Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Serangga Pembawa Penyakit di Saat Musim Hujan

by Rafly Aditia on 10 Januari, 2016

dbd penyakit berbahaya - CekAja.com

Beberapa jenis serangga muncul di rumah ketika musim hujan tiba. Bahkan, beberap di antaranya membawa dan menyebabkan penyakit serius. Apa saja?

Keberadaan serangga di rumah seringkali membuat kita merasa tidak nyaman dan terganggu. Bahkan, beberapa serangga yang sering muncul di rumah bisa menyerang dan menyebabkan penyakit serius dan berujung kematian.

Untuk itu sebaiknya kamu berhati-hati dan lebih waspada serta mempersiapkan segala risiko yang ada. Apa saja sih serangga mematikan yang dimaksud? Berikut tiga serangga di sekitar rumah yang bisa menyebabkan penyakit serius hingga kematian;

Nyamuk

Bisa dibilang nyamuk merupakan serangga yang seringkali membuat kamu jengkel. Ya, keberadaan nyamuk yang terbang kesana kemari saat kamu sedang bekerja, mengerjakan tugas kuliah, dan sebagainya tentu akan membuat kamu merasa kamu terganggu.

Bukan cuma bikin gatal, beberapa jenis nyamuk seperti Aides Aegypti bisa menyebabkan penyakit mematikan yaitu penyakit demam berdarah. (Baca: Musim Hujan Telah Tiba, Ini 4 Asuransi yang Wajib Dimiliki)

Belum lagi keberadaan nyamuk ini akan semakin melonjak setiap musim hujan dan banjir, jadi pastikan asuransi kesehatan kamu mengcover biaya apabila kamu terserang penyakit demam berdarah karena gigitan nyamuk tersebut.

Tomcat

Memiliki bentuk yang kecil seperti semut, Tomcat ternyata dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan kamu. Bahkan, gigitan Tomcat bisa menyebabkan kematian. Serangga yang satu ini akan mengeluarkan racun yang dapat membuat kulit kamu melepuh dan gatal-gatal.

Penyakit kulit parah yang disebabkan oleh cairan dari tubuh tomcat tersebut dikenal dengan nama Dermatitis Linearis dan Aederus. Sebaiknya, apabila di rumah kamu terlihat serangga yang satu ini, cepat-cepat basmi dengan spray anti serangga dan buang tomcat-tomcat yang mati tanpa bersentuhan langsung dengan kulit kamu.

Kelabang

Serangga yang satu ini juga punya gigitan berbahaya. Walaupun racun kelabang tidak menyebabkan masalah pada orang yang digigit, seringkali gigitan kelabang bisa menyebabkan trauma yang sangat parah. (Baca juga: Bukan Hanya Merusak Lingkungan, 5 Penyakit Berbahaya Ini Juga Ditimbulkan oleh Pembakaran Hutan)

Rasa sakit yang begitu hebat membuat orang yang digigit menjadi frustasi. Biasanya ketika digigit kelabang kamu akan mengalami sakit kepala, gangguan pernafasan, nyeri saat bernafas, dada sakit, denyut jantung meningkat, tubuh lemah dan mual serta muntah. Sehingga, diperlukan penanganan medis yang tanggap demi mencegah reaksi yang jauh lebih parah.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.