Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Hati-hati di Usia 40 Tahun, Kamu Bakal Pensiun Miskin Kalau Belum Sadar 5 Hal Ini

by Rafly Aditia on 3 Agustus, 2016

tips pensiun _ investasi - CekAja.com

Tidak ada orang yang ingin hidup susah di usia tuanya. Malah, setiap orang berusaha keras agar menghindari kondisi tersebut. Bicara soal kesulitan finansial di masa pensiun, umur 40 tahun adalah masa paling genting dalam hidup seseorang. Sebab, pada periode tersebut orang sudah semakin dekat dengan masa pensiun.

Bila tabungan masa depan tidak dipersiapkan dengan baik, bisa bisa kamu mengalami kesulitan finansial di usia tua. Agar bisa merencanakan keuangan untuk masa pensiun, pahami 5 hal ini lebih dahulu:

Uang adalah kebebasan

Uang adalah kebebasan. Maksudnya, setiap uang yang kamu punya bebas diatur dan digunakan sesuka hati. Maka dari itu, bijaklah dalam mengatur keuangan demi masa tua yang lebih terjamin.

Kalau kamu salah mengartikan kebebasan dengan konsumsi berlebihan dan berfoya-foya, bisa-bisa uang dan harta yang dikumpulkan selama kerja habis tak bersisa. (Baca juga: Olahraga Ini Terbukti Ampuh Meningkatkan Kesehatan Jantung)

Kondisi keuangan mempengaruhi hubungan

Saat usia 40 tahun, kamu pasti telah mencicipi pahit-manisnya suatu hubungan rumah tangga atau asmara. Kamu juga akan menyadari bahwa urusan keuangan dan hubungan saling berkaitan. Bila kondisi keuangan bermasalah, bisa jadi hubungan kamu dan pasangan terkena imbasnya. Oleh karenannya, kamu dituntut untuk lebih bijak dalam mengurus keuangan keluarga.

Selain itu, setiap masalah apapun sebaiknya diselesaikan dengan kepala dingin. Karena jika berujung dengan perceraian, sama saja kamu menambah masalah baru dan percayalah, bercerai justru membuat keuanganmu lebih bermasalah.

Hidup tidak kebal dari risiko

Tidak ada orang yang bebas dari risiko baik kesehatan, keamanan harta benda dan jiwa sekalipun. Untuk itulah perlindungan asuransi sangat diperlukan.

Sudah pasti kamu tidak bisa menjamin bahwa di usia 45 tahun tidak bakal terkena penyakit berbahaya? Lalu apakah kamu yakin 100% tidak akan mengalami kecelakaan saat mengendarakan mobil? Oleh karena itu, mulai dari sekarang lindungi diri dengan asuransi demi kehidupan yang lebih baik.

Utang bisa dimanfaatkan

Banyak yang berpikiran bahwa hidup tanpa utang merupakan hidup yang tenteram. Tetapi tahukah kamu bahwa utang justru bisa memberikan manfaat positif bagi keuangan? Ya, dengan utang atau kredit kamu bisa membangun bisnis yang berpotensi membuatmu jadi kaya raya. (Baca juga: Sejumlah Tokoh Terkenal Ini Meninggal Karena Serangan Jantung)

Mengikuti tren tidak ada habisnya

Tren dalam hal gaya hidup mewah tidak akan ada habisnya. Oleh karena itu, jika hidupmu hanya dihabiskan dnegan mengikuti tren bisa dipastikan saat pensiun kamu bakal mengalami kesulitan dalam keuangan.

Kurangilah berbelanja hal-hal yang tidak dibutuhkan. Jangan karena barang tersebut sedang populer, kamu rela mengeluarkan uang banyak. Padahal barang tersebut tidak diperlukan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami