Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Helikopternya Jatuh, Ini 4 Fakta Sang Legenda Basket, Kobe Bryant

by Gito on 27 Januari, 2020

Legenda basket dunia, Kobe Bryant tewas dalam kecelakaan helikopter yang terjadi di Calabasas, California pada Senin dini hari (27/1). Publik terkejut atas informasi tersebut, banyak pihak yang masih belum dapat menerima kabar pahit tersebut.

Tidak hanya Kobe yang menjadi korban dalam kecelaakaan tersebut, sang putri, Gianna Bryant dan 7 penumpang lainnya juga dilaporkan tewas.

Mantan pemain tim basket LA Lakers itu diketahui akan mendampingi putrinya untuk bertanding basket di Las Virgenes. Kobe sendiri bertindak sebagai pelatih dari sang putri tercinta.

Karir Kobe di dunia bola basket memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Mendapat julukan Black Mamba di atas lapangan, ayah dari 4 anak ini dikenal dengan permainannya yang cepat namun mematikan, layaknya ular paling mematikan di dunia, Black Mamba.

Bakat olahraga pria 41 tahun itu sepertinya diturunkan dari sang Ayah, Joe Bryant yang sudah lebih dulu berkecimpung dalam dunia National Basketball Association (NBA).

Beberapa tim yang pernah dijadikan sebagai tempat karir Joe adalah Houston Rockets, Philadelphia 76ers dan San Diego Clippers.

Nah untuk lebih mengenal sepak terjang Kobe di dunia basket, berikut merupakan beberapa fakta menarik tentang Kobe Bryant. Simak yuk!

(Baca juga: 5 Daftar Situs Nonton Bola Basket NBA Gratis Terbaik)
1. Masuk NBA Tanpa Jalur NCAA

Kobe yang kala itu berusia 17 tahun sudah masuk dalam daftar draft NBA. Tidak tunggu lama, klub basket asal Los Angeles, LA Lakers langsung merekrut Kobe untuk menjadi bagian dari timnya.

Artinya begitu lulus pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), Kobe melakukan lompatan karir dan langsung masuk ke NBA pada tahun 1996.

Semasa SMA, Kobe membela sekolahnya Lower Merion High School. Dia berhasil mendapatkan beasiswa walaupun pada akhirnya fasilitas tersebut tidak pernah digunakannya.

Rerata pemain basket professional NBA mengawali karirnya lewat The National Collegiate Athletic Association (NCAA). Di situ para calon pemain basket bakal mengikuti sejumlah kompetisi dari liga basket kampus yang ada.

Sebut saja Michael Jordan, Shaquille O’Neal dan masih banyak lagi pemain professional NBA yang dulunya bermain atas nama masing-masing kampusnya.

2. Hasilkan 5 Gelar Juara untuk LA Lakers

Dalam perjalanan karirnya, Kobe Bryant berhasil membawa LA Lakers menjadi juara NBA selama 5 kali. 3 kali di tahun 2000, 2001 dan 2002, dan 2 kali berturut-turut di tahun 2009 dan 2010.

Tahun 2015/2016 merupakan musim terakhir Bryant bermain basket. Dirinya menyatakana pensiun dari dunia yang selama hampir 20 tahun sudah membesaran namanya.

Kobe Bryant mengukir prestasi yang cemerlang di dunia basket professional.

Dia mencetak 33.643 poin yang menjadi skor terbanyak keempat sepanjang sejarah NBA. Namun rekor tersebut baru saja dipecahkan oleh penerusnya di Lakers, LeBron James yang mengukir 33.655 poin pada 26 Januari lalu.

3. Nama Kobe diambil dari kota di Jepang

Diberikannya nama Kobe ke pria kelahiran Philadhelpia, Amerika Serikat (AS) itu bukanlah tanpa alasan. Sang Ayah, Joe ternyata sangat menyukai salah satu kota yang ada di negara Jepang, Kobe.

Di wilayah tersebut terkenal akan kelezatan daging sapi khas Jepang, Wagyu yang menjadi andalan ibukota prefektur Hyogo tersebut. Kalau kamu berkesempatan pergi ke Kobe jangan lupa cicipi Kobe Niku, daging sapi khas Kobe yang tersohor.

Wilayah Kobe terletak di Pulau Honshu dan memiliki tempat wisata yang sangat banyak. Mulai dari Kuil Ikuta, Taman Herbal Nunobiki, Kazamidori no Yakata, Nankin Machi dan banyak tempat wisata lainnya.

(Baca juga: Klub Bola Basket Terkaya di Dunia Jebolan NBA)
4. Setia terhadap 1 tim

Sejak memulai karir dan memutuskan untuk pensiun dari dunia basket, Kobe menjalaninya bersama dengan LA Lakers.

Dengan catatan permainan selama 20 musim bersama Lakers membuat Bryants sebagai pemain paling loyal di NBA dalam sebuah klub.

Selain sukses mengantar Lakers juara selama 5 kali, Kobe Bryant juga berhasil menyabel 2 MVP vinal NBA, 1 MVP NBA, masuk dalam 18 kali NBA All Star Games dan 4 MVP NBA All Star Game.

Hidup memang hanyalah sebuah proses. Proses untuk mengukir nama baik dan juga prestasi. Seperti yang dilakukan oleh Kobe Bryant selama hidupnya. Kamu juga bisa berlaku dan berprestasi seperti Bryant.

Mulailah untuk bersungguh-sungguh dalam melakukan apapun. Lakukan dengan tekun dan bahagia. Butuh dana untuk meningkatkan kemampuanmu? Jangan ragu, akses CekAja.com

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit