Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Hobi Menghasilkan Uang, Apa Aja? Cek Daftarnya!

by Miftahul Khoer on 29 Oktober, 2019

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sebuah kesempatan pernah bilang, “pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar”. Kamu setuju nggak? Boleh setuju boleh juga tidak. Ya yang namanya hobi itu kan sesuatu yang kita sukai ya kan? Nah, alangkah menyenangkan bukan jika hobi dapat menghasilkan uang?

ojek online
Sekarang bayangkan kalau hobi itulah pekerjaanmu. Melakukan hal yang kamu suka tiap hari dan dapetin uang dari situ.  Nah, mulai sekarang kamu harus bisa mengasah agar hobi yang kamu senangi agar bisa menghasilkan uang. Lalu hobi apa yang saat ini bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah?

1. Craft

Kamu anaknya crafty? Suka bikin pernak-pernik sendiri? Bisa menyulap hal yang sebenarnya biasa-biasa aja jadi sesuatu yang lucu? Kenapa nggak dapetin duit dari karya kreatifmu?

Bisa? Bisa banget lah. Banyak caranya. Kamu bisa jual secara online. Banyak lho marketplace yang khusus sebagai tempat jualan benda-benda kreatif gitu. Kamu bisa juga jual dengan membuat website sendiri dengan menampilkan hasil-hasil karya kamu.

Siapa bilang ini bisnis kecil yang hanya mengumpulkan receh dari jual benda-benda kecil satuan? Kamu bisa dapetin bisnis yang serius dengan merambah pasar yang lebih besar juga, seperti misalnya menjual suvenir pernikahan. Kalau karyamu sudah banyak, coba deh sekali-sekali ikut wedding expo untuk memamerkan hasil karya kamu.

(Baca juga: 5 Langkah Jitu Sulap Hobi Jadi Pundi-pundi Rupiah)
2. Fotografi

Jaman sekarang fasilitas fotografi itu sudah lengkap banget, dan juga gampang mendapatkannya. Makanya makin banyak orang yang kemudian menekuni hobi yang satu ini. Namun, nggak semuanya meniatkannya untuk bisnis. Padahal dengan niat dan promosi, fotografi bisa jadi ladang uang yang bagus lho.

Bisnis fotografi sendiri banyak jalannya. Kamu bisa jual foto, bisa buka studio, bisa menawarkan jasa foto wedding, prewedding, buku tahunan di sekolah-sekolah, dan bahkan ada juga yang buka jasa foto khusus bayi lho.

3. Masak

Udah deh, sekarang siapa orangnya di dunia ini yang nggak suka makan? Yang nggak suka ngemil? Makanya bisnis kuliner sampai kapanpun nggak akan ada matinya. Soalnya makan adalah suatu kebutuhan mendasar bagi setiap orang. Itulah kenapa, kalau kamu kebetulan suka masak, kamu bisa banget dapetin duit dari hobimu yang satu ini.

Bisa dengan cara buka katering, baik itu katering pesta maupun katering buat pegawai-pegawai kantoran. Bisa dengan cara buka restoran atau kafe. Meskipun sekarang ini udah jamannya apa-apa delivery, tapi orang masih suka kok sama yang namanya nongkrong. Atau bisa juga jualan kue-kue. Mulai dari buka toko roti, jualan kue lebaran, sampai menerima pesanan jajanan buat ibu-ibu arisan.

4. Make up

Yes! Make up yessss! Kamu tahu nggak rasanya kalau lagi jalan-jalan di mal trus lewat konter make up dan mendadak rasanya deg-degan pengen mampir? Itulah yang namanya cinta. Normal, girls. Gara-gara kecintaan pada make up ini kadang sampai bikin tabungan bocor cuma buat beli-beli make up ya, hiks.

Namun, gimana kalau kamu bisa dapetin uang dari kecintaan pada make up ini? Bisakah? Bisa dong pastinya. Kamu bisa jadi make up artist alias MUA. Tentu saja perlu pelatihan tambahan kalau mau jadi MUA profesional ya. Kalau masih awal-awal sih, kamu bisa nawarin make up wisuda ke teman dekat, atau make up buat temanmu kalau misal pas pada mau ke acara dinner date sama gebetan.

5. Main game

Kalau ini sih pasti juga udah banyak yang tahu ya. Gamer itu sekarang sudah menjadi profesi. Banyak contoh orang yang dapetin duit dari main game saja. Sebut saja nama seperti Sumail Hassan, Zhang Ning, dan Clinton Loomis yang penghasilannya mencapai miliaran dari bermain Dota.

Gimana sih caranya biar bisa dapetin duit dari main game? Cara profesional ya dengan ikutan turnamen dong. Untuk itu, kamu bener-bener harus punya kemampuan yang bener-bener mumpuni sebagai seorang gamer.

Kalau cewek bisa juga nggak? Bisa banget. Contohnya Monica Carolina atau lebih akrab dipanggil Nixia. Dia asli Indonesia lho, dan penghasilannya sudah ratusan juta dari main game.

6. Menulis

Kalau ini sih udah banyak banget yang menjalankan. Dari mulai nulis buku, jadi freelance content writer, nulis di blog, dan lain sebagainya. Zaman pra internet dulu kalau mau dapat uang dari nulis itu ribet. Harus tembus media cetak yang biasanya nggak gampang. Kalau sekarang sudah banyak banget pilihan yang tersedia. Tinggal pilih aja.

Nggak usah terlalu mengkhawatirkan nominalnya. Nggak usah ambil pusing kalau banyak orang yang ngetawain dan komen “Kok mau sih, nulis bayarannya cuma segitu?” Ingat, ini hobi. Kamu senang menjalankannya. Dapat uang itu bonus.

7. Musik

Kalau kamu punya bakat di bidang musik dan hobi main musik, kamu juga bisa banget dapetin uang dari musik. Gimana caranya? Ngamen? bukan juga. Bisa dengan cara bikin musik kamu sendiri terus diunggah di situs berbagi musik. Biasanya ada pilihan bisa download gratis, atau kamu mau jual lagumu juga bisa.

Bisa juga dengan upload video musik kamu ke situs berbagi video Youtube. Kalau kamu berbakat seperti Eka Gustiwana, kamu bisa dapat banyak tawaran untuk membuatkan komposisi musik buat orang-orang. Kamu juga bisa dapat banyak subscribers yang nonton video kamu dan bisa menghasilkan uang dari Google Adsense.

Atau bisa juga dengan main di acara-acara ulang tahun, pensi, pernikahan, dan banyak lagi. Banyak banget pilihannya. Pinter-pinter nyari peluang aja.

(Baca juga: Cek Saldo Bank Danamon Dulu Biar Hobi Traveling Gak Bikin Kantong Kering)
8. Melukis

Menggambar secara umum baik manual maupun digital bisa jadi sumber penghasilan. Apalagi sekarang jasa desain digital banyak banget dibutuhkan. Kalau kamu lebih suka menggambar manual, kamu juga bisa jual hasil karya kamu berupa pajangan, hiasan dinding, kartu pos, kartu ucapan, dan banyak lagi.

Nah, itulah hobi yang bisa menghasilkan uang. Hobimu nggak tercantum di daftar di atas? Tenang aja, kamu tetap bisa menghasilkan uang dari hobi apapun asal kamu serius. Berani?

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.