Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Himbauan #DiRumahAja, Ini 5 Keuntungan Work from Home

by Miftahul Khoer on 16 Maret, 2020

Dalam menekan penularan virus corona, beberapa upaya pun baru-baru ini dilakukan pemerintahdi Indonesia. Salah satunya dengan memberikan surat edaran dan himbauan kepada masyarakatnya untuk tidak banyak melakukan aktivitas di luar alias #dirumahaja. Hal tersebut guna menghindari adanya kontak langsung dengan banyak orang yang mungkin membawa  terhindar dari virus corona.

Keuntungan Work From Home

Atas perintah langsung dari Presiden Joko Widodo pula, sejumlah perusahaan besar di Tanah Air pun telah menerapkan kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH). Di antaranya seperti Gojek, Tokopedia, dan Grab Indonesia.

Tapi memang dengan adanya kecanggihan teknologi, pekerjaan yang dulunya harus dikerjakan di kantor, kini bisa dilakukan secara remote  seperti mengajar via video conference atau mengirim laporan pekerjaan melalui email saja.

Nah, kira-kira keuntungan apa saja sih yang bisa kita ambil dari momentum kerja #dirumahaja ini?  Selain bisa meminimalisir kemungkinan terjangkitnya virus pandemi dari Wuhan, China tersebut, berikut 5 benefit yang akan kamu dapatkan:

1. Lebih leluasa dan produktif

Salah satu keuntungan bekerja di rumah, kamu bisa lebih leluasa dan produktif. Apalagi jika antara kantor dan tempat kamu tinggal jaraknya cukup jauh. untuk perjalanan ke kantor saja, banyak waktu menghabiskan waktu karena perjalanan pulang pergi kantor, belum lagi waktu terbuang karena terjebak macet.

Dengan bekerja di rumah, kamu akan lebih bisa memaksimalkan waktu. Selain itu kamu akan lebih produktif dalam melakukan pekerjaan kamu dengan fokus yang lebih tinggi tanpa gangguan yang berarti. Kamu hanya cukup mengunci pintu kamar atau ruangan yang kamu jadikan tempat bekerja.

2. Mengurangi tekanan dan stres

Ternyata, kelebih work from home juga bisa mengurangi tekanan dan stres. Hal ini lantaran kamu hanya berada di rumah  sendiri dan suasana rumah biasanya lebih nyaman dibanding kantor. Kenyamanan itulah yang akan membuatmu lebih enjoy dalam menyelesaikan pekerjaan. Selain bikin nyaman, kamu tak harus merasa tertekan dengan aturan-aturan yang diberlakukan di kantor. Misalnya, jam masuk di pagi hari dan larangan keterlambatan. Tentunya kamu juga bisa terhindar dari kemarahan serta ocehan si bos kamu sendiri.

3. Bisa multitasking

Kelebihan work from home lainnya, yakni kamu jadi punya banyak kesempatan untuk melakukan beberapa hal sekaligus. Bagi kamu yang memiliki side job atau pekerjaan lain, momentum ini akan memudahkanmu sehingga melakukan keduanya secara bersamaan. 

Pada saat kerja #dirumahaja, tentu kamu adalah orang satu-satunya yang berkuasa karena jauh dari pantauan bos. Nah dengan begitu, kamu bisa banyak melakukan hal lain yang kamu suka seperti sambil momong anak, beberes rumah, atau menonton televisi supaya update dengan berita COVID-19. Beda dengan di kantor, kamu tak punya kesempatan untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, karena terikat dengan peraturan yang diterapkan.

(Baca Juga: 5 Pekerjaan Freelance Asyik Buat Mahasiswa)

4. Tak harus berpakaian rapi

Jika biasanya untuk ke kantor harus mandi, berpakaian rapi, dan dandan terlebih dahulu, work from home lebih santuy! Mengingat tak akan bertemu dengan siapa-siapa, kamu bebas mengenakan pakaian apapun bahkan tanpa makeup bagi wanita. Cuma pake kaos oblong dengan celana pendek, sah-sah aja. Pastinya dengan skip mempersiapkan diri ini, kamu juga mengehemat banyak waktu. Satu jam waktu mandi dan dandan, bisa langsung kamu gunakan untuk bekerja sehingga tugas dari kantor lebih cepat selesai.

5. Lebih bisa menjaga kesehatan

Dengan bekerja di rumah kamu bisa, tentunya kesehatanmu lebih terjaga. Sesuai dengan harapan seluruh masyarakat Indonesia, penularan virus corona pun bisa terminimalisir. Di samping menghindari kerumunan orang yang mungkin saja menyimpan virus, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan homemade. Kamu juga bisa mencuri waktu untuk berolahraga dari rumah.

Beda halnya dengan di kantor, selain keterbatasan fasilitas, kamu juga akan kesulitan mengontrol asupan makanan yang kamu konsumsi. Kamu tak bisa leluasa untuk mengolah masakan sehat. Umumnya, kamu harus ke pinggir jalan atau warung-warung untuk membeli makanan yang belum tentu terjamin kebersihannya.

Seperti itulah 5 keuntungan dan kelebihan bekerja di rumah. Selain bisa terhindar dari penularan COVID-19 yang korbanya terus bertambah, kamu juga bisa lebih produktif dalam bekerja dibanding seharian ngantor dengan segala distraksinya.

Meski begitu, banyak juga orang yang pekerjaannya tak mungkin dilakukan dari rumah. Seperti misalnya petugas kesehatan, bankir, sales promotion girl, atau pelayan. Tetap semangat dan jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan ya!

Jika merasa tak enak badan, segera konsultasi ke dokter. Gunakan asuransi kesehatan dari CekAja.com agar segala biayanya terjamin hingga 100%. Apply secara online melalui www.cekaja.com, lebih mudah dan cepat.

(Baca Juga: 9 Cara Dapetin Kerja Lewat LinkedIn, Pasti Ada yang Nyantol!)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.