapat dana. Namun hati-hati, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, ada 585 tempat gadai yang tidak resmi atau belum berizin.

OJK mencatat, jumlah tempat gadai resmi dengan yang belum terdaftar berbanding terbalik sangat jauh. Dalam catatannya hingga Mei 2018, tempat gadai yang resmi hanya 24 pergadaian, sedangkan yang belum sebanyak 585 pergadaian swasta.

Deputi Komisioner Pengawasan IKNB II OJK Mochamad Ihsanuddin menyampaikan, kehadiran usaha pergadaian sebenarnya sudah diatur dalam Peraturan OJK (POJK) Nomor 31/POJK.05/2016 tentang usaha pergadaian. Seharusnya, dengan aturan tersebut, usaha-usaha pergadaian sudah resmi semua. Tapi nyatanya, masih banyak yang belum resmi.

Dalam POJK tersebut juga, terdapat persyaratan-persyaratan usaha pergadaian yang diangap resmi. Misalnya, bentuk usaha harus berjenis perseroan terbatas (PT) atau koperasi. Selain itu, kepemilikan usaha pergadaian harus dimilik warga negara Indonesia atau dengan kata lain asing tidak boleh memiliki usaha pergadaian di Indonesia.

Tidak hanya itu, modal yang harus dipunya jika ingin memiliki usaha pergadaian paling sedikit Rp500 juta di tingkat kabupaten/kota dan Rp2,5 miliar di tingkat propinsi. Dan modal itu harus disetor di bank umum dan bank syariah sebagai penjaminan jalannya usaha pergadaian.

“POJK itu beri kepastian hukum bagi pelaku usaha pergadaian dan menciptakan usaha pergadaian yang sehat serta melindungi konsumen. Karena jika tidak di-regulate dengan baik, bisa saja perusahaan gadai itu tidak memiliki tempat penyimpanan yang bagus. Sistem tahan maling, tahan api, dan brankas gede itu harganya ratusan juta. Kalau tidak ada aturan minimum modal disetor, maka orang asal-asalan,” kata Ihsanuddin.

Ciri-ciri Kegiatan Usaha Gadai

Sebelum Anda menggadaikan barang, sebaiknya mengenali ciri-ciri kegiatan usaha. Hal ini, untuk menghindari Anda menjadi korban pegadaian ilegal. Nah berikut ciri-ciri kegiatan usaha pergadaian menurut POJK Nomor 31/POJK.05/2016.

Menyalurkan Pinjaman dengan Jaminan Berdasarkan Hukum Gadai

Kegiatan yang paling umum di usaha pegadaian adalah menyalurkan uang pinjaman dengan jaminan berdasarkan hukum gadai. Dalam hukum gadai, jika Anda ingin meminjam uang, maka harus ada jaminan berupa barang berharga.

Seperti dijelaskan di atas, Anda hanya perlu menjaminkan barang Anda ke perusahaan pergadaian, jika penuhi semua persyaratan, maka Anda langsung mendapatkan uang pinjaman. Dalam gadai ini, barang yang Anda gadaikan tidak akan digunakan oleh perusaaan gadai, melainkan disimpan dan dikembalikan ke Anda, jika pinjaman telah lunas.

Menyalurkan Pinjaman dengan Jaminan Berdasarkan Fidusia

Perusahaan pergadaian juga bisa memberikan pinjaman dengan jaminan yang belum dimiliki Anda atau kata lain jaminan fidusia. Jaminan Fidusia sendiri adalah jaminan atas benda bergerak baik yang berwujud maupun tidak berwujud sehubungan dengan hutang-piutang antara debitur dan kreditur. Contonya, motor yang Anda kredit.

Nah, walaupun motor Anda masih kredit, tapi bisa Anda jadikan jaminan gadai untuk meminjam uang. Lagi-lagi perlu diingat jaminan fidusia ini akan disimpan oleh perusahaan di dalam tempat yang aman. Dan akan kembali, jika pinjaman yang Anda ajukan sudah lunas.

Pelayanan Jasa Titipan Barang Berharga

Usaha pergadaian tidak selalu melulu menyalurkan pinjaman dengan jaminan yang digadaikan. Tapi usaha gadai juga melayani jasa titipan barang berharga. Jika Anda ingin bepergian dengan waktu yang lama, tapi Anda takut barang berharga dicuri orang, maka Anda bisa dititip di pergadaian.

Tentunya, akan ada biaya jasa yang dikenakan, selama Anda menyimpan barang di Pergadaian. Jangan perlu takut, barang Anda akan aman dan disimpan di brankas khusus milik Pergadaian. Dengan begitu, Anda bisa berpergian, tanpa perlu khawatir barang berharga Anda.

Melayani Jasa Taksiran

Pergadaian juga melayani jasa taksiran harga barang Anda. Jasa taksiran adalah suatu layanan kepada masyarakat yang ingin mengetahui harga atau nilai harta bendanya. Misalnya, jika Anda memiliki emas, tapi tidak tahu berapa nilai atau kualitas emas tersebut. Nah, Anda bisa menggunakan jasa taksiran di pergadaian.

Dengan biaya yang murah, Anda bisa mengetahui nilai atau kualitas emas Anda. Sehingga, Anda tak khawatir emas Anda palsu atau harga yang Anda dibeli tidak sesuai dengan harga sebenarnya.

Itulah beberapa ciri-ciri kegiatan pergadaian yang harus Anda perhatikan. Jika pergadaian di daerah seperti dijelaskan di atas, maka Anda tak perlu takut untuk menggadaikan sesuatu.

Sebaliknya, jika menyimpang dengan ciri- ciri kegiatan di atas, maka Anda perlu waspada dan mencari informasi pergadaian itu, sebelum menggadaikan barang berharga.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan uang pinjaman berbunga ringan, tak perlu lagi menggadaikan barang berharga. Silakan mengajukan Kredit Tanpa Anggunan (KTA) di CekAja.com. Anda bisa meminjam uang tanpa jaminan barang yang ditahan. Menarik bukan? Yuk segera ajukan KTA Anda di CekAja.com.

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.