Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Hati-hati, Ini Dia 4 Bahaya Kelebihan Berat Badan

by Rafly Aditia on 17 Oktober, 2016

tips diet_asuransi kesehatan - CekAja.com

Semua orang pasti tahu kalau kelebihan berat badan tidak baik untuk kesehatan. Namun, karena belum merasakan dampaknya, banyak orang sepele terhadap masalah satu ini. Padahal, banyak penyakit bisa timbul hanya karena kelebihan berat badan.

Mulai dari penyakit yang ringan sampai berat bisa muncul karena kelebihan berat badan. Kalau tidak percaya, berikut beberapa penyakit berbahaya yang disebabkan oleh berat badan berlebih:

Kemampuan otak melemah

Berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasi oleh Neurobiology of Aging, ditemukan fakta bahwa orang yang memiliki berat badan berlebih punya kemampuan otak yang lebih tua 10 tahun. Ya, kelebihan berat badan dapat menyebabkan otak seseorang lebih lemah dalam beekrja walaupun  masih ada di usia produktif.

(Baca juga: Ternyata Nasib Mujur Ada Rumusnya!)

Penyakit jantung

Overweight atau kelebihan berat badan bisa mengakibatkan gangguan kinerja jantung. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Journal of the American Medical Association ditemukan fakta, orang yang kelebihan berat badan lebih mudah terkena penyakit jantung.

Studi tersebut dilakukan terhadap wanita dan pria yang memiliki indeks berat tubuh di atas normal yang dibandingkan dengan pria dan wanita lain yang punya berat badan ideal. Hasilnya? Kelebihan berat badan terbukti meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Bahaya diabetes dan ginjal

Seorang direktur dari University of Colorado’s Anschutz Health and Wellness Center, James O. Hill PhD mengungkapkan bahwa kegemukan bisa menyebabkan berbagai penyakit metabolik seperti diabetes dan penyakit ginjal. Untuk itu, kamu yang punya berat badan berlebih harus aktif berolahraga agar mengurangi lemak yang menumpuk dan membuatmu kegemukan.

(Baca juga: 4 Bukti Orang Terdekat Sangat Berpengaruh Pada Kesehatanmu)

Bisa sebabkan kanker berbahaya

Sebuah penelitian yang dipublikasi jurnal Medis Lacer menemukan fakta yang mencengangkan! Para ilmuwan dari London School of Hygiene and Tripical Medicine yang melakukan riset memukan fakta bahwa orang yang mengalami kegemukan memiliki risiko terserang kanker lebih tinggi. Bukan cuma satu atau dua jenis kanker saja yang mengancam, tetapi ada 10 jenis kanker sekaligus yang menghantui orang dengan berat badan berlebih.

Butuh asuransi kesehatan yang memberi perlindungan biaya untuk penyakit serius dan berbahaya? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.