Hindari Penularan Virus Corona di Dalam Mobil, Cek Tips Ini

7 min. membaca Oleh Gesti Weningtyas on

Semakin hari, kenaikan angka kasus orang yang terinfeksi virus corona makin meningkat. Kini, banyak yang memilih untuk menghindari kendaraan umum dan memilih naik mobil. Sebab, naik kendaraan umum sangat beresiko bisa menularkan maupun tertular dari orang lain. Selain itu, banyaknya orang yang berada pada kendaraan umum membuat penularan virus corona menjadi lebih mudah.

Hindari Penularan Virus Corona di Dalam Mobil, Cek Tips Ini  

Dalam kondisi ruangan tertutup, penularan virus Corona akan terjadi lebih mudah, terlebih jika beberapa orang berkumpul dalam satu kendaraan umum. Satu kursi bisa diduduki oleh beberapa orang yang belum tentu sehat maupun menjadi resiko orang yang tertular. Sebab, pada beberapa orang yang memiliki stamina yang baik, virus ini tidak memperlihatkan gejala apapun. Namun, orang yang sehat masih bisa dengan mudah menularkan virus ke yang lainnya.

Oleh karena itu, banyak orang yang kemudian memutuskan untuk menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil. Mengendarai mobil pribadi ini memang lebih aman ketimbang menggunakan kendaraan umum. Hal ini sah-sah saja bila kamu ingin pergi menggunakan mobil. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila kamu ingin bepergian menggunakan mobil saat wabah Corona merebak.

Diketahui, beberapa mobil angkutan umum juga sudah jarang yang beroperasi, menyusul bus-bus yang banyak berhenti dan tidak beroperasi kembali karena sudah mulai sepi dan bekerja di rumah untuk menghindari bertambahnya angka kasus. Selain itu, masyarakat juga dinilai untuk bekerja maupun para pelajar, untuk belajar di rumah.

Usahakan Tetap Di Rumah

Hal yang paling utama saat ada wabah virus Corona ini adalah mengutamakan tetap berada di rumah. Namun apabila kamu terpaksa harus bepergian, maka menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, adalah hal yang tepat. Akan tetapi, naik mobil pribadi tidak lantas bisa memutus rantai penularan virus Corona begitu saja. Sebab, kamu masih bisa tertular apabila ada seseorang dalam mobil terinfeksi virus Corona tersebut. Apalagi dengan sirkulasi udara dalam mobil yang kurang baik.

(Baca Juga: Rapid Test Coronavirus Yang Dilakukan Pemerintah, Perlu Dipahami!)

Selain itu, apabila kamu memutuskan untuk mengendarai mobil, maka kamu juga harus memperhatikan kebersihan mobil sebelum maupun sesudah perjalanan. Lebih baik jangan memaksakan pergi apabila dalam kondisi badan yang kurang sehat. Berdiam di rumah adalah pilihan terbaik saat ini.

Namun ada beberapa kondisi yang mungkin memaksa kita untuk pergi ke luar rumah seperti belanja kebutuhan logistik untuk beberapa hari ke depan. Atau mungkin saja, ada kebutuhan lainnya yang tak bisa ditunda, maka bepergian dengan mobil pribadi adalah pilihan yang lebih aman ketimbang menggunakan kendaraan umum.

Berikut tips agar terhindar dari penularan Virus Corona di dalam mobil:

1. Bersihkan Setir

Bersihkan Setir - Hindari Penularan Virus Corona di Dalam Mobil Cek Tips Ini

Kamu bisa membersihkan setir mobil dengan lap dan cairan khusus. Kalau setirmu menggunakan pelapis bahan leather, maka kamu bisa membersihkannya dengan cairan khusus agar tetap bersih. Memastikan setir mobil dalam keadaan bersih akan membantumu mencegah dari penularan virus Corona. Sebab, setir mobil adalah bagian dari mobil yang seringkali disentuh oleh tangan kita, yang mana tangan kita ini memiliki kemungkinan penularan kuman dan berbagai virus lainnya. Bersihkan secara berkala bila kamu baru saja mampir dari rest area atau tempat lainnya. Pastikan setir dalam keadaan yang bersih saat kamu menggunakannya. Jangan lupa untuk memastikan tanganmu juga selalu dalam kondisi yang bersih saat menyentuh kemudi mobil.

2. Bawa Hand Sanitizer

Bawa Hand Sanitizer - Hindari Penularan Virus Corona di Dalam Mobil Cek Tips Ini

Sebelum berangkat pergi menggunakan mobil pribadi, pastikan kamu juga membawa hand sanitizer agar tanganmu tetap dalam keadaan yang bersih. Apabila kamu bepergian agak jauh dan tidak bisa mampir ke rest area untuk mencuci tangan, maka membawa hand sanitizer adalah pilihan yang cukup tepat. Lebih baik membawanya untuk berjaga-jaga apabila kamu tidak bisa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Sebab, dalam perjalanan tidak selalu ada tempat yang menyediakan sabun dan air mengalir.

Meski demikian, jangan menggantikan kewajiban mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir dengan hand sanitizer saja. Sebab, virus bisa dengan efektif mati apabila kamu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Hand sanitizer sebaiknya digunakan apabila kamu melakukan perjalanan jauh dan sifatnya sementara. Sesampainya di tempat tujuan dan apabila kamu telah menemukan air mengalir dan sabun, cuci tanganmu dengan air mengalir dan sabun agar terhindar dari virus maupun kuman lainnya saat perjalanan berlangsung.

3. Jaga Kebersihan Kabin

Jaga Kebersihan Kabin - Hindari Penularan Virus Corona di Dalam Mobil Cek Tips Ini

Sebelum naik ke mobil, pastikan kabin mobil juga dalam keadaan yang bersih dan sudah dilap menggunakan cairan khusus untuk membersihkannya. Kenali apa pelapis kursi mobilmu beserta kemudinya, lalu bersihkan secara berkala agar kamu terhindar dari kuman dan penyakit lainnya. Pastikan kamu masuk mobil dalam keadaan badan yang sudah bersih, lalu setelah dari mobil, kamu juga harus mencuci tangan. Jika dalam perjalanan jauh, maka kamu bisa mandi untuk menghilangkan kemungkinan bakteri, kuman maupun virus yang menempel.

4. Gunakan Masker

Gunakan Masker - Hindari Penularan Virus Corona di Dalam Mobil Cek Tips Ini

Jika kamu dalam keadaan kurang sehat, gunakan masker agar tidak menularkan ke penumpang mobilmu. Sirkulasi udara pada mobil yang menggunakan AC biasanya tertutup. Hal ini akan mempermudah penularan penyakit pada orang-orang yang berada di dalam mobil. Bepergian dalam kondisi yang sehat adalah kunci mencegah penularan virus corona di dalam mobil. Kamu juga bisa menyediakan tisu basah untuk keperluan darurat apabila ada beberapa bagian dalam kabin perlu di lap dan dibersihkan dengan cepat.

5. Bersihkan AC

Bersihkan AC - Hindari Penularan Virus Corona di Dalam Mobil Cek Tips Ini

Pastikan AC mobilmu juga dalam kondisi yang bersih. Pasalnya, AC merupakan salah satu sirkulasi udara yang ada pada mobil. Apabila AC Mobilmu kotor, tentunya hal ini akan berakibat kurang baik bagi setiap penumpang yang ada pada mobil pribadimu. Jadi, jadwalkan untuk pembersihan AC apabila kamu ingin bepergian. Dengan AC yang bersih, sirkulasi udara pada mobil pun jadi lebih baik. Alhasil, kamu juga terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh virus Corona ini.

Pada wabah Corona ini, BMW Astra juga memberikan layanan pembersihan AC secara gratis untuk semua pemilik mobil BMW dan Mini, meski tidak melakukan pembelian di Astra. Kamu juga bisa mendapatkan layanan ini bila memiliki mobil BWM dan Mini. Jika kamu merupakan pemilik mobil merek lainnya, kamu bisa cek layanan apa saja yang bisa kamu dapatkan saat ini.

Jika tidak ada promo khusus, maka kamu tetap harus bisa membersihkan AC mobilmu di bengkel mobil terdekat. Biaya yang dikeluarkan mungkin tidak sedikit, namun tentu saja cukup sesuai dengan manfaat yang diberikan. Lebih baik mobilmu dalam kondisi yang bersih dengan sirkulasi mobil yang baik, sehingga penularan virus Corona di dalam mobil pun bisa dicegah. Sehingga, kamu pun bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

Saat perjalanan berlangsung, pastikan kamu menutup rapat kaca mobil dan menggunakan AC selama perjalanan. Hal ini juga bisa mencegah penularan virus corona dari luar mobil. Sebab, penelitian terbaru mengumumkan bahwa virus tersebut bisa bertahan di udara dan kemudian menular.

6. Jaga Kondisi Tubuh

Jaga Kondisi Tubuh - Hindari Penularan Virus Corona di Dalam Mobil Cek Tips Ini

Selalu jaga kondisi tubuhmu saat memutuskan akan menyetir atau mengendarai mobil dalam jarak dekat maupun jarak jauh. Dengan menjaga kondisi tubuh, kamu juga bisa terhindar dari penularan virus Corona di dalam mobil. Selain itu, lebih baik hindari tempat-tempat yang ramai saat beristirahat. Beberapa rest area mungkin tidak akan terlalu ramai saat wabah seperti ini. Tapi, kamu bisa memilih untuk tetap beristirahat di dalam mobil saat melakukan perjalanan.

Jangan lupa untuk tetap mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir meskipun kamu sudah menggunakan hand sanitizer ketika berada di dalam perjalanan. Jangan langsung bersalaman atau duduk di rumah. Namun segera cuci tangan dan cuci muka setelah melakukan perjalanan, setelah itu, kamu baru boleh duduk dan melakukan kontak dengan anggota keluarga.

(Baca Juga: Asuransi yang Tepat Untuk Pekerja Medis di Kala Corona Merajarela)

Jika kamu melakukan perjalanan bersama keluarga. Pastikan isi mobil tidak terlalu penuh dan berdesak-desakan. Usahakan semua anggota keluarga dalam kondisi sehat dan tidak demam, batuk, pilek maupun bersin-bersin. Sebab, seperti yang kita tahu, virus corona menular lewat droplet di udara dan menempel pada benda mati pun tetap bisa menular dalam waktu dua hingga tiga jam.

Terlalu banyak orang dalam mobilmu bisa membuat mobil jadi lebih lembab dan ini akan semakin memudahkan penularan virus corona. Sehingga, jika kamu sudah yakin untuk melakukan perjalanan jauh, konsumsi makanan bergizi dan tambahan suplemen bila dibutuhkan untuk menjaga stamina agar bisa mencegah penularan virus corona di dalam mobil maupun di luar ruangan.

7. Menggunakan Sarung Tangan

Menggunakan Sarung Tangan - Hindari Penularan Virus Corona di Dalam Mobil Cek Tips Ini

Menggunakan sarung tangan untuk menyetir mungkin bukan cara yang baru lagi. Namun , menggunakan sarung tangan bagi kamu yang ingin mengendarai mobil saat wabah virus corona berlangsung, tentu saja bisa melindungi dan memberikan manfaat yang lebih.

Pasalnya, tangan yang menggunakan sarung tangan ini bakal terlindungi dari berbagai bakteri hingga kuman. Namun, sarung tangan sendiri dinilai oleh beberapa ahli kesehatan tak selalu memberikan perlindungan terhadap virus. Untuk berjaga-jaga dari segala kemungkinan, kamu bisa menggunakan sarung tangan saat perjalanan berlangsung.

Demikian merupakan beberapa tips untuk kamu yang ingin bepergian dengan mobil selama wabah melanda. Tapi kamu tetap bisa menambahkan perlindungan lainnya pada mobilmu saat kamu melakukan perjalanan agar lebih nyaman dalam berkendara.

Asuransi Mobil

Perlindungan ini adalah asuransi mobil. Asuransi mobil akan memberikan proteksi khusus dengan berbagai pilihan premi terjangkau yang bisa kamu pilih. Terutama, jika kamu memiliki mobil baru yang belum pernah diservis, maka kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat perlindungan dari manfaat perlindungan jiwa, hingga manfaat perlindungan lainnya, serta investasi pada beberapa produk asuransi mobil tertentu. Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa kamu pilih yaitu asuransi total lost only atau TLO dan asuransi all risk. Keduanya bisa memberikan perlindungan sesuai dengan kebutuhan maupun kemampuan. Besarnya premi dari kedua produk ini juga berbeda.

Untuk mendapatkan jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan, maka segera bandingkan beberapa produk asuransi ini agar mendapatkan bunga kredit yang ringan dan cicilan yang terjangkau lewat Cekaja.com.

Tentang kami

Gesti Weningtyas

Gesti Weningtyas