Hobi Traveling, Tapi Banyak Milenial Belum Tahu Manfaat Asuransi Perjalanan

3 min. membaca Oleh CekAja on

Konon porsi jalan-jalan alias traveling bagi milenial menjadi porsi terbesar dari gaji yang mereka terima. Namun siapa sangka meski hobi jalan-jalan, tidak banyak milenial yang memiliki asuransi perjalanan, karena merasa hal tersebut dianggap tidak terlalu penting.

Liburan Travel Tahun Baru - CekAja

Padahal, asuransi perjalanan berguna untuk melindungi diri saat terjadi kecelakaan atau risiko-risiko buruk dalam perjalanan. Banyak negara yang mewajibkan turis asing memiliki asuransi perjalanan sebelum tiba di negara tersebut. Negara-negara Eropa dan Amerika sudah pasti mewajibkan wisatawan punya asuransi perjalanan untuk masuk ke negara mereka.

Di sisi lain, milenial tidak merasa butuh asuransi perjalanan, apalagi kalau perjalanan yang dilakukan adalah perjalanan dalam negeri (domestik) atau sekadar di kawasan ASEAN yang tidak membutuhkan Visa dan juga hanya membutuhkan waktu dua-tiga hari.

Konon, permintaan asuransi perjalanan baru naik hingga 30% selama masa liburan akhir tahun, karena banyak orang yang memilih pergi ke Eropa, atau wisata luar negeri yang tengah hits, seperti Korea Selatan dan Jepang.

Biar nggak mengalami risiko-risiko yang bisa bikin pusing agenda liburan kamu tahun ini, kenalan dulu yuk sama yang namanya asuransi perjalanan. Berikut ringkasannya:

  • Banyak Jenis

Banyak Jenis asuransi

Asuransi perjalanan terbagi menjadi dua, yaitu regional dan internasional, yang juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti untuk beribadah haji dan umrah, sekolah bagi siswa ataupun mahasiswa, serta ada pula perjalanan hingga wisata.

(Baca juga: Manfaat Asuransi Perjalanan, Obat Pusing Paling Manjur Buat Traveling)

Pilihan yang banyak juga membuat pilihan harga preminya beragam. Meski begitu, biaya asuransi tetap jauh lebih murah kok dibandingkan dengan biaya perjalanan, seperti harga tiket pesawat dan biaya hidup di luar negeri.

Meski memiliki banyak jenis, tidak usah khawatir akan kesulitan untuk membelinya. Selain bisa langsung ke perusahaan asuransi atau perjalanan (travel), saat ini asuransi-asuransi juga bisa didapatkan secara online. Selain itu, sekarang ini juga banyak asuransi yang memberikan paket, baik untuk dua orang atau pasangan, serta keluarga yang mencapai lima orang.

  • Banyak Fungsi

banyak fungsi

Banyak orang yang beralasan tidak mau membeli asuransi perjalanan karena memiliki asuransi jiwa atau asuransi kesehatan. Padahal, asuransi perjalanan memiliki perlindungan yang berbeda, yakni lebih khusus dan luas dalam menangani masalah perjalanan seperti pertanggungan risiko untuk penundaan atau bahkan pembatalan penerbangan.

Biasanya penundaan atau pembatalan penerbangan yang ditanggung disebabkan oleh aksi pemogokan, cuaca buruk, kerusakan mekanis atau cacat struktural atau penutupan bandara atau stasiun yang disebabkan oleh suatu kejadian di luar kendali.

Asuransi perjalanan juga bisa menangggung masalah yang diakibatkan kehilangan dan kerusakan bagasi, termasuk barang-barang yang ada di dalamnya maupun barang yang digunakan selama perjalanan. Asuransi perjalanan juga tentu saja mengganti dana darurat yang berhubungan dengan keselamatan jiwa, seperti kecelakaan dan evakuasi medis lainnya.

Meski begitu, ada hal-hal yang tidak ditanggung asuransi perjalanan, apalagi kalau negara yang dituju adalah negara yang tidak aman, atau sudah mendapatkan pengumuman dari pemerintah sebagai negara yang tidak tepat untuk dikunjungi, baik karena bencana alam hingga terorisme.

(Baca juga: Saatnya Traveling Nyaman dengan Perlindungan Asuransi Perjalanan)

Selain itu, kalau kamu melakukan tindakan melawan hukum, jangan harap asuransi mau menanggung masalah kamu, bahkan kalaupun itu masalah kesehatan. Cedera akibat turnamen olah raga dan juga kecelakaan yang disengaja juga tidak akan bisa ditanggung oleh asuransi. Selain itu, ibu hamil yang mengalami cidera atau hingga keguguran juga tidak ditanggung asuransi perjalanan.

  • Tips Memilih Produk Asuransi Perjalanan

Tips Memilih Produk Asuransi Perjalanan

Usahakan untuk memilih asuransi perjalanan jauh-jauh hari, agar kamu bisa menilai dan mengenali produk yang akan dibeli dan apa saja yang bisa ditanggung asuransi tersebut.

Jangan segan untuk melakukan komparasi demi mendapatkan asuransi perjalanan terbaik. Tenang saja, hal ini sangat lumrah di era digital dan tentu sangat mudah untuk melakukannya.

Kalau sudah yakin, baca dan perhatikan benar peraturan dan hal-hal rinci lainnya terkait asuransi perjalanan yang akan kamu beli, termasuk bagaimana cara klaim dan manfaat. Usahakan pilihlah yang terbaik dan sesuai dengan yang dialokasikan.

Jadi tahun depan kamu berencana traveling kemana? Pastikan kamu membeli asuransi perjalanan terbaik yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan lewat CekAja.com.

Tentang kami

CekAja

CekAja