Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Hati-hati Rawan Pencurian, Jangan Gunakan Nomor PIN Berikut

by Rafly Aditia on 18 Januari, 2016

Nomor PIN atau Personel Identification Number (PIN) berguna untuk mengamankan hal-hal penting mulai dari Smartphone hingga kartu debit maupun kredit. Untuk itu, nomor PIN tersebut sebaiknya merupakan sesuatu yang sangat rahasia dan tidak diketahui oleh orang lain bahkan orang dekat sekalipun.

Tetapi, tahukah kamu bahwa ada bebera kombinasi nomor PIN yang sangat sering dipakai orang-orang di dunia ini sehingga para pelaku kejahatan akan dengan mudah menebak nomor PIN tersebut dan pastinya apabila nomor PIN ini kamu gunakan maka uang yang ada di kartu debit kamu maupun kartu kredit kamu bisa dengan mudah lenyap begitu saja di tangan orang-orang jahat.

Untuk itu, sebaiknya kamu menghindari penggunaan kombinasi nomor PIN tersebut demi menghindari resiko yang bisa merugikan kamu. Nah, pertanyaannya apa saja sih kombinasi Nomor PIN yang dipakai orang-orang dan rentan pencurian tersebut?.

Sebuah perusahaan riset bernama Data Genetics membeberkan kepada seluruh netizen dengan temuan ada beberapa kombinasi PIN tertentu yang diambil dari bocoran 3,4 juta PIN empat digit beredar secara online. Nomor PIN empat angka apa saja yang banyak dipakai? Berikut daftarnya;

Sebanyak 10,7 persen dari 3,4 juta orang menggunakan nomor PIN 1234, di peringkat kedua yaitu penggunaan nomor PIN 1111 dengan tingkat pengguna sebanyak 6 persen, lalu nomor PIN 0000 di peringkat ketiga digunakan oleh 1,8 persen pengguna, duduk di peringkat keempat PIN 1212 digunakan oleh 1,2 persen pengguna, dan di posisi kelima PIN 7777 merupakan pin yang digunakan oleh 0,74 persen pengguna.

(Baca juga: Dapat Uang Kaget Karena Bank Salah Transfer? Lakukanlah 3 Langkah Berikut Agar Kamu Terhindar Dari Jerat Hukum)

Mengingat hal ini, maka sebaiknya kamu menggunakan kombinasi pola angka yang sulit ditebak berdasarkan pola keyboard demi menjaga keamanan.

“Triknya adalah membuat kombinasi angka yang sulit ditebak atau berdasar pola keypad, mengingatnya saja yang menjadi masalah,” ujar Nick Berry, peneliti data dari Data Genetics.

Selain nomor PIN diatas, banyak juga orang-orang yang menggunakan tanggal lahir merka sebagai nomor PIN yang melindungi smartphone, kartu debit atau kartu kredit mereka untuk itu sebaiknya hindarilah pengunaan-penggunaan nomor pin tersebut demi menjaga keamanan data atau uang kamu.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami