Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Hemat Bujet Makan Saat Travelling dengan Cara Ini

by Tisyrin on 4 November, 2016

Saat travelling, sesekali kamu pun ingin tetap makan enak. Agar kocek tidak jebol mengingat banyaknya pengeluaran lain saat traveling, kamu harus pandai dalam menyiasatinya.

Buat kamu yang berencana liburan dalam waktu dekat, berikut ini cara menghemat uang makan saat sedang travelling.

Lakukan riset sebelum berangkat berlibur

Cari informasi sebanyak mungkin tentang restoran yang paling tepat dengan kantong dan juga seleramu di lokasi libur. Sayang sekali bukan jika kamu asal masuk ke restoran, ternyata rasa makanannya tidak enak dan harganya mahal? Kamu juga bisa membaca ulasan di blog. Biasanya para blogger akan menerangkan secara rinci bagaimana rasa hingga harga makanan di restoran yang mereka kunjungi.

Atau kunjungi situs-situs tentang restoran, baca komentar orang-orang tentang restoran incaranmu. Semakin banyak informasi yang kamu dapatkan, semakin banyak uang yang bisa kamu hemat. (Baca juga: Menimbang Karier Sebagai Perencana Keuangan)

Tentukan bujet makanmu

Setelah riset, kamu bisa menentukan bujet makanmu selama travelling. Kamu harus bertekad tidak akan menggunakan uang melebihi jumlah yang sudah kamu siapkan. Dengan cara ini, kamu akan lebih selektif memilih tempat makan.

Minta bantuan petugas hotel dan penduduk setempat

Kamu bisa minta rekomendasi dari petugas hotel atau penduduk setempat. Mereka biasanya memiliki pengetahuan tentang restoran yang menyediakan makanan enak dengan harga terjangkau. Petugas hotel akan dengan senang hati memberikan rekomendasi restoran kepada kamu.

Cek di media sosial

Instagram sangat ideal untuk melihat-lihat gambar makanan yang disajikan restoran tertentu. Selain melihat-lihat di akun resmi restoran, cek juga foto-foto yang dibuat oleh pengunjung lewat hashtag atau foto-foto yang di-tag ke akun resmi tersebut.

Akun resmi restoran juga bisa saja mencantumkan harga menu yang mereka tawarkan. Lalu dengan melihat foto makanan kamu bisa menebak apakah itu masuk ke dalam seleramu atau tidak. Jika kamu sudah menemukan harga yang terjangkau tetapi rasa makanannya tidak cocok di lidahmu, kamu juga akan membuang uang sia-sia bukan?.

Minuman tak perlu aneh-aneh, cukup air mineral

Untuk memangkas biaya makan, pesan saja air mineral. Lupakan minuman-minuman lain. Kamu bisa menghemat cukup banyak dengan cara ini. Karena harga minuman di restoran juga biasanya tidak murah. (Baca juga: Alasan Lampung Cocok untuk Habiskan Akhir Pekanmu)

Jangan lupa berburu diskon

Kunjungi situs-situs kupon diskon agar kamu bisa lebih hemat. Atau manfaatkan promo kartu kredit di restoran tertentu. Lumayan kan kamu bisa tetap makan enak tanpa menguras kantong?

Butuh kartu kredit yang banyak berikan keuntungan saat traveling? Daftar sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.