Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Hindari Menggunakan Uang THR Lebaran untuk Hal-hal Ini

by Tisyrin N. T on 21 Juni, 2017

belanja gadget _ kartu kredit - CekAja.com

Mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) adalah kegembiraan tersendiri karena merupakan tambahan pemasukan dalam jumlah yang lumayan.

Sesuai namanya, umumnya THR Lebaran dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hari raya Lebaran. Namun, ada kalanya seseorang yang menerima THR akan tergoda untuk memanfaatkannya demi kepentingan lain.

Keputusan menggunakan THR untuk memenuhi keperluan di luar hari raya kerap menimbulkan penyesalan tersendiri. Berikut ini contoh beberapa penggunaan THR yang kerap membuatmu menyesal. Jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakan THR.

Membeli gadget, padahal gadget mu masih sangat layak 

Tren gadget bergulir tiada habisnya. Dengan kata lain, apabila terus mengikutinya, pun tiada habisnya. Selama gadget masih layak alias berfungsi dengan baik, mengapa harus menggantinya dengan yang baru?

Aneka keunggulan ponsel pintar yang menggiurkan seperti kamera depan yang canggih untuk swafoto, kerap membuat orang gampang kepincut. Coba renungkan baik-baik sebelum membeli gadget dengan uang THR. Jangan sampai keperluan lain yang lebih penting malah terabaikan.

Ingat, nilai jual gadget juga akan mengalami penurunan. Ketika penggunanya bosan dan ingin menjualnya, akan kaget karena melihat harganya yang turun. Bayangkan jika menggunakan uang untuk investasi seperti membeli emas batangan, dengan menyimpannya beberapa tahun, nilainya akan meningkat.

Membeli barang-barang hobi

Seseorang tak akan pernah puas jika sudah berurusan hobi, apalagi jika hobinya mengumpulkan barang-barang tertentu alias kolektor. Keinginan untuk membeli dan membeli akan terus muncul. Saat mendapatkan THR, godaan besar untuk menambah barang-barang koleksi pun datang.

Belajarlah menyusun prioritas dalam menggunakan THR, apakah barang-barang koleksi itu memang prioritas yang penting? THR hanya datang setahun sekali, tentu tak ingin menyesal jika salah dalam menggunakannya bukan?

Membeli barang elektronik untuk kebutuhan rumah tangga

Harga barang elektronik untuk kebutuhan rumah tangga cukup mahal. Bisa saja muncul pemikiran, mumpung dapat THR yang jumlahnya lumayan, kenapa tidak menbeli barang elektronik tersebut? Padahal sebenarnya kebutuhannya belum terlalu mendesak.

Sebaiknya, tunda dulu keinginan yang satu ini. Menabunglah agar dapat membelinya di kemudian hari. Memaksakan diri membeli dengan uang THR berpotensi menimbulkan penyesalan.

Bukber terlalu sering  

Tidak ada salahnya ikut serta dalam kegiatan bukber, tetapi jika terlalu sering dan menguras kantong, tentu tidak sehat untuk keuanganmu. Cobalah untuk lebih selektif dalam memilih ajakan bukber.

Jangan mentang-mentang baru mendapatkan THR, kemudian langsung mentraktir seluruh teman-teman tanpa perhitungan terlebih dahulu. Kalau itu terjadi, bisa-bisa hanya gigit jari karena THR cepat ludes.

Membeli barang branded yang tidak terlalu penting

Sudah lama mendambakan suatu barang branded dan berjanji pada diri sendiri untuk membelinya suatu saat nanti jika punya cukup uang. Ketika THR meluncur ke rekeningmu, langsung tergiur untuk memboyongnya pulang. Tentu saja itu kurang bijak. Ingat, barang branded harganya tidaklah murah. Kamu tak mau kan THR ludes untuk membeli barang branded?

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.