Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Hemat Biaya Pernikahan dengan DIY Dekorasi Pelaminan

by Kartika Ratnasari on 16 November, 2017

dekorasi pelaminan - CekAja.com

Dalam penyelenggaraan pesta pernikahan, dekorasi pelaminan dan dekorasi keseluruhan ruangan merupakan salah satu biaya termahal yang menyebabkan bengkaknya bujet.

Pernikahan merupakan momen spesial yang diharapkan hanya terjadi sekali dalam hidup seseorang. Maka dari itu, persiapan pernikahan pun harus maksimal dan dipikirkan dengan matang dari jauh-jauh hari. Besarnya bujet pernikahan yang menghabiskan tabungan kerap tak terhindarkan.

Dalam pelaksanaannya, biasanya dekorasi pelaminan dan photobooth memakan bujet yang tidak sedikit dalam pesta pernikahan. Bahkan dekorasi resepsi pernikahan bisa memakan kurang lebih 50% dari total estimasi biaya yang diperhitungkan.

Sebab, semakin banyak detail dekorasinya maka semakin besar bujet yang dikeluarkan. Dari keseluruhan tempat, kebanyakan pasangan memilih untuk mendekorasi pelaminan dan tempat untuk berfoto.

Sebab, pelaminan dan photobooth merupakan dua tempat yang paling sering digunakan foto bersama, sehingga akan terlihat lebih indah jika dekorasinya lebih mendukung. Sudut-sudut tempat lain tak terlewatkan juga untuk didekorasi, hanya saja tidak terlalu detail dan lebih sederhana.

Disebut-sebut sebagai penyebab bengkaknya biaya pernikahan, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya dekorasi pernikahan. Baik itu dekorasi pelaminan, photobooth, maupun dekorasi keseluruhan bagian venue pernikahan.

Cara menghemat biaya dekorasi pernikahan, dari pelaminan hingga photobooth
1. Maksimalkan tempat pernikahan

Lokasi pernikahan yang dipilih akan sangat mempengaruhi biaya dekorasi yang diperlukan. Misalnya kita menikah di dalam gedung hotel yang desain interiornya sudah cukup elegan, maka dekorasi yang dibutuhkan tak perlu  terlalu detail.

Begitu pula jika kita melangsungkan pernikahan outdoor atau di luar ruangan, cukup fokus pada dekorasi pelaminan dan sediakan kursi di bawah pohon rindang, tak perlu pusing lagi dengan dekorasi tenda.

2. Gunakan lilin sebagai pengganti bunga

Pernikahan tak pernah luput dengan keberadaan rangkaian bunga-bunga yang menambah suasana romantis. Namun sayangnya, bunga cenderung cepat layu dan harganya cukup mahal. Sebagai pengganti, gunakan lilin.

Selain harganya jauh lebih murah, cahaya dari lilin bisa membuat suasana semakin syahdu dan emosional. Letakkan lilin di sepanjang jalur menuju pelaminan, namun pastikan terlebih dahulu lilin tersebut diletakkan di tempat yang tahan api untuk mencegah terjadinya kebakaran.

3. Pilih tirai bunga sebagai pengganti janur kuning

Biasanya janur kuning digunakan sebagai tirai pintu masuk pesta pernikahan. Untuk dekorasi yang lebih unik, gunakan bunga yang dipasang terbalik. Pilih bunga jenis anggrek, wisteria, krisan, atau bunga air mata pengantin.

Ikat pada tali pada tali dengan posisi ketinggian yang berbeda-beda membentuk sebuah tirai. Tak seperti janur kuning kebanyakan, hiasan seperti ini bisa membuat tamu undangan lebih terkesan. Dan tentunya, bujet yang dikeluarkan juga lebih murah.

Widget TRV Insurance

4. BeIi kain tile dalam jumlah banyak

Banyak hal yang bisa dihias dengan menggunakan kain tile. Sebab, kain ini memberikan kesan modern dan sederhana. Bentuk kain tile menjadi pita untuk diletakkan di sandaran kursi tamu undangan. Kain tulle juga bisa menggantikan tirai untuk menutupi jendela-jendela besar. Bahannya yang tembus pandang  akan mengurangi efek penuh sesak pada ruangan.

5. Manfaatkan barang bekas untuk latar belakang photobooth

Bermodalkan kreativitas, kita bisa membuat spot photobooth dengan bermodalkan barang-barang bekas seperti karton dan papan tulis hitam. Sediakan kertas karton tebal, potong bagian tengahnya menjadi bingkai foto berbentuk template Instagram, dan siapkan penyangga di sampingnya. Papan tulis hitam pun bisa disulap menjadi latar photobooth, dengan hiasan bunga dan sofa di depannya.

6. Buat sendiri dekorasi pelaminan dengan memanfaatkan barang yang sudah ada

Baik di gedung atau di rumah, pelaminan merupakan fokus dari acara pernikahan. Biasanya dekorasi yang digunakan untuk pelaminan akan lebih mendetail. Jika bujet terbatas, sebenarnya dekorasi pelaminan bisa dibuat sendiri.

Apabila konsep pernikahan yang diusung adalah tradisional, cukup sewa gebyok atau papan ukir sederhana yang biasanya dihargai Rp2 juta untuk penyewaan selama satu hari.

Untuk mempercantik, beli bunga-bunga dan minta bantuan teman yang pintar merangkainya. Manfaatkan sofa di rumah untuk dijadikan tempat duduk pengantin. Sesuaikan warna gebyok dengan warna sofa agar tetap cantik dilihat.

Banyak cara untuk menghemat dana tunai yang dibutuhkan untuk pernikahan, salah satunya dengan membuat dekorasi sendiri. Namun untuk mewujudkan pernikahan yang indah, jangan hanya mempertimbangkan harga, perhatikan pula estetika. Bermodalkan kreativitas, bujet dekorasi yang memakan hampir setengah dari biaya pernikahan bisa dikurangi.

Tentang Penulis